Dunia Medis

10 Resep Rahasia Panjang Umur dari Berbagai Negara

Siapa yang tidak ingin hidup sehat dan panjang umur? Usia yang panjang akan memberi kita kesempatan untuk lebih banyak berkarya dan melakukan hal-hal positif. Sebaliknya, jika tubuh digerogoti penyakit, kualitas hidup pun akan menurun dan kita kesulitan untuk melakukan segala sesuatu dengan maksimal. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba mencari tahu resep rahasia panjang umur. Berikut 10 resep rahasia yang dilakukan oleh orang-orang di berbagai negara.


10Okinawa, Jepang

rahasiapanjangumur10

Salah satu resep rahasia panjang umur dari Okinawa, Jepang adalah diet yang disebut hara hachi bu yaitu makan tidak berlebihan seraya menyeleksi jenis makanan. Di Okinawa, rata-rata penduduknya hidup selama 100 tahun. Penduduk Okinawa memang hidup sehat antara lain dengan mengonsumsi makanan segar yang bervariasi. Mereka juga menghindari makanan manis. Selain itu, mereka rutin berolahraga. Tidak heran jika Okinawa dinobatkan sebagai daerah yang dengan harapan hidup paling lama di dunia.


9Loma Linda, Amerika Serikat

rahasiapanjangumur9

Ada sekitar 9.000 orang-orang berusia tua di Loma Linda, California, Amerika Serikat. Resep rahasia mereka adalah kebiasaan hidup sehat seperti menjadi vegetarian. Mereka juga mengurangi penggunaan zat-zat seperti penyedap rasa dan pengawet makanan. Rumus sederhana yang bisa ditiru adalah porsi makan malam mereka selalu lebih sedikit dari sarapan.


8Ikaria, Yunani

rahasiapanjangumur8

Ikaria adalah salah satu pulau di Yunani dimana harapan hidup warganya mencapai 90 tahun. Di daerah ini, rasio penderita kanker dan penyakit kardiovaskuler sangat sedikit. Resep rahasia panjang umur mereka adalah konsumsi salad dengan minyak zaitun yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, mereka juga mengonsumsi teh dengan tambahan herba seperti oregano, sage, dan rosemary.


7Vilcabamba, Amerika Latin

rahasiapanjangumur7

Resep rahasia panjang umur dari penduduk yang tinggal di Vilcabamba ini adalah sayuran organik segar serta kebiasaan tidak memakan produk hewani. Lembah yang dikenal sebagai lembah panjang umur ini tercatat sebagai daerah dengan penduduk yang paling sedikit mengalami penyakit. Mereka pun dapat hidup hingga mencapai umur 120 tahun. Pekerjaan sehari-hari mereka adalah bekerja di peternakan dan memelihara kuda.


6Hunza, Pakistan

rahasiapanjangumur6

Salah satu daerah di Pakistan yang termasuk sehat adalah Hunza. Di lembah utara Pakistan ini, sangat jarang penduduk yang menderita penyakit serius seperti kanker. Rahasianya sederhana saja, mereka benar-benar mengukur jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, mereka juga rajin berjalan kaki. Untuk kekebalan tubuh, penduduk Hunza mengonsumsi aprikot setiap hari.


5Nicoya, Costa Rica

rahasiapanjangumur5

Meskipun berada di daerah terpencil, Nicoya samasekali bukan daerah yang tidak layak ditempati. Justru, hidup di Nicoya, Costa Rica akan menjauhkan kita dari potensi penyakit kanker. Penduduk Nicoya memiliki air minum yang dengan kandungan kalsium dan magnesium tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk memelihara kekuatan otot dan tulang. Mereka juga rajin mengonsumsi buah-buahan berbagai warna yang diyakini kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh.


4Bama, China

rahasiapanjangumur4

Resep rahasia panjang umur di Bama, China, mungkin sulit didapatkan di tempat lain. Mereka hidup di daerah di mana tidak ada mobil, industri, maupun restoran makanan cepat saji. Jadi, tidak heran jika tidak ada penyakit jantung dan kanker diderita oleh penduduknya. Mereka mengonsumsi makanan yang kaya serat, rendah kalori dan mengurangi lemak serta garam.


3Hong Kong

rahasiapanjangumur3

Harapan hidup manusia di Hongkong berada di angka 86,7 tahun. Masyarakat di Hongkong menggunakan sedikit minyak saat mengolah makanan. Mereka lebih memprioritaskan ikan dan sayur dalam menu makanan mereka. Selain itu, mereka juga aktif melakukan Tai Chi, aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan.


2Sardinia, Italia

rahasiapanjangumur2

Sardinia adalah salah satu pulau yang berlokasi 193 km dari pantai Italia. Penduduk di daerah ini berusia tertinggi rata-rata 100 tahun. Resep rahasia panjang umur penduduk Sardinia adalah buncis-buncisan, susu, dan keju kambing. Mereka juga mengonsumsi fava bean, barley, dan anggur merah. Penduduk Sardinia juga menyukai teh milk thistle yang berfungsi membersihkan hati.


1Andorra

rahasiapanjangumur1

Penduduk Andorra seharusnya bersyukur karena dianugerahi dengan wilayah yang sangat mendukung agar mereka bisa hidup sehat. Kontur tanahnya yang berupa daerah pegunungan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan. Di samping itu, makanan mereka pun terjaga dengan baik. Resep rahasia panjang umur yang dimiliki penduduk Andorra sebenarnya bisa juga dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di Indonesia.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!