Film dan TV Game, Komik & Manga

10 Superhero Asli Indonesia Ini Tak Kalah Hebat dengan Superhero Hollywood

Banyak orang menggemari para tokoh pahlawan dengan kekuatan super dari Hollywood. Begitu pula di dalam negeri. Padahal, Indonesia juga memiliki beberapa sosok pahlawan super. Bahkan superhero asli Indonesia ini tak kalah hebat dengan superhero Hollywood. Para pahlawan super Tanah Air ini lahir dari tangan sejumlah komikus dalam negeri di masa jaya industri komik nasional sejak tahun 1970-an. Berikut ini 10 superhero asli Indonesia.


10Caroq

superheroindonesia10

Superhero ini diciptakan oleh Ahmad Thoriq pada tahun 1992. Caroq sangat ahli dalam bela diri dan sangat gesit, serta memiliki kekuatan magis. Senjatanya dua bilah celurit panjang yang punya kesaktian. Aslinya, dia merupakan supir taksi bernama Ongko yang mengalami peristiwa yang membuatnya berubah jadi pahlawan super, melawan musuh bebuyutannya, Si Tangan Empat dan Si Bengis. Tokoh ini mirip dengan superhero Hollywood, Daredevil.


9Merpati

superheroindonesia9

Sosok pahlawan super ini adalah kekasih superhero lainnya, Gundala dalam komik ‘Gundala Putra Petir’. Nama aslinya Sedhah, berprofesi sebagai wartawati. Merpati yang ahli bela diri mendapatkan kemampuan terbang dan mencari arah, setelah dirinya diselamatkan oleh sekelompok merpati dalam sebuah kecelakaan, dan Ratu Merpati memasukkannnya dalam ramuan ajaib. Pada akhirnya, superhero wanita ini pun kemudian menikah dengan Gundala.


8Sembrani

superheroindonesia8

Hasmi, salah seorang komikus Tanah Air yang menciptakan sejumlah superhero Indonesia, termasuk Gundala dan Merpati, juga melahirkan sosok Sembrani pada tahun 1974. Tokoh ini muncul pertama kali dalam komik serial ‘Gundala 1000 Pendekar’. Pria yang bernama asli Tangguh ini memiliki kekuatan menetralisir medan magnet, listrik, dan racun, serta terbang. Kemampuan itu berasal dari sebuah kalung yang didapatkannya di kawah beracun di Dieng.


7Saras 008

superheroindonesia7

Satu lagi superhero wanita dari Indonesia, yang sangat populer lewat layar kaca pada tahun 1990-an, yakni Saras 008. Wanita muda bernama asli Saraswati ini tampil dengan kostum hitam putih dan topeng seperti kucing, karena memiliki kekuatan super dan keahlian bela diri dari kucing kesayangannya yang sudah mati. Dengan kemampuan mengeluarkan sinar laser dari matanya, dia harus menghadapi musuh-musuh, seperti Mr Blek, serta Bil dan Bul.


6Panji Manusia Millenium

superheroindonesia6

Panji Manusia Millenium juga merupakan salah seorang superhero asli Indonesia yang ‘lahir’ di tahun 1990-an dan populer di televisi. Dalam sinetronnya, pahlawan super ini diperankan oleh aktor ganteng di masa itu, Primus Yustisio. Dia sendiri mendapatkan kekuatan super dari sebuah gelang yang dibuat oleh seorang profesor. Berkat kekuatannya tersebut, dia pun bisa berubah menjadi ‘Manusia Millenium’ untuk memberantas kejahatan oleh para musuh.


5Zantoro

superheroindonesia5

‘Siluman Belati’, begitulah julukan untuk superhero yang bernama Zantoro ini. Pasalnya, dia sangat ahli dalam memainkan berbagai jenis belati. Selain itu, dia juga memiliki kemampuan membuat beragam senjata tajam, yang turun dari sang ayah, sekaligus bisa menggunakan semua senjata tersebut. Berbekal kemampuan itulah dia memberantas kejahatan. Padahal, Zantoro sendiri berasal dari keluarga broken home, namun dia tak pernah jadi anak nakal.


4Pangeran Mlaar

superheroindonesia4

Tokoh ini juga diciptakan komikus Hasmi, bersamaan dengan kelahiran Gundala. Pangeran Mlaar merupakan putra mahkota kerajaan Planet Covox. Namun, ayahnya dibunuh dalam pemberontakan yang dilakukan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak. Untungnya, dia diselamatkan pamannya, seorang ilmuwan jenius. Berkat rekayasa genetika yang dilakukan pamannya, Pangeran Mlaar memiliki kekuatan elastisitas yang bisa membuat badan melar.


3Aquanus

superheroindonesia3

Komikus Indonesia lain, Wid NS turut menciptakan superhero Tanah Air. Salah seorangnya adalah Aquanus yang muncul pada tahun 1968. Nama aslinya Dhanus dari Planet Zhiba, yang terdampar di bumi bersama sebuah roket dan dibesarkan keluarga pemburu paus. Karena berasal dari bangsa yang bisa hidup di darat dan di air, dia bisa menyelam ke dasar lautan tanpa alat bantu. Selain itu, dia juga memiliki sabuk sinar pelangi yang jadi senjata andalan.


2Godam Manusia Besi

superheroindonesia2

Godam Manusia Besi juga diciptakan oleh Wid NS, setahun setelah ‘kelahiran’ Aquanus. Dia berasal dari negeri bernama Godam di dimensi lain, yang dikirim orang tuanya ke bumi saat masih bayi, demi menyelamatkannya dari ratu jahat yang menguasai negeri mereka. Jika melihat kekuatannya, superhero ini hampir sama seperti Superman. Dia memang memiliki kemampuan terbang dan kebal dari serangan senjata apa pun, dalam memberantas musuh.


1Gundala Putra Petir

superheroindonesia1

Inilah superhero asli Indonesia yang sangat populer. Sosok Gundala yang terinspirasi dari superhero Hollywood, The Flash ini muncul di edisi perdana komik ‘Gundala Putra