Kuliner

10 Sajian Makanan Olahan Daging Paling Aneh di Dunia. Berminat?

Apa jenis sajian makanan yang paling tidak Anda sukai? Apakah olahan durian, petai, dan jengkol? Apakah Anda akan merasa mual hanya dengan mendengarkan dan membayangkan makanan tersebut? Sajian makanan yang menurut Anda aneh di atas belum ada apa-apanya dibandingkan dengan sajian makanan olahan daging di bawah ini. Berikut adalah deretan sajian makanan olahan daging paling aneh di dunia. Apakah Anda tertarik untuk menyantapnya?


10Kelelawar Goreng

Kelelawar dikenal sebagai hewan jelmaan vampir penghisap darah yang menakutkan. Namun di Bali, kelelawar justru dimasak menjadi salah satu sajian makanan. Kelelawar akan digoreng seperti sajian olahan daging pada umumnya. Setelah matang, cara menikmati kelelawar goreng hampir mirip seperti halnya kita menikmati ayam goreng. Penikmat dapat mematahkan sayapnya dan menikmatinya. Atau bisa juga dijadikan sebagai teman makan sup yang nikmat.


9Sannakji

Dapat dikatakan Sannakji adalah salah satu sajian makanan olahan daging paling aneh. Pasalnya, Sannakji menggunakan daging gurita kecil atau bayi gurita sebagai bahan utama. Sannakji dapat disajikan dalam porsi besar maupun porsi kecil-kecil. Sajian Sannakji dilengkapi pula dengan sesame oil saat dihidangkan. Daging gurita dalam Sannakji dapat dikatakan cukup kenyal sehingga diperlukan usaha ekstra untuk menangkapnya dengan garpu.


8Kangaroo Carpaccio

Kanguru adalah hewan berkantung yang berpindah tempat dengan cara melompat-lompat. Kanguru termasuk salah satu hewan imut kesayangan anak-anak karena menggemaskan. Namun di Australia, daging hewan kanguru ternyata dijadikan sebagai makanan. Sajian makanan olahan daging ini dinamakan Kangaroo Carpaccio. Daging kanguru diolah bersama dengan tomat, olive oil, vinegar, dan keju. Tidak hanya Kangaroo Carpaccio saja, daging kanguru juga bisa diolah sebagai steak.


7Muktuk

Di Greenland, sebuah pulau dekat kutub utara, kulit ikan paus diolah menjadi makanan. Sajian makanan olahan daging ini dinamakan Muktuk. Kulit ikan paus akan dibekukan dan diiris tipis-tipis. Irisan kulit ikan paus tersebut kemudian ditaburi garam dan dimakan mentah-mentah.


6Sup Telur Semut

Beberapa jenis semut dapat diambil telurnya sebagai makanan tambahan untuk burung hias. Namun, apa jadinya jika telur semut dikonsumsi manusia? Di Laos, telur semut dimasak sebagai bahan utama dalam sup. Bagi orang-orang yang pernah mencicipinya, telur semut rasanya mirip dengan udang.


5Sate Landak

Jika Anda mengunjungi Tawangmangu, Jawa Tengah, Anda tidak akan asing dengan warung makan lokal yang menyediakan menu sate landak. Menu sate landak memang benar-benar menggunakan daging landak, bukan sekedar istilah saja. Tidak hanya dimasak sate saja, daging kepala landak juga bisa dimasak untuk sajian rica-rica. Tidak hanya di Tawangmangu, Jawa Tengah, sate landak juga bisa didapatkan di Malang, Jaw Timur dan daerah-daerah lainnya.


4Jeli Hidung Rusa

Rusa termasuk salah satu hewan yang hidup dan berkembang biak di alam liar. Namun, bagi sebagian masyarakat Kanada, rusa, terutama hidungnya bisa diolah menjadi sajian makanan olahan daging. Hidung rusa direbus hingga mendidih dengan campuran cabai dan bawang. Kemudian, rambut-rambut disekitar hidungnya dibersihkan dan direbus kembali. Hidung rusa kemudian diiris tipis-tipis sembari disiram kaldu dan ditutup. Tekstur hidung rusa yang sudah dididihkan akan kenyal-kenyal seperti jeli.


3Haggis

Haggis adalah sajian makanan perut domba utuh lengkap dengan hati, paru-paru, dan jantung. Haggis disajikan di Skotlandia. Haggis disajikan dengan aneka macam sayuran, bawang, dan oatmeal. Jeroan domba ini dibungkus dengan lambung. Di Skotlandia, harga Haggis sangat mahal. Meskipun Haggis adalah salah satu sajian makanan yang tak lazim, namun bagi yang mencicipinya Haggis memiliki rasa yang gurih dan menyenangkan.


2Escargots à la bourguignonne

Escargots à la bourguignonne adalah salah satu dari sekian banyak sajian makanan paling aneh di dunia. Sajian makanan yang sulit untuk diucapkan ini menggunakan siput sebagai bahan olahan. Siput dimasak dengan menggunakan wine, bawang putih, parsley, dan mentega. Parsley akan dimasukkan ke dalam cangkang. Sajian makanan olahan daging siput ini berasal dari Prancis.


1Beshbarmak

Kuda adalah binatang yang dimanfaatkan tenaganya. Namun, apa jadinya jika dagingnya diolah menjadi sajian makanan? Di Kazakhstan, kuda diambil dagingnya untuk dijadikan Beshbarmak. Sajian makanan olahan daging kuda ini dilengkapi dengan mie, bawang, dan kentang. Meskipun penyajian makanan dari daging kuda menuai kontroversi, namun menu Beshbarmak tetap tersedia di Kazakhstan.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi sajian makanan olahan daging tak biasa di atas? Adakah sajian makanan olahan daging di atas yang membuat Anda geli sendiri? Jika ya, sajian makanan nomor berapa?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry