Sejarah

10 Senjata Perang Kuno Terbrutal

Jaman dulu belum ada yang namanya senapan, meriam atau bom-bom dan sebagainya, maka jangan heran kalau senjata-senjata saat perang sangat brutal dan menyeramkan. Beda dengan saat ini yang desain-desain senjatanya berfokus untuk membunuh musuh se’manusiawi’ mungkin dan memastikan kematian yang cepat kalau bisa tanpa rasa sakit, jaman dulu prajurit-prajurit perang justru mencari senjata yang menimbulkan rasa sakit luar biasa. Bahkan popularitas sebuah senjata diukur dari kebrutalannya.

Mari kita lihat beberapa senjata menakutkan yang dikuasai oleh prajurit masa lalu. Inilah 10 senjata perang kuno terbrutal sepanjang masa.


10Caltrop

senjatakunobrutal10

Terkenal dalam film-film bertema ninja dan sejenisnya, caltrop adalah sebuah objek besi dengan beberapa ujung tajam yang di-desain untuk dijatuhkan ketika prajurit dikejar oleh musuh, atau bisa juga untuk perangkap. Ini mengakibatkan cedera parah ke kaki, membuat musuh tidak berdaya dan kesakitan.

Penampilan terkenal: James bond saat dikejar oleh musuh-musuhnya, Bond melempar caltrop ke tanah dari mobilnya yang akhirnya menusuk ban mobil musuh yang mengejarnya.


9Knobkerrie

senjatakunobrutal9

Sebuah knobkerrie mengacu pada objek tumpul yang dipasang di ujung tongkat. Biasanya bola kecil dari kayu atau logam, knobkerrie digunakan dengan cara menghajar hidung atau pangkal paha pada jarak dekat. Memikirkannya saja sudah ngeri. Jenis senjata ini telah digunakan dalam berbagai versi yang berbeda dari waktu ke waktu, tetapi pada awalnya digunakan di Afrika oleh kelompok-kelompok suku disana sebagai alat pertahanan diri. Senjata ini masih digunakan sampai sekarang dan dapat ditemukan di ujung pisau berburu, dalam bentuk bola kecil atau titik logam di ujung pegangan.

Penampilan terkenal: Digunakan oleh pendekar Zulu di film “Zulu”.


8Morning Star

senjatakunobrutal8

Mirip dengan gada namun lebih parah, morning star dibuat dari kayu atau logam padat yang dihiasi dengan paku atau pisau-pisau tajam. Morning Star digunakan oleh infantri dan pasukan berkuda pada abad pertengahan. Metode utama serangan ini yaitu hanya mengayunkan senjata di musuh Anda. Target yang paling umum adalah wajah atau kepala, meskipun pukulan itu juga bisa diarahkan pada kaki atau lutut untuk melumpuhkan musuh. Morning Star telah dimodifikasi dalam bentuk yang berbeda sejak abad pertengahan. Senjata ini mulai digabungkan dengan rantai agar dapat diayunkan lebih keras lagi dengan tenaga lebih kecil.

Penampilan terkenal: Troll gua yang muncul di Lord of The Rings menggunakan Morning Star sebagai senjatanya.


7Chakram

senjatakunobrutal7

Sering salah diidentifikasi sebagai Glaive, yang sebenarnya merupakan senjata panjang mirip dengan tombak, sebuah Chakram serupa dengan shuriken. Juga dikenal sebagai gelang perang, senjata ini berasal dari India dan biasanya berwujud disk logam berbilah besar. Chakram digunakan bisa dengan cara dilempar seperti Frisbee, atau dalam pertempuran jarak dekat untuk menyayat musuh. Bentuk lain dari Chakram adalah Chakkar, yang digunakan oleh prajurit Sikh. Senjata memiliki jarak lempar yang mencengangkan, yaitu hingga 100 meter.

Penampilan terkenal: Xena di film Xena:Warrior Princess menggunakan Chakram sebagai senjata lemparnya.


6Maul

senjatakunobrutal6

Mirip dengan palu modern, Maul adalah senjata tumpul yang amat ditakuti, awalnya digunakan oleh warga Perancis. Sebenarnya Maul diciptakan bukan untuk senjata, melainkan sebagai alat tukang, tetapi lama kelamaan Maul mulai dipakai untuk bertempur. Tidak ada metode khusus untuk menggunakan senjata ini, selain menghajar bagian tubuh mana saja. Biasanya target sasaran yaitu kepala, lengan atau kaki. Sebuah pukulan tunggal dari Maul sudah cukup untuk menghancurkan tulang dan tengkorak, bahkan ketika musuh memakai helm perlindungan. Sebuah taktik yang umum dilakukan adalah untuk mematahkan kaki korban dengan pukulan kuat ke lutut atau tulang kering, kemudian menyelesaikan orang itu menghancurkan tengkoraknya.

