Dunia Medis

10 Rumah Sakit Berdesain Menarik Ini Bisa Buat Pasien Cepat Sembuh

Rumah sakit sering dianggap sebagai tempat yang menyeramkan. Kesedihan dan rasa tak nyaman menyelimuti siapa pun yang sedang diberikan ujian untuk mengalaminya. Pasien yang sedang sakit bukan tak mungkin mengalami stres. Sakit yang dirasakan secara fisik ditambah beban pikiran bisa membuat pasien tak lekas pulih. Apalagi jika suasana rumah sakit sepi, gelap, dan mencekam.

Berangkat dari persoalan itulah banyak rumah sakit di dunia yang mulai memodifikasi desain bangunannya. Hal ini dilakukan supaya pasien bisa lebih rileks dan tenang. Seperti apa sih rumah sakit berdesain menarik yang bisa membuat pasien menjadi lekas sembuh dan pulih kembali?


10Henry Ford West Bloomfield Hospital

Rumah sakit Henry Ford West Bloomfield terletak di Michigan dan dibuka pada Maret 2009. Rumah sakit ini terlihat tampak alami namun modern. Pada salah satu bagian rumah sakit terdapat ruang-ruang yang berbentuk seperti taman. Disisi kiri dan kanannya terdapat tanaman-tanaman hijau yang segar.

Perusahaan arsitektur yang menanganinya, Albert Kahn Associates juga menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Pada bagian atasnya terdapat kaca yang dapat meredam panas. Pada kedua atapnya juga dilengkapi dengan tanaman hijau yang jumlahnya mencapai 20.000 tanaman.


9Wooridul Spine Hospital di Korea Selatan

Korea Selatan memang terkenal dengan sebutan negara wisata medisnya. Teknologi kedokteran yang dimiliki pun sangat canggih, terutama bidang kulit dan estetika. Tak heran, banyak orang dari berbagai negara di dunia berkunjung ke Korea Selatan untuk operasi plastik dan perawatan kecantikan.

Rumah sakit di Korea Selatan juga mementingkan profesionalisme, teknologi, dan kenyamanan pasien. Hal tersebut juga diterapkan Rumah sakit Wooridul Spine di Korea Selatan. Kamar-kamar yang disediakan pun cukup elegan. Furniturenya pun apik dan cantik. Di dalam kamar rumah sakit berdesain menarik ini terdapat sebuah kamar mandi untuk rileks, komputer, sofa, dan satu set meja untuk minum teh.


8Fortis La Femme Hospital di India

Fortis La Femme Hospital adalah rumah sakit khusus wanita yang ada di India. Rumah sakit ini memberikan layanan kesehatan spesifik untuk wanita seperti kandungan dan estetika. Tak hanya memberikan pelayanan terbaik untuk pasien, Fortis La Femme Hospital juga memiliki desain super wah untuk memanjakan penjenguk maupun siapa pun yang berkunjung.

Khusus untuk pemesanan kamar spesial, terdapat teras pribadi dengan pemandangan yang indah. Tersedia pula dapur pribadi, ruang bermain untuk anak yang luas, dan seorang asisten pendamping. Bagi pasien yang ingin berdiet disediakan pula fasilitas konsultasi diet secara profesional.


7City Hospital di Dubai

Alih-alih seperti rumah sakit, City Hospital di Dubai justru tampak seperti mall. Pada bagian luarnya, desain rumah sakit tampak seperti bagian outdoor mall dengan tempat pejalan kaki yang luas. Saat melangkahkan kaki, pasien dan penjenguk akan disambut dengan nuansa warna cokelat yang lembut dan hangat. Di dalam rumah sakit ini juga terdapat kolam renang air panas, gym, dan 229 kamar dengan fasilitas lengkap dan sangat nyaman.


6Bumrungrad International Hospital, Thailand

Setiap tahunnya, Bumrungrad International Hospital di Bangkok, Thailand menerima 400.000 wisatawan medis. Tentu banyaknya wisatawan medis yang berkunjung membuat Bumrungrad International Hospital menjadi salah satu rumah sakit yang paling banyak dikunjungi wisatawan di dunia.

