Bisnis, Fashion & Hobby

10 Profesi Langka yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

Banyak jenis pekerjaan yang cukup umum di Indonesia dan ditemukan di beberapa negara lain. Tapi nggak semua jenis pekerjaan di Indonesia juga ditemukan di negara lain lho. Inilah beberapa jenis pekerjaan yang hanya ditemukan di Indonesia.


10Ojek Payung

Saat musim hujan, ojek payung sangatlah banyak dicari. Bayangkan, begitu keluar dari gedung atau turun dari kendaraan, kamu akan langsung ditawari jasa ojek payung ini. Profesi ini kebanyakan dilakukan anak-anak. Namun orang dewasa juga kerap kali melakukannya saat kepepet.


9Vending Machine Manusia

Di Amerika dan Eropa ada vending machine, bagaimana dengan Indonesia? Kita juga punya kok, tapi bentuknya manusia. Dengan gerobak dan sepedanya, orang yang berprofesi ini keliling jualan kopi, teh dan minuman segar lain.


8Tukang Tambal Ban

Berterimakasih dengan mereka para tukang tambal ban, bagi kamu pengendara motor. Di Indonesia, tukang tambal ban seperti bagaikan pahlawan. Merekalah yang menyelamatkanmu dari ban kempas dan pecah. Percaya atau nggak, profesi ini cuman ada di Indonesia, lho.


7Tukang Patri

Profesi tukang patri ini disinyalir muncul sekitar tahun 1997 pada era krisis moneter. Tugas mereka adalah menyatukan logam. Kalau pancimu bolong, perhiasanmu patah, kamu bisa minta bantuan tukang patri ini.


6Pak RT dan Pak RW

Bahasa kerennya di luar negeri untuk profesi ini adalah Chief Head atau Village Chief. Hanya di Indonesia yang punya sebutan RT dan RW.


5Joki 3-in-1

Ada peraturan 3-in-1 yang pernah diberlakukan di Jakarta. Dalam satu mobil harus berisi minimal tiga orang, termasuk supir. Kalau isi mobilmu gak 3 orang, kamu bakalan ditilang. Oleh karena itu, joki tiga mobil adalah jasa yang bisa kamu gunakan. Tapi hati-hatimu, bagaimanapun juga kamu gak kenal sama siapa yang kamu angkut. Kalau dia berbuat jahat gimana?


4Tukang Air Keliling

Tukang air ini adalah penjual air bersih. Biasanya profesi ini sangat penting di wilayah-wilayah kering, atau juga wilayah yang tercemar. Buat kamu yang tinggal di wilayah ini enggak usah khawatir enggak bisa mandi dengan air bersih. Mereka bisa kasih kamu solusi dengan jual air bersihnya.


3Tukang Las Keliling

Di luar negeri sebenarnya juga ada sih pekerjaan ini, mereka bernama welder. Welder adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan keahlian tinggi. Kerja mereka pun di bengkel dan dibayar mahal. Namun, tukang las di Indonesia bisa dibilang unik. Pasalnya, mereka nggak bekerja di bengkel. Mereka cuman membawa tabung tabung gas besar dan alat las yang diletakkan di sepeda, lalu berkeliling menawarkan jasanya.


2Jasa Penukaran Uang

Jasa penukaran uang di sini bukan untuk penukaran mata uang asing. Profesi ini banyak ditemukan saat menjelang lebaran. Hanya di Indonesia saja yang menyediakan profesi yang unik ini. Biasanya mereka menumpuk uang-uang di pinggir jalan dalam pecahan yang lebih kecil.


1Tukang Parkir

Untuk kamu yang kurang mahir mengendarai mobil nggak perlu khawatir menabrak mobil lain atau benda-benda sekitar lagi deh. Soalnya ada tukang parkir yang bakal bantu kamu parkir dan keluar parkiran dengan mulus.


Indonesia memang kaya akan profesi, ya teman-teman. Bagaimana menurut kamu?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of