Bisnis, Fashion & Hobby

10 Pertanyaan Unik yang Ditanyakan Pada Saat Wawancara Kerja di Google

Google menjadi salah satu perusahaan yang saat ini diidam-idamkan banyak orang. Kantornya terkenal menyenangkan dan mendukung suasana kerja yang menuntut kreativitas asli, tidak seperti tata ruang kantor kebanyakan yang terlalu terkotak-kotak. Kalau tanya soal gaji, tidak perlu lagi bertanya. Tanpa menyebutkan nominal, kita sudah bisa menebaknya, pasti tinggi!

Namun, untuk bisa menikmati kondisi pekerjaan yang menyenangkan dan gaji yang relatif tinggi, kamu harus bisa lolos tes wawancara kerjanya yang terbilang unik dan tidak mudah. Mengapa? Karena pertanyaannya sungguh berbeda dari wawancara kerja di kantor lainnya. Dan inilah 10 pertanyaan unik yang ditanyakan pada saat wawancara kerja di Google.


10Berapa banyak bola golf yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah bus sekolah?

Wah! Ribet sekali nih! Bagaimana cara menghitung bola golf ketika dimasukkan ke dalam sebuah bus? Meski nampaknya pertanyaan ini cukup konyol untuk ditanyakan dan nampak tak masuk akal sebagai pertanyaan wawancara kerja. Tapi Google memberikan pertanyaan ini untuk mengukur kemampuan calon pekerjanya dalam memecahkan masalah.


9Berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk mencuci semua jendela di Seattle?

Tidak mungkin kan kita harus menghitung semua jumlah jendela yang ada di Seattle hanya untuk menjawab satu pertanyaan ini? Maka sederhanakanlah pikiran untuk tidak menjawab secara keseluruhan. Jawaban “$10 per jendela” sudah menjelaskan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk mencuci semua jendela di Seattle. Sederhana, huh?


8Seorang pria menabrakkan mobilnya ke sebuah hotel. Apa yang terjadi?

Jangan membayangkan hal-hal detail yang terjadi pada si pria ini karena Google hanya mengharapkan jawaban sederhana seperti “Si Pria tergeletak di halaman hotel”. Easy?


7Berapa banyak tuner piano yang ada di seluruh dunia?

Lebih gila lagi nih kalau harus menghitung tuner piano, di seluruh dunia. Oke, pertanyaan satu ini membutuhkan logika dimana kita memperhitungkan waktu untuk tuning dan lama kerja seorang tuner. Jawabannya? 1 tuner untuk setiap 40 piano di dunia. Mudah?


6Mengapa penutup lubang got berbentuk lingkaran?

Agar tidak bisa jatuh melalui lubang got itu sendiri. See, sekarang kamu mencoba membayangkannya!


5Desainlah sebuah rencana evakuasi untuk kota San Fransisco!

Ini adalah bentuk lain dari pertanyaan yang sebenarnya mengukur kemampuan calon pekerja yang diwawancarai untuk menyelesaikan masalah. Jawabannya hanya bisa kamu katakan setelah kamu bertanya kembali, “untuk jenis bencana apa yang akan menimpa San Fransisco?”


4Berapa kali dalam sehari jarum jam akan tumpang tindih?

Relatif dekat dengan kehidupan kita namun nampaknya kita juga tidak terlalu memperhatikan berapa kali jarum jam akan tumpang tindih dalam sehari. Tapi jawabannya cukup sederhana: 22 kali.


3Jelaskan database untuk keponakan Anda yang beumur 8 tahun dalam 3 kata saja!

Menjelaskan hal sekompleks masalah komputer dan database pada anak yang berusia 8 tahun (apalagi yang tampak tak memiliki minat di dunia komputer) rasanya mustahil. Namun, Google hanya mengharapkan jawaban “sedang bermain di luar” untuk pertanyaan unik satu ini.


2Anda menyusut dan menjadi bertubuh kecil

…namun massa anda berkurang secara proporsional sehingga dapat menjaga massa jenis asli anda. Anda kemudian dimasukkan ke dalam blender kosong. Pisau pemotong dalam blender akan mulai bergerak dalam waktu 60 detik. Apa yang akan anda lakukan?

Pertanyaan panjang satu ini menguji kreativitas calon pekerjanya yang mutlak menjadi syarat bekerja di Google. Jawabannya sederhana: saya akan mencoba mematahkan motor listrik blender.


1Anda adalah seorang kapten kapal bajak laut

…dan kru anda akan melakukan pemilihan suara untuk memilih bagaimana emas dibagi. Jika kurang dari setengah dari kru bajak laut anda yang setuju dengan anda, maka anda mati. Bagaimana anda merekomendasikan pembagian emas sedemikian rupa sehingga anda tetap mendapatkan bagian yang baik dari harta karun tersebut, tetapi anda masih tetap bertahan hidup?

Ambillah keputusan untuk membagi 51% jatah harta karun bagi semua kru. Cukup logis dan adil kan?


Itu tadi beberapa pertanyaan unik yang sering ditanyakan pada saat wawancara kerja di Google. Bahkan buku persiapan wawancara kerja untuk kantor pada umumnya yang banyak kita temui di toko buku mungkin tak membantu kita dalam menjawab pertanyaan yang diajukan ketika wawancara kerja di Google. Bagaimana menurut kamu?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!