Alam & Luar Angkasa

10 Pesawat Ulang Alik yang Memiliki Jam Terbang Terbanyak

Dunia antariksa memang penuh dengan misteri oleh sebab itu badan antariksa di tiap negara selalu berusaha untuk menciptakan inovasi baru untuk menguak misteri yang ada di luar angkasa. NASA yang merupakan badan antariksa dari negara adi daya Amerika Serikat menjadi yang terdepan bersama dengan Rusia dalam hal mengembangkan misi-misi yang dapat menguak misteri luar angkasa dan juga membantu umat manusia untuk berkembang di bumi yang sudah berusia milyaran tahun.

Salah satu produk dari NASA yang menjadi instrumen untuk menguak misteri di antariksa adalah pesawat ulang alik. Ada banyak produksi pesawat dari NASA dan ternyata pesawat tersebut memiliki durasi yang cukup panjang. Lalu pesawat mana saja sih yang memiliki durasi flight terlama ? Berikut daftar pesawat ulang alik besutan NASA tersebut.


10Columbia STS-75

Columbia STS-75 mencatatkan waktu durasi sekitar 15 hari dan 17 jam. Pesawat yang meluncur pada tanggal 22 Februari 1996 ini memiliki misi untuk memperbaiki orbit satelit yang sempat hilang. Pesawat ini mendarat di Kennedy Space Center.


9Endeavour STS-134

Durasi yang sama dicatat pesawat ulang alik Endeavour STS-134. Pesawat yang mengemban misi untuk ISS ini memiliki catatan durasi sekitar 15 hari dan 18 jam. Pesawat ulang alik yang meluncur pada tanggal 16 Mei 2011 ini akhirnya mendarat di Kennedy Space Center.


8Endeavour STS-123

Pesawat ulang alik Endeavour STS-123 menjadi pesawat ke-8 yang memiliki durasi cukup panjang. Tercatat pesawat ini memiliki durasi sekitar 15 hari dan 18 jam. Endeavour STS-123 ini memiliki misi untuk ISS serta pergantian kru di ruang satelit luar angkasa. Sama dengan banyak pesawat ulang alik lainnya, Endeavour STS-123 akhirnya mengakhiri masa baktinya di Kennedy Space Center setelah menyelesaikan berbagai misi.


7Endeavour STS-126

Di tahun 2008, NASA meluncurkan pesawat ulang alik mereka yang bernama Endeavour STS-126. Tepatnya tanggal 14 November 2008 pesawat ini mulai berangkat ke luar angkasa dan selama 15 hari dan 20 jam, pesawat ini mengemban misi untuk proyek ISS (International Space Station) dari NASA. Endeavour STS-126 akhirnya mendarat di Edward Air Force Base setelah merampungkan misinya.


6Columbia STS-90

Pada tanggal 17 April 1998, NASA meluncurkan pesawat Columbia STS-90 yang memiliki misi untuk menjadi Spacelab. Durasi dari pesawat ini sama seperti Columbia STS-73 dengan durasi 15 hari dan 22 jam. Space Shuttle tersebut mendarat di Kennedy Space Center dan akhirnya menjadi bagian dari museum markas NASA tersebut.


5Columbia STS-73

Hanya berbeda 1 jam saja, Columbia STS-73 menjadi “senior” dari pesawat Columbia STS-107. Pesawat ulang alik ini memiliki durasi bakti selama 15 hari dan 21 jam. Memiliki misi untuk menjadi Spacelab, pesawat tersebut mendarat di Kennedy Space Center. Pesawat ini pertama kali meluncur pada tanggal 20 Oktober 1995.


4Columbia STS-107

Pesawat ulang alik Columbia STS-107 menjadi pesawat dengan durasi terpanjang ke-4. Pesawat ini memiliki durasi kerja sekitar 15 hari dan 22 jam. Pesawat ini mempunyai misi untuk membangun SPACEHUB. Sayangnya ketika memasuki orbit bumi, pesawat ini mengalami kegagalan dan menewaskan kru yang ada di dalamnya. Pesawat ini meluncur 16 Januari 2003.


3Endeavour STS-67

Pesawat ketiga yang memiliki durasi terbanyak dan terpanjang adalah Endeavour STS-67. Pesawat yang diluncurkan pada tahun 1995 tepatnya pada tanggal 2 Maret 1995 ini memiliki durasi sekitar 16 hari dan 15 jam. Tugas dan misi dari pesawat ini adalah untuk penyebaran dan memasang ASTRO-2 ke ASTRO-1 yang sudah terlebih dahulu berada di angkasa. Endeavour STS-67 mendarat di Edwards Air Force Base.


2Columbia STS-78

Pesawat dengan durasi terlama kedua adalah Columbia STS-78. Pesawat ini meluncur pada tanggal 20 Juni 1996. Columbia STS-78 mengemban misi untuk membangun Space Lab di luar angkasa. Durasi masa bakti dari Columbia STS-78 ini adalah 16 hari, 21 jam. Columbia akhirnya mengakhiri masa baktinya di landasan Kennedy sama seperti Columbia STS-80.


1Columbia STS-80

Pesawat ulang alik NASA yang memiliki jam terbang dan juga durasi terbanyak adalah Columbia STS-80. Pesawat ini memiliki durasi yaitu 17 hari 15 jam. Misi yang diemban oleh Columbia STS-80 ini adalah untuk membangun Wake Shield Facility yang merupakan proyek eksperimen dari NASA untuk mendukung dunia ilmu pengetahuan.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry