Unik & Aneh

10 Rekor Unik Indonesia yang Mendunia

Berdasarkan informasi yang didapat dari Guiness World Records, Indonesia pernah/masih memegang banyak rekor yang tergolong unik. Bahkan pembaca Tentik mungkin belum pernah mendengar ada kategori rekor tersebut. Mari kita lihat sepuluh rekor unik Indonesia yang melibatkan banyak orang. Bravo Indonesia!


10Konser Kulintang Terbesar

ilustrasi

ilustrasi

Anda akan mendengar nama bapak Benny J. Mamoto disebut beberapa kali dalam daftar ini. Beliau memegang rekor ansambel kulintang terbesar dengan peserta sebanyak 1.223 orang. Konser ini diadakan sebagai bagian dari acara festival seni dan budaya Sulawesi Utara di stadion Tondano Maesa pada tanggal 31 Oktober 2009.


9Ansambel Kerang Terbesar

ilustrasi

ilustrasi

Jika Anda sedang memakan kerang, kami sarankan untuk tidak membuang cangkangnya karena siapa tahu Anda bisa memecahkan rekor yang dipegang oleh bapak Benny J. Mamoto dan institusi seni dan budaya Sulawesi Utara. Disponsori oleh PT. Indofood Sukses Makmur, sebanyak 339 peserta memainkan ansambel kerang yang merdu. Umur dari peserta juga bervariasi, dari yang termuda 6 tahun hingga yang tertua berusia 70 tahun.


8Peserta Terbanyak Tes Sidik Jari

credit: www.kidnesia.com

credit: www.kidnesia.com

Jumlah peserta tes sidik jari terbanyak yaitu 3.108 anak-anak. Mereka datang dari berbagai sekolah berbeda menuju ke Mall of Indonesia, Jakarta untuk mengikuti acara yang diorganisir oleh perusahaan susu Frisian Flag ini pada tanggal 26 Februari 2011. Ada seorang ahli sidik jari yang ditugaskan untuk setiap meja. Acara ini berlangsung selama 8 jam.


7Mosaik Payung Terbesar

credit: www.guinnessworldrecords.com/

credit: www.guinnessworldrecords.com/

Rekor dunia mosaik payung terbesar digapai oleh PT. Philips Indonesia pada tanggal 29 Agustus 2012. Acara ini diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Sebanyak 2.170 peserta membentuk sebuah gambar bola lampu dan teks yang bertuliskan “Philips Led”.


6Parade Obor Terbesar

credit: http://si.wsj.net/

credit: http://si.wsj.net/

Parade obor terbesar dicapai oleh 3.690 peserta dari Perayaan Kebebasan Tahunan bernama FFG Love Movement yang diselenggarakan oleh Freedom FAITHNET global dan digelar di Stadion Senayan Istora, Jakarta pada tanggal 10 Desember 2011. Setiap peserta membawa obor dari bambu dengan lilin sebagai bahan bakarnya.


5Orang Terbanyak yang Menyelam Bersamaan

rekorunikindonesia5

Ketika Anda ber-scuba diving atau menyelam di Manado, Anda akan takjub melihat keaneka-ragaman penghuni lautnya. Rekor orang terbanyak yang menyelam pada saat bersamaan juga didapat di pantai Malalayang, Manado. Ini adalah acara yang diadakan oleh TNI-L untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-64. Penyelam yang terjun berjumlah 2.486 orang dan dibagi menjadi lebih dari 50 grup.


4Orkestra Bambu Terbesar

credit: Dok Mendbudpar

credit: Dok Mendbudpar

Memainkan alat musik dari bambu seperti misalnya angklung memang adalah hal yang umum dilakukan di Indonesia, apalagi bambu dapat ditemukan di semua wilayah Nusantara. Pada tanggal 31 Oktober 2009, Bapak Benny J. Mamoto menyelenggarakan acara orkestra terbesar sebanyak 3011 anggota (pemusik) yang menggunakan bambu sebagai instrumen utamanya di Stadion Maesa Tondano.


3Orang Terbanyak yang Melakukan Teka-teki Silang

ilustrasi. credit: www.goldenbookofrecords.com

ilustrasi: www.goldenbookofrecords.com

Rekor orang terbanyak yang melakukan teka-teki silang secara bersamaan didapat oleh Universitas Bina Nusantara (Binus) sebagai bagian dari program Olimpiade Inggris ke-6 dan program Hari Cerdas di Jakarta pada tanggal 21 Februari tahun 2010. Jumlah peserta adalah 550 orang.


2Parade Kelabang Terpanjang

Jika Anda langsung berpikir tentang film The Human Centipede, Anda bisa menarik nafas lega karena rekor ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan film tersebut. Festival budaya yang unik ini, disebut juga dengan Sepasan yang merupakan makhluk berkepala menyerupai naga dengan anak-anak berpakaian tradisional di punggungnya.

Rekor sepasan terpanjang didapat pada tanggal 22 Agustus 2013 di Padang setelah 223 anak-anak dengan pakaian tradisional Chinese dan Indonesia duduk di atas papan yang menyerupai kelabang (atau naga) lengkap dengan kepala dan ekor. Total panjang tubuhnya mencapai 216m dan dibawa oleh 1.500 sukarelawan.


1Murid Terbanyak dalam Kelas Matematika

credit: guinnessworldrecords.com

credit: guinnessworldrecords.com

Menempati urutan nomor satu Tentik adalah kelas matematika dengan jumlah murid terbesar, yakni sebanyak 2.905 orang. Kami kagum dan heran pada waktu yang bersamaan karena di kelas yang muridnya sedikit pun kami susah untuk menangkap apa yang diajarkan guru, apalagi jika muridnya ribuan. Kelas ini diadakan oleh Super Bimbel GSC di Sports and Convention Center, Palembang pada tanggal 23 Mei 2015.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry