Bisnis, Fashion & Hobby

10 Perusahaan yang Diakuisisi oleh Google

Siapa yang tidak tahu Google? Google Inc merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat dan bergerak di bidang jasa dan produk internet seperti teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, bahkan periklanan daring. Tak disangkal bahwa perusahaan ini terbukti tumbuh secara cepat dalam menyediakan jasa dan produk serta tak ketinggalan juga akuisisi beberapa perusahaan. Berikut kami sajikan ulasan singkat mengenai sepuluh perusahaan yang diakuisisi oleh Google selama berdirinya perusahaan ini.


10Motorola Mobility

perusahaandiakusisigoogle10

Perusahaan satu ini berhasil diakuisisi oleh Google dengan nilai akuisisi mencapai 12.5 miliar dolar AS pada 15 Agustus 2011 dan kini telah menjadi perusahaan yang memproduksi ponsel dengan sistem operasi Android.


9DoubleClick

perusahaandiakusisigoogle9

Inilah pelopor periklanan online yang kini dioptimalkan untuk tujuan pengembangan Google Adsense, sebuah sistem periklanan online milik Google. DoubleClick sendiri diakuisisi pada bulan April 2007 dengan nilai akuisisi mencapai 3.1 miliar dolar AS.


8YouTube

perusahaandiakusisigoogle8

Youtube adalah situs berbagai video yang dulunya dibuat oleh 3 mantan karyawan perusahaan PayPal pada tahun 2005. Setahun kemudian, Google membeli perusahaan ini dengan nilai mencapai 1.65 miliar dolar AS dan setelah itu resmi beroperasi sebagai salah satu anak perusahaan Google.


7AdMob

perusahaandiakusisigoogle7

Ini adalah perusahaan iklan mobile yang dulunya berdiri oleh hasil kerja Omar Hamoui tahun 2006 dan belum genap mencapai 1 tahun sudah berhasil diakuisisi Google dengan nilai 750 juta dolar AS. AdMob sendiri merupakan salah satu platform iklan mobile yang terbesar di dunia dan melayani setidaknya 40 miliar banner dan teks setiap bulan.


6ITA Software

perusahaandiakusisigoogle6

Ini merupakan perusahaan pengembang software yang kerap digunakan pada industri travel dan juga penerbangan di Amerika dan Eropa. Google berhasil mengakuisisi perusahaan ini dengan nilai akuisisi 700 juta dolar AS pada Juli 2010.


5Postini

perusahaandiakusisigoogle5

Merupakan perusahaan yang mengembangkan keamanan email dan web serta pengarsipan online. Inilah pengamanan dan pengarsipan yang digunakan Google dan Google berhasil mendapatkan perusahaan ini dengan mengorbankan tak kurang dari 625 juta dolar AS.


4Admeld

perusahaandiakusisigoogle4

Admeld merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang online advertising dan pada saat diakuisisi bersamaan dengan saat pengakuisisian DoubleClick dan Invite Media. Google berhasil mengakuisisi perusahaan ini pada bulan Juni 2011 dengan nilai akuisisi mencapai 400 juta dolar AS.


3Slide.com

perusahaandiakusisigoogle3

Perusahaan ini merupakan situs interaktif serta pembuat aplikasi berbagai foto di social media asal Amerika. Google berhasil mendapatkan perusahaan ini dengan nilai akuisis mencapai 182 juta dolar AS pada 4 Agustus 2010.


2On2

perusahaandiakusisigoogle2

On2 merupakan teknologi dan juga perangkat lunak yang berguna untuk membuat video codec dan kompresi video. Perusahaan ini berhasil diakuisisi Google pada Agustus 2009 dengan nilai akuisisi tak kurang dari 133 juta dolar AS.


1dMarc Broadcasting

perusahaandiakusisigoogle1

Perusahaan advertising satu ini dikenal memiliki jaringan advertising radio yang paling besar dengan pelayanan terhadap 4.600 stasiun radiol. Google berhasil mendapatkan perusahaan ini dengan nilai akuisis 102 juta dolar AS pada Januari 2006.


Sekian ulasan singkat mengenai sepuluh perusahaan yang diakuisisi oleh Google. Memang tak heran bila perusahaan raksasa IT ini telah berhasil menguasai beberapa perusahaan yang tak bisa dibilang kecil dengan kesuksesannya dalam bisnis IT dan berhasil merebut pasar internet dunia sehingga menghasilkan keuntungan yang masif. Anda ingin menjadi bagian dari kesuksesan Google?

Disclaimer: Gambar yang terdapat dalam artikel ini diambil dari berbagai sumber. Jika Anda suka artikel ini, mari dukung kami dengan like dan share ke teman Anda.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry