Teknologi

10 Skill yang Harus Kamu Miliki Kalau Pengen Jadi Insinyur di Google!

Siapa yang tidak mengetahui Google? Hampir seluruh orang di dunia mengetahui mesin pencari raksasa ini. Mungkin sebagian orang bermimpi bisa bekerja di Google. Wajar saja karena Google memang memberikan banyak fasilitas menggiurkan bagi karyawannya, seperti makan gratis (pagi, siang, malam), ruangan kerja yang nyaman dan banyak camilan, fasilitas cuci gratis, berbagai mainan untuk rileks, fasilitas olahraga dan kesehatan, tunjangan kematian, cuti yang tetap digaji, dan masih banyak lainnya.

Tentu saja sederet fasilitas menarik di atas membuat persaingan masuk ke Google juga sulit. Google tidak asal merekrut pegawai. Mereka hanya mempekerjakan sebanyak 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun. Perusahaan ini tidak terlalu mementingkan gelar sarjana, namun setiap staff Google harus memiliki skill yang handal, kemampuan di atas rata-rata, dan kreativitas tinggi. Berikut ini merupakan daftar keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang insinyur atau engineer di Google.


10Cryptography

Cryptography atau kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Tentu saja ilmu ini begitu penting karena Google suka dengan keamanan dunia cyber. Dengan paham kriptografi yang baik tentu kamu menjadi kandidat potensial bagi Google.


9Kecerdasan Buatan/AI (Artificial Intelligence)

Selama ini Google suka membuat produk berbasis AI atau kecerdasan buatan. Kita bisa melihat banyak robot yang dikembangkan di kantor Google. Tentu saja ilmu ini bisa menjadi nilai tambah.


8Sistem Operasi

Seperti yang kita ketahui baha sistem operasi merupakan perangkat lunak pada komputer yang mengatur jalannya program yang berbeda. Hampir sebagian besar pekerjaan di Google menggunakan komputer, sehingga pemahaman mengenai sistem operasi memang sangat dibutuhkan.


7Testing Program

Tidak hanya membuat program saja yang penting, namun melakukan testing atau pengujian dari program yang telah dibuat juga penting. Google ingin engineer mereka bisa mendeteksi bug, membuat tes debugging, dan mencari celah dari software yang mereka buat. Kemdian mereka juga harus mampu memperbaikinya.


6Bahasa pemograman lain

Tentu saja Google akan menyukai calon karyawannya yang mampu menguasai lebih dari satu bahasa pemrograman. Saat ini jumlah bahasa pemrograman memang sangat banyak. Google memang tidak menggunakan seluruh bahasa pemrograman yang ada, namun ada kemungkinan Google akan menggunakan bahasa pemrograman lain untuk kepentingan tertentu.


5Matematika

Buat kamu yang benci matematika, sebaiknya lupakan keinginan untuk bekerja di Google sebagai engineeri deh. Pelajaran ini menjadi salah satu keahlian yang wajib dikuasai oleh karyawan Google. Perusahaan ini menginginkan karyawannya bisa memahami matematika abstrak seperti logika dan matematika diskrit.


4Parallel Programming

Parallel Programming adalah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Sehingga semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), maka semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.


3Membuat Compiler

Compiler merupakan program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemrogaman. Biasanya perangkat lunak akan melakukan proses peterjemah kode (yang dibuat programmer) ke dalam bahasa mesin. Google memahami bahwa program yang ditulis untuk dimengerti oleh manusia secara sistematis tentunya di-translateatau diartikan untuk bahasa assembly tingkat rendah yang akhirnya dimengerti oleh mesin.


2Algoritma dan struktur data

Belum jauh dengan ilmu programming, insinyur di Google harus memahami ilmu mengenai algoritma dan struktur data. Ilmu ini bisa dipelajari pada dasar-dasar jenis data seperti stacks, queues, atau bags dan pahami algoritma pengurutanseperti quicksort, merge sort, atau heapsort.


1Programming

Tentu saja seorang engineer di Google harus memahami ilmu pemrograman. Mereka harus bisa menulis kode program, seperti Java, C++, dan Phython. Kamu bisa mempelajari ilmu ini dari CodePolitan, MIT OpenCourceWare, dan situs-situs belajar program online lainnya.


Itu tadi beberapa skill yang wajib dimiliki oleh insinyur Google menurut tim HR Google. Pekerjaan dengan gaji yang besar serta fasilitas banyak memang menjadi idaman kita semua. Namun untuk memperolehnya pasti akan dibutuhkan perjuangan yang keras. Bagaimana, kamu sudah siap untuk mempersiapkan diri untuk bekerja di Google?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of