Budaya & Literatur Dunia & Peristiwa

10 Suku Primitif Di Dunia Yang Masih Mampu Bertahan Hidup

Ditengah hiruk pikuk perkotaan dan perkembangan jaman saat ini, tanpa kita sadari nyatanya suku-suku primitif yang hampir tidak tersentuh oleh peradaban dunia ini mampu bertahan hidup dan bersembunyi dari keramaian dunia. Suku-suku terdahulu ini hampir terlupakan keberadaannya oleh para manusia modern. Berikut 10 suku primitif yang ada didunia!

10Suku Sentinel

Suku Sentinel yang terletak di antara India dan Thailand ini terkenal buas. Kabarnya pendatang asing tidak akan luput dari pandangan mereka untuk diburu dengan panah hingga tewas. Anggota suku ini relatif sedikit, berkisar 250 orang dan di duga masih bertahan hingga saat ini.

9Suku Mursi

Di Ethiopia cantik itu sakit. Wanita yang terlahir dalam keluarga Suku Mursi akan mendapati anting besar yang menempel di bibir mereka dan mulutpun akan dimasukkan piring besar ketika mereka beranjak dewasa. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda kehormatan untuk para perempuam yang sudah layak untuk dinikahi.

8Suku Samburu

Kenya Utara memiliki suku yang menetap di perkampungan kecil. Suku ini memiliki tradisi ‘Beading’ yaitu prosesi pengalungan kalung kepada anak perempuan suku Samburu. Kalung yang berbentuk anyaman dari manik-manik ini biasanya berwarna merah, dan akan didapati pada anak perempuan dengan usia berkisar 6 tahun keatas. Beading dimaksudkan sebagai lambang bahwa sejak saat pengalungan itu sang gadis resmi menjadi milik pria pemberi kalung tersebut dan dapat disetubuhi oleh pria tersebut pada usia remaja. Banyak pihak yang menyadari bahwa tradisi ini merugikan gadis suku Samburu.

7Suku San

Suku San adalah suku semi-nomaden yang juga dikenal dengan istilah Bushmen atau Basarwa, mereka adalah penduduk asli di Afrika bagian selatan. Nenek moyang suku San dianggap sebagai penduduk pertama wilayah Botswan dengan keanekaragaman seni, budaya dan genetik tertinggi di wilayahnya. Namun wilayah suku ini mulai terancam keasrian dan keasliannya, beberapa orang San menjadi petani guna mengikuti program modernisasi pemerintah. Meskipun gaya hidup mereka berubah, mereka tetap memberi banyak informasi untuk ilmu antropoligi dan genetika.

6Suku Pedalaman Hutan Amazon

Hutan Amazon memiliki ragam suku mencapai 80 suku berbeda yang terasingkan. Nampaknya Hutan tropis terluas di dunia ini cukup mampu mengasingkan mereka dari hiruk pikuk dunia luar. Pada suatu ketika pemerintah berusaha melakukan pengambilan gambar dengan pesawat dan berakhir dengan serangan panah api yang dilontarkan oleh warga suku. Pada masa sebelum Masehi, suku Amazon dikenal sebagai suku dengan mayoritas wanita pejuang yang amat terlatih menggunakan panah, tombak dan pedang.

5Suku Nanti

Suku Nanti merupakan salah satu suku primitif yang berdomisili di Peru. Walaupun suku ini terancam punah akibat penyakit dan lainnya, suku ini tetap menolak untuk berhubungan dengan dunia asing, konon mereka berkomunikasi dengan warga suku dengan bahasa mereka sendiri dan tidak bisa berbahasa Spanyol maupun Inggris.

4Suku Ruc

Pegunungan yang diduga tidak berpenghuni sejak 11 juta tahun yang lalu ini ternyata menutupi kehidupan Suku Ruc yang tinggal diantara pepohonan lebat di dalam wilayah hutan Amazon. Tak disangka masih ada manusia yang dapat bertahan hidup di dalam hutan yang liar itu. Menurut para peneliti Suku Ruc sempat bertikai dengan pemerintah Vietnam dan menghindari publik. Suku ini pun memanfaatkan Gua Gua di dalam hutan dan memilih bertahan hidup dengan berburu.

3Suku Yanomami

Suku Yanomami adalah suku pribumi yang menghuni Brasil yang istimewakan dan diberikan wilayah khusus oleh Pemerintah Brasil. Namun mereka terlihat masih berkeliaran di kawasan lama mereka dan memicu pertikaian dengan kaum pendatang. Semenjak berhububungan dengan masyarakat luar tingkat kekerasan dan penularan penyakit mulai meninggi.

2Suku Korubo

Berburu dan bersenjata perang sumpit beracun adalah senjata utama dari suku Korubo. Pria dan wanita suku ini mengecat badan mereka dengan pewarna merah dari tanaman roucou. Beberapa dari anggota Suku Korubo sempat melakukan kontak dengan masyarakat modern namun keadaan kurang bersahabat dan terjadi bentrok antar kelompok.

1Suku Carabayo

Pernah terbayang tinggal dengan keluarga besar anda dalam satu rumah saja? Inilah keadaan pada suku Carabayo. Suku dengan populasi sejumlah 1590 jiwa ini hanya terbagi dalam 3 buah rumah berukuran besar, oleh karna itu anda tidak akan menemukan banyak tempat tinggal seperti suku-suku pada umumnya.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!