Mengejutkannya, terdapat satu rumah agensi travel di dalamnya. Fasilitas yang ditawarkan pun tak kalah dengan fasilitas hotel bintang lima. Furnitur yang digunakan memiliki warna-warna yang lembut berbahan kayu. Rumah sakit berdesain menarik ini memiliki shopping area dan restorannya. Layanan medis yang diberikan pun tak kalah lengkap seperti operasi plastik, pengobatan umum, dan rehabilitasi.


5Children’s Hospital of Pittsburgh

Tak tampak seperti rumah sakit, desain interior Children’s Hospital of Pittsburgh justru tampak seperti taman bermain. Seperti ditulis oleh Archinet Firms, rumah sakit berdesain menarik ini terdiri dari 296 tempat tidur yang terintegrasi dengan teknologi HER dan COPE. Desain rumah sakit ini sangat menyenangkan dan penuh warna. Children’s Hospital of Pittsburgh juga dilengkapi fasilitas lengkap seperti ruang terapi musik, perpustakaan, kebun relaksasi, ruang makan, dan atrium-atriumnya yang cantik.


4Rush University Medical Center

Rush University Medical Center adalah rumah sakit akademik yang berada di Chicago, Illinois. Pada tahun 2012 lalu, Rush University Medical Center telah selesai direnovasi besar-besaran. Rumah sakit ini terakhir direnovasi 175 tahun yang lalu.

Rush University Medical Center didesain supaya tenaga medis dapat bekerja dengan maksimal. Rumah sakit ini disebut-sebut sebagai bangunan rumah sakit terbaru dengan desain ‘ramah’ dan telah mengantongi gold sertification dalam Leadership in Energy and Environmental Design. Seperti dilansir Sortature, rumah sakit berdesain menarik ini menyediakan kamar-kamar pasien yang aman, tempat-tempat indah untuk relaksasi, dan suasana rumah sakit yang nyaman dan anti chaos.


3Cedars Sinai Medical Center di Los Angeles

Cedars Sinai Medical Center termasuk jajaran rumah sakit paling berkelas di dunia. Sejumlah fasilitas mewah dan peralatan medis yang lengkap tersedia disini. Di lantai 8 rumah sakit ini, terdapat 32 kamar super deluxe dengan tampilan yang nyaman.

Fasilitas medisnya pun tak main-main. Terdapat 12 bidang spesialisasi kedokteran dengan tenaga medis yang profesional. Tak hanya itu saja, untuk meningkatkan pelayanan, setiap kamar terdapat satu orang asisten pribadi yang siap melayani.

Terdapat dua hingga tiga tempat tidur disetiap kamar. Bagian kamar mandinya pun dilengkapi dengan bathup yang nyaman. Tak main-main, disalah satu bagian rumah sakit berdesain menarik ini dilengkapi dengan ornamen lukisan Picasso asli. Tak heran, banyak selebritas Hollywood yang memilih rumah sakit ini jika sakit.


2Melbourne’s Royal Children Hospital

Perusahaan arsitek Billiard Leece and Bates Smart, cabang dari perusahaan arsitek HKS, terinspirasi dari helaian daun saat memberikan desain untuk rumah sakit ini. Di dalam Melbourne’s Royal Children Hospital terdapat sebuah akuarium raksasa yang sangat cantik. Terdapat pula patung besar yang kaya warna dan pemandangan indah dekat Royal Park.


1Harlem Hospital

Salah satu rumah sakit dengan nuansa seni yang menarik perhatian adalah Harlem Hospital di New York. Menariknya, Harlem Hospital memiliki panel kaca raksasa dengan mural-mural indahnya yang transparan. Pada malam hari, mural akan tampak lebih indah dan lebih eye catching jika diberi pencahayaan yang cukup dari dalam.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of