Sejarah

10 Samurai Terbaik yang Ada Dalam Sejarah Jepang

Pertama kali mendengar kata ‘samurai’, apa yang ada di benakmu pertama kali? Mungkin sebuah pedang yang begitu hebat. Well, kalau itu pikiranmu, mari kita luruskan lebih dulu. Samurai bukan sebuah benda yang selama ini kita kira sebagai pedang, samurai adalah petugas militer elit yang eksis pada era industrialisasi Jepang. Bisa dikatakan, mereka adalah pejuang yang dikenal akan kekuatan serta jiwa kepahlawannnya. Jadi, siapa saja sih 10 samurai terbaik di sejarah Jepang?


10Hattori Hanzo

samuraiterbaikjepang10

Dikenal dengan nama lain Hattori Masanari. Ia adalah seorang samurai terbaik yang dimiliki Jepang. Hattori Hanzo dikenal sebagai samurai yang sangat ahli dalam menggunakan berbagai macam senjata. Selain itu ia dikenal dalam menyusun taktik hebat dan terkenal tidak memiliki rasa takut ketika berada di medan perang. Ia wafat di usi 55 tahun dengan sebab yang simpang siur. Sebagian orang percaya bahwa kematiannya adalah karena pembunuhan oleh Kotaro Fuma, ninja saingannya.


9Miyamoto Musashi

samuraiterbaikjepang9

Samurai terbaik Jepang selanjutnya adalah Miyamoto Musashi. Miyamoto menemukan musuhnya pertama kali ketika usianya menginjak 13 tahun. Musuhnya, Arima Kihei, adalah samurai dari perguruan Shinto Ryo bidang seni militer. Jadi tidak heran bila Arima memiliki kemampuan terampil dalam menggunakan pedang dan tombak. Namun Miyamoto berhasil mengalahkannya dengan melempar musuh ke tanah dan memukulnya menggunakan tongkat.


8Maeda Keiji

samuraiterbaikjepang8

Maeda Keiji atau Maeda Toshimasu merupakan samurai Jepang yang eksis pada Zaman Sengoku. Aksinya yang paling terkenal sebagai seorang samurai adalah ketika Maeda melakukan pertempuran dengan Pasukan Uesugi yang berlangsung pada Pertarungan Mogami. Maeda berhasil menembus pasukan musuh dengan memecah formasi pasukan menggunakan 8 pengedara kuda.


7Honda Tadakatsu

samuraiterbaikjepang7

Honda Tadakatsu merupakan seorang samurai sekaligus jenderal serta daimyo atau pemimpin wilayah yang kuat. Julukan yang melekat pada dirinya dalah ‘Prajurit yang Melampaui Kematian’. Ia telah mengalami lebih dari 100 pertempuran dan tak ada kekalahan selama ia berperan. Jangankan kalah, ia pun jarang bahkan tidak pernah mendapatkan luka berarti selama 100 pertempuran itu.


6Sanada Yukimura

samuraiterbaikjepang6

Diketahui memiliki nama asli Sanada Nobushige. Baik Sanada maupun sang Ayah adalah samurai yang memiliki strategis militer hebat sekalipun hanya memiliki sedikit pasukan dan tetap mampu memenangkan peperangan. Julukan yang melekat pada dirinya adalah ‘Pahlawan yang Hanya Muncul Seratus Tahun Sekali’ dan ‘Prajurit Nomor Satu dari Jepang’.


5Date Masamune

samuraiterbaikjepang5

Meski kehilangan mata kanan akibat cacar dan terkenal kerap kalah pada awal karirnya, namun Date Masamune akhirnya bisa menjadi salah satu samurai terbaik yang dimiliki Jepang bahkan menjadi samurai yang cukup ditakuti. Sikap takut yang ditunjukkan orang lain padanya sebenarnya muncul karena sikapnya yang kasar serta ceroboh.


4Tokugawa Ieyasu

samuraiterbaikjepang4

Ia terkenal bukan hanya sebagai seorang samurai tetapi juga berkat jasanya yang berhasil menjadi pemersatu Jepang bersama dengan Oda Nobugana dan Toyotomi Hideyoshi. Tokugawa mencapai puncak dan menjadi samurai terbaik Jepang karena ia berhasil meletakkan dirinya untuk semua kemungkinan dengan posisi terbaik. Sekigahara merupakan salah satu peperangan yang akhirnya mengangkat namanya.


3Toyotomi Hideyoshi

samuraiterbaikjepang3

Dikenal juga dengan julukan ‘The Swordless Samurai’. Toyotomi adalah pemimpin Jepang yang cukup legendaris terutama di abad 16. Ia merupakan salah satu anggota pemersatu Jepang.


2Takeda Shingen

samuraiterbaikjepang2

Takeda Shingen, samurai hebat Jepang yang memiliki julukan Tiger of Kai ini diketahui berpotensi melebihi Oda Nobunaga jika saja pada tahun 1573 ia tak tewas karena peluru. Aksi terkenalnya adalah ketika adanya pertempuran darah dengan Uesughi Kenshin yang mana pertempuran tersebut adalah pertempuran satu lawan satu.


1Oda Nobunaga

samuraiterbaikjepang1

Inilah samurai terbaik (sekaligus terlicik) yang dimiliki Jepang. Fool of Owari adalah julukan yang melekat pada dirinya. Desas-desus yang beredar mengenai dirinya adalah bahwa Oda telah bersepakat dengan Sang Iblis dalam mencapai kekuasaannya.


Keren ya samurai-samurai terbaik Jepang ini? Banyak hal dari mereka yang bisa kita contoh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya kegigihan dan jiwa kepahlawanan. Kamu sudah terinspirasi belum dengan 10 samurai terbaik di sejarah Jepang tadi?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry