Dunia & Peristiwa Traveling

10 Rumah Bawah Tanah Spektakuler Ini Benar-Benar Ada Di Dunia Nyata

Pertambahan penduduk selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Namun sayangnya, pertambahan jumlah penduduk tidak disertai dengan pertambahan luas tanah. Sehingga, bukan tak mungkin dimasa depan manusia kekurangan lahan untuk hunian. Berbagai solusi untuk menyelesaikan persoalan ini pernah dilakukan. Diantaranya adalah rumah susun vertikal dan rumah terapung.

Tak hanya rumah susun vertikal dan rumah terapung saja. Berbagai negara di dunia kini mulai merancang rumah bawah tanah sebagai hubian alternatif, lho. Selain menggunakan desain dan teknologi ramah lingkungan, rumah bawah ini juga memiliki unsur estetika yang luar biasa indah.


10Rumah Bawah Tanah Tersembunyi di Lower Silesia, Polandia

Untuk menuju ke rumah ini, Anda hanya perlu menuruni anak tangga yang terhubung langsung dengannya. Pada bagian atapnya terdapat hamparan tanah berumput hijau yang luas. Bagian depan rumah bawah tanah dilapisi oleh kaca-kaca bening transparan. Seperti ditulis Oddee, rumah dari KWK Promes ini ingin memanjakan siapa pun yang mengunjunginya dengan pemandangan yang luas dan menyejukkan.


9Bella Vista Hotel di Italia

Bella Vista Hotel, Italia memiliki bentuk bangunan yang unik bak deretan rumah bawah tanah di perbukitan. Sekilas, Bella Vista Hotel di Italia ini seperti rumah Teletubbies. Bangunan-bangunannya berbentuk melengkung beratapkan rumput. Tak hanya indah, bangunan ini juga ramah lingkungan. Bangunan ini mampu mengelola panas dan suhu ruang dengan baik. Perancang dari bangunan ini sendiri menginginkan adanya sentuhan alam, kearifan lokal, dan modernitas dalam Bella Vista Hotel di Italia ini.


8Malator di Druidstone, Wales

Rumah bawah tanah Malator ini berbentuk seperti cekungan. Berbeda dengan rumah pada umumnya, rumah ini beratapkan tanah. Rumah ini didesain hanya memiliki satu pintu. Di dalamnya terdapat sebuah ruangan dari logam yang di dalamnya sebuah ruangan yang berfungsi sebagai toilet. Meskipun berada di bawah tanah, rumah ini memiliki desain bangunan yang hampir sama dengan bangunan lainnya.


7Hunian Bawah Tanah Silicy

Hunian gua Silicy tergolong unik karena terletak di bawah tanah dan terpapar langsung dengan sinar matahari. Berbeda dengan rumah bawah tanah lainnya, rumah bawah tanah ini terdiri dari bebatuan alami. Tidak hanya hunian dan rumah bawah tanah saja, di area Silicy, Sperlinga terdapat terowongan-terowongan bawah tangga yang tak kalah menakjubkan.


6Rumah Hobbit di Matamata, Selandia Baru

Rumah Hobbit yang hanya bisa dilihat pada trilogi The Lord of The Rings ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Rumah Hobbit yang dibangfun di perbukitan ini merupakan lokasi dimana scene film The Lord of The Rings diambil. Seperti diberitakan Homedit, seusa pengambilan adegan di Matamata, Selandia Baru berakhir, rumah Hobbit ini dibuka untuk pariwisata dan umum.


5Stone Desert Home di Yunani

Rumah bawah tanah ini memiliki struktur bak sebuah tempat parkir bawah tanah di sebuah bangunan. Dibagian sisi-sisinya, terdapat struktur tanah miring yang ditanami banyak tumbuhan. Di bagian lantai dasar rumah bawah tanahnya pun terdapat sebuah pohon yang menyejukkan.

Rumah bawah tanah yang didesain oleh Deca ini termasuk ramah terhadap lingkungan. Meskipun berada di bawah tanah, rumah bawah ini mendukung adanya pencahayaan dan pertukaran angin dengan baik. Rumah bawah tanah ini juga memberikan sentuhan arsitektur khas Yunani.


4Sala Silvermine, Swedia

Sala Silvermine adalah bangunan dengan kedalaman 155 meter di bawah permukaan tanah. Sala Silvermine memiliki desain interior benar-benar seperti gua dan terletak di bawah tanah. Sala Silvermine sendiri adalah hotel yang disewakan untuk umum. Desain interior kamarnya pun cukup cantik. Terdapat sebuah tempat tidur dengan cahaya-cahaya lilin dan lampu temaram yang membuat suasana menjadi syahdu.


3Rumah Bawah Tanah Berbentuk Bunga Gary Neville

Rumah bawah tanah ini memiliki bentuk seperti bunga. Bagian helai-helai rumah bawah tanah berbentuk bunga ini tampak terpisah jika dilihat dari atas. Menurut In Habitat, meski rumah ini tersembunyi di bawah tanah, namun dari jendela kacanya penghuni bisa melihat pemandangan angit yang indah. Rumah bawah tanah ini sendiri didesain oleh Make Architects untuk bintang sepak bola Inggris Gary Neville.


2Domus Civita, Italia

Domus Civita di Italia merupakan hunian atau rumah bawah tanah yang disewakan sebagai villa. Domus Civita memiliki kamar-kamar ‘bawah tanah’ yang cantik. Di dalamnya, terdapat ruang pribadi untuk bersantai. Suasana kamarnya pun cukup hangat dan etnik. Tak hanya itu saja, dinding-dinding kamar bebatuannya dan hamparan cahaya lilinnya membuat suasana menjadi lebih romantis.


1Rumah Bawah Tanah di Swiss

Jika dilihat dari kejauhan, rumah bawah tanah ini tampak seperti lubang besar. Namun disalah satu bagiannya, terdapat batu-batu yang tertata rapi sebagai tempat untuk berjalan. Pada bagian atas lubang yang berbentuk oval tersebut terdapat tiang-tiang yang dirangkai menjadi pagar.

Rumah bawah tanah berlubang dari Swiss ini merupakan buah karya dari Search dan arsitek Christian Muller. Rumah ini juga dilengkapi dengan bak mandi air hangat. Meskipun rumah ini berada di dalam tanah, pengunjung masih bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang indah.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry