Traveling

10 Pulau Eksotis di Indonesia yang Benar-Benar Bikin Bangga

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memang sangat unggul dalam wisata bahari. Tidak hanya pantai, pulau-pulau seluruh Nusantara pun menyimpan banyak pesona yang sangat memukau, sehingga mampu memikat para wisatawan asing untuk terus datang ke Indonesia. Seperti 10 pulau eksotis di Indonesia ini yang benar-benar bisa bikin bangga.


10Pulau Bintan (Kepulauan Riau)

Belakangan ini, ada semakin banyak resort yang dibangun di sepanjang bibir pantai Pulau Bintan yang menghadap ke Malaysia. Di sisi yang berbeda, terletak kota Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau yang kaya dengan adat dan kebudayaan Melayu. Wisatawan juga bisa menikmati wisata sejarah dan budaya lokal, seperti mengunjungi Istana Kota Piring.


9Pulau Cubadak (Sumatera Barat)

Sebenarnya pulau yang berada di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini sudah lebih 10 tahun dikenal oleh para turis asing, terutama dari Eropa. Namun, di dalam negeri sendiri, Pulau Cubadak mulai menarik perhatian para wisatawan lokal baru-baru ini. Di sekitarnya masih banyak pulau kecil lain yang mempesona, seperti Pulau Pagang.


8Pulau Kepa (Nusa Tenggara Timur)

Meski kurang familiar, Pulau Kepa ternyata menawarkan laut yang jernih dan pasir putih, serta ketenangan yang cocok untuk bersantai. Kondisinya yang masih asri ini membuat pulau kecil tersebut masih memiliki terumbu karang yang alami. Keindahan di bawah permukaan laut itu pun akan mampu menghipnotis para pengunjung dengan memanjakan mata mereka.


7Pulau Tidung (DKI Jakarta)

Berada di Kepulauan Seribu, Pulau Tidung memang sudah cukup lama jadi pilihan alternatif untuk liburan warga ibukota. Jaraknya yang tidak terlalu jauh, membuat pulau ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan lokal, maupun juga mancanegara. Para pengunjung bisa menikmati aktifitas snorkeling dan diving sambil menyaksikan keindahan terumbu karang.


6Kepulauan Togean (Sulawesi Utara)

Berada tepat di garis khatulistiwa, membuat Kepulauan Togean menjadi cukup menarik untuk dikunjungi. Keindahan yang bisa dinikmati pun tidak hanya berbau laut dan pantai, tetapi juga ada alam hutan, seperti gunung kebun kopi yang bisa membuat para wisatawan terkagum-kagum. Selain itu, babi rusa Toegan dan burung kenari juga menarik disaksikan.


5Pulau Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

Salah satu pulau di Sulawesi Tenggara ini memang sudah cukup lama jadi destinasi wisata andalan Indonesia untuk menarik kunjungan turis asing. Taman Nasional Wakatobi di sekitar Pulau Wakatobi menyimpan keindahan terumbu karang dan biota laut yang sangat unik. Bulan April hingga Juni atau Oktober sampai Desember jadi waktu terbaik untuk berkunjung.


4Kepulauan Karimunjawa (Jawa Tengah)

Eksotisme kepulauan di utara Pulau Jawa ini bisa dibilang sudah melegenda, meski baru-baru ini semakin ramai dikunjungi turis domestik sejak kehadiran banyak para penyedia paket tur wisata. Pengalaman scuba diving, snorkeling, hingga berenang dengan hiu menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk terus datang ke lokasi Kepulauan Karimunjawa ini.


3Kepulauan Gili Trawangan (Nusa Tenggara Barat)

Lombok sudah sejak lama dikenal turis asing, termasuk kawasan Kepulauan Gili Trawangan yang berada di lepas pantainya. Ada beberapa pulau besar berdekatan yang bisa dikunjungi dalam tur keliling pulau dalam waktu seharian. Setelah puas, menikmati keindahan bawah lautnya pun bisa dilakukan, menyaksikan bebatuan koral kebiruan dan kelompok penyu laut.


2Kepulauan Derawan (Kalimantan Timur)

Kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, ikan duyung, barakuda, hingga ubur-ubur bisa ditemukan dengan mudah di perairan Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur ini. Makanya aktifitas snorkeling dan diving menjadi tujuan utama para wisatawan saat datang ke lokasi wisata ini. Bersantai di pinggir pantai atau resort di atas laut juga menarik untuk dilakukan.


1Kepulauan Raja Ampat (Papua Barat)

Destinasi inilah yang sekarang membuat nama Indonesia menjadi buah bibir di kalangan para turis asing dari berbagai negara. Bahkan, Kepulauan Raja Ampat pun sangat diidam-idamkan para wisatawan lokal. Keindahan pulau-pulau dan bawah lautnya menjadi nilai eksotisme utama dari kawasan ini, sehingga banyak turis yang betah berlama-lama di sana.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry