Tragedi

10 Sumber Daya Alam yang Hampir Habis

Suka atau tidak, sumber daya alam itu terbatas. Jika manusia tidak menggunakannya secara hati-hati dan penuh perhitungan, maka bukan tidak mungkin kalau suatu saat kita akan kehabisan sumber daya alam tersebut. Sebenarnya ada banyak dari sumber daya alam yang hampir habis di bumi.

Contohnya minyak bumi, mungkin kita pernah mendengar cerita-cerita horror tentang bagaimana dunia mulai kekurangan minyak. Namun pasti Anda belum tahu kalau bumi kita juga mulai kehabisan pisang.


10Pisang

sdahampirhabis10

Satu-satunya spesies pisang yang dapat tumbuh dalam skala besar yaitu spesies Cavendish yang bersifat monokultur, artinya semua pohon pisang sebenarnya merupakan satu kesatuan dan buah pisangnya pada dasarnya sama antara yang satu dengan yang lainnya. Tapi baru-baru ini, jamur pisang bernama Tropical Race 4 mulai menyerang pohon-pohon pisang, menghambat kemampuan mereka untuk mengambil nutrisi dari tanah.

Jamur ini masih belum dapat dibunuh oleh fungisida dan sudah menyebar sampai ke Amerika Latin, Asia, Afrika dan Timur Tengah. Semoga jamur ini tidak sampai ke Indonesia.


9Air

sdahampirhabis9

Jumlah air tawar di dunia hanyalah sekitar 2,5% dari total volume air di dunia. Dan 70% dari air tawar tersebut berbentuk es dan salju, jadi tidak mengherankan bahwa permintaan air bisa segera melebihi pasokan. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB memperkirakan bahwa pada tahun 2025, air akan menjadi langka dan 1,8 miliar orang akan tinggal di negara dimana air susah didapat.

8Anggur

sdahampirhabis8

Karena suhu terus meningkat, peneliti memprediksi bahwa area yang dipakai untuk bercocok tanam anggur sekarang ini akan menjadi tidak cocok lagi pada tahun 2050. Manusia tidak dapat lagi menanam anggur di tempat-tempat seperti Bordeaux, Rhone, Tuscany, Chili, Argentina, Eropa Tenggara dan Napa Valley.

Bahkan kebun-kebun anggur di Afrika Selatan dan Australia juga akan kena dampaknya, dengan simulasi menunjukkan penurunan produksi sebanyak 70-75% selama beberapa dekade mendatang.


7Helium

sdahampirhabis7

Helium sebenarnya adalah gas yang paling melimpah di alam semesta. Tapi ini juga gas yang paling ringan. Karena itu banyak helium yang ada di bumi lolos melewati atmosfer setiap saat.

Selain merupakan salah satu element penting di pesta anak, helium juga digunakan untuk pengelasan, pendingin super untuk mesin MRI dan Large Hadron Collider, untuk diving dan kegunaan penting lainnya. Sekarang cadangan helium sudah hampir habis dan kemungkinan besar kita akan membayar harga yang amat mahal untuk membeli helium.


6Madu

sdahampirhabis6

Bumi adalah tempat tinggal untuk banyak spesies lebah, namun yang paling umum dan banyak dibudidayakan oleh manusia yaitu European Honeybee karena madunya yang lezat dan lilin yang dihasilkan.

Sekarang serangga kecil ini terancam oleh fenomena yang dikenal sebagai Colony Collapse Disorder. CCD telah menyapu bersih 36% sarang lebah di Amerika Serikat. Penyebabnya belum diketahui namun para ilmuwan percaya bahwa tungau, pola cuaca, radiasi elektromagnetik, pestisida, gizi buruk dan stress merupakan faktor utamanya. Sampai saat ini masih belum ditemukan solusinya.


5Madagaskar

sdahampirhabis5

Dikarenakan lokasinya yang terisolasi di Samudra Hindia, Madagaskar menjadi surga bagi keanekaragaman hayati – lebih dari 80% spesies hewan dan tumbuhan yang ditemukan disini tidak terdapat di tempat lain di bumi.

Sayangnya, kemungkinan keanekaragaman tersebut tidak berlangsung lama lagi. Hutan Madagaskar sedang dieksploitasi secara berlebihan sekarang ini, dari yang luasnya 120.000 mil persegi menjadi hanya di bawah 20.000 mil. Pohon-pohon ditebang untuk dijual sebagai kayu dan memberikan ruang bagi lahan pertanian.


4Kaviar

sdahampirhabis4

Kita semua tahu bahwa kaviar adalah makanan mewah, harga satu sendoknya saja bisa melebihi biaya makan kita seminggu. Kaviar dibuat dari telur sturgeon (baca: 10 Ikan Purba Yang Masih Hidup) yang hidup di Laut Hitam dan Kaspia.

Baru-baru ini sturgeon dikategorikan sebagai spesies yang terancam punah. Amerika mengimpor 80% dari seluruh kaviar yang ada di dunia dengan nilai mencapai $100 juta per tahunnya, namun pasar gelap menjual 10 kali lebih besar dari itu. Jika terus begini, maka sturgeon dan juga kaviar akan hilang dari bumi kita.


3Sarden

sdahampirhabis3

Ikan lain yang segera akan menghilang adalah sarden. Penyebabnya karena penangkapan besar-besaran dan juga pendinginan air di Pasifik Utara sejak tahun 1990an. Sarden suka tinggal di air hangat, dan perubahan temperatur yang drastis ini berakibat fatal untuk mereka.

Sekarang efeknya sudah mulai terasa, di tahun 2013 jala para nelayan di Kanada tidak berhasil mendapatkan apa-apa.


2Bunga Tanah

sdahampirhabis2

Beberapa orang berpikir bahwa kita akan segera kehabisan tanah. Sebenarnya yang dimaksud adalah bunga tanah, yakni lapisan tanah atas yang subur dan penuh nutrisi. Dibutuhkan sistem biologis yang kompleks untuk membuat tanah ini, namun sistem pertanian mengikis bunga tanah ini dengan amat pesat.

Beberapa memperkirakan bahwa masih ada bunga tanah yang tersisa sampai 60 tahun lagi. Jika ini berkurang, maka tingkat produksi pangan pun akan menurun juga.


1Pasir

sdahampirhabis1

Tampaknya di masa depan kita tidak dapat melihat lagi keceriaan anak-anak membuat istana pasir. Naiknya permukaan laut dan peningkatan aktivitas badai, belum lagi erosi besar-besaran yang disebabkan oleh pembangunan garis pantai manusia, membuat antara 70 sampai 90 persen dari pantai di dunia menghilang.

Fenomena ini tidak terlihat bagi kita yang tinggal di kota yang hanya mengunjungi pantai saat liburan, tapi orang-orang yang hidup dekat pantai bisa melihat truk-truk mengangkut pasir setiap musimnya untuk mengisi pantai. Dan jenis pasir ini lebih tipis dan gampang terbawa angin. Inilah sebabnya Dubai memulihkan pantainya setiap tahun dengan pasir dari Australia.

Bahkan di Afrika dan berbagai wilayah Asia, orang-orang tidak pergi ke pantai untuk berjemur melainkan untuk mengumpulkan pasir pantai yang tersisa, kadang sampai mempertaruhkan nyawanya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

2
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
desitanuwidjayahanddriati Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
handdriati
Guest

wah serem juga ya kalau 10 sumber daya tsb lama kelamaan berkurang dan habis…yang gak kebayang itu gimana kalau air dunia mulai menipis, padahal itu yang paling penting bagi kehidupan…Mudah2an kita semua bisa menjadi sumber daya alam tersebut ya…

desitanuwidjaya
Guest
desitanuwidjaya

Betul bgt mbak handdriati.. Yg bkin ngenes dan bkin kesel jg krna manusianyabyk yg seenaknya ya mbak..

error: Sorry