Penampilan terkenal: Maul digunakan oleh Leatherface di film sadis berjudul Texas Chainsaw Massacre untuk melumpuhkan korbannya sebelum akhirnya disiksa.


5War Scythe (Sabit)

senjatakunobrutal5

Diadaptasi dari alat pertanian, War Scythe diubah sedemikian rupa menjadi sangat menakutkan. Sabit digunakan baik dengan cara menusuk ataupun menyayat, berat dari sabit tersebut dan bentuk aerodinamis mereka membuat senjata ini benar-benar mengerikan. Mampu memotong helm yang terbuat dari logam, senjata ini diperkirakan berasal dari hasil improvisasi petani, yang kemudian diadaptasi untuk militer. Bisa dibilang lebih buruk daripada versi militernya, sabit yang digunakan oleh petani dalam pemberontakan seringkali tumpul akibat dari penggunaan di bidang pertanian, yang berarti korban kemungkinan hidup dan merasakan penderitaan disayat lebih parah sebelum akhirnya meninggal.

Penampilan terkenal: Grim Reaper seringkali di-ilustrasikan memegang Scythe.


4Dragon Beard Hook

senjatakunobrutal4

Senjata ini dipergunakan oleh prajurit Cina untuk menjerat dan melumpuhkan korban. Dragon Beard Hook terdiri dari kepala logam yang memiliki kait bergerigi sejumlah dua atau lebih, yang melekat pada seutas tali atau rantai. Tujuannya untuk menembus atau mengunci bagian dari tubuh musuh dengan kailnya, dan kemudian menarik mereka untuk dibunuh. Hal ini mengakibatkan tubuh korban robek-robek saat mereka berjuang untuk melarikan diri. Kerusakan arteri adalah yang paling biasa terjadi dan korban seringkali terbunuh oleh kail itu sendiri, sebelum mereka bisa ditarik. The Dragon Beard berasal dari Dinasti Song.

Penampilan terkenal: Di film Mortal Kombat, salah satu karakternya yang bernama Scorpion menggunakan senjata yang mirip dengan Dragon Beard Hook untuk menarik musuhnya dari jarak jauh.


3Mancatchers

senjatakunobrutal3

Seperti namanya, Mancatchers digunakan untuk menarik musuh-musuh berkuda dan menyeret mereka ke tanah dimana mereka bisa dibunuh. Senjata ini populer di Eropa pada abad ke-18. Terdiri dari tiang yang dipasang dengan dua cabang. Setiap cabangnya berbentuk bundar dengan “pintu” pegas di bagian depan. Hal ini menciptakan katup yang efektif yang akan memungkinkan cincin untuk masuk ke leher manusia dan membuat manusia itu terjebak.

Penampilan terkenal: Di film gladiator, saat para gladiator menarik musuh-musuh berkuda.


2Bardiche

senjatakunobrutal2

Senjata ini bisa dibilang mirip dengan kombinasi dari kapak dan tombak, yang terdiri dari tiang panjang dengan kapak lebar terpasang di sepanjang sisi dan ujung porosnya. Bardiche berasal dari Eropa Timur dan Rusia. Digunakan untuk membelah atau memotong musuh, senjata itu dipegang oleh dua tangan dan di-ayunkan secara horizontal maupun vertikal. Daya mematikannya berasal dari besarnya pisau yang digunakan, biasanya lebih dari 60 sentimeter. Metode serangan yaitu membelah ke bagian tungkai atau perut musuh.

Penampilan terkenal: Variasi dari Bardiche sering terlihat di manga-manga Jepang.


1Katar

senjatakunobrutal1

Senjata yang berasal India ini membuat pemiliknya menjadi seperti Wolverine, minus kemampuan regenerasi tubuh tentunya. Katar sekilas memiliki pisau tunggal, namun ketika pemicu pada pegangan berbentuk huruf H diaktifkan, pisau akan terbagi menjadi tiga, satu di tengah dan satu di setiap sisi. Tiga pisau tidak hanya membuat senjata lebih efektif untuk menusuk dan memotong lawan, tetapi mereka juga sangat mengintimidasi dan / atau mengejutkan lawan. Posisi pisau di pegangan juga memungkinkan untuk dengan mudah memblokir serangan dari musuh. Desain yang tidak biasa ini juga punya kejutan lain – pisau bercabang tiga ini dengan mudah bisa menusuk semua jenis baju besi dengan mudah.

Penampilan terkenal: Jagoan di game Assassin’s Creed menggunakan senjata mirip Katar sebagai senjata utamanya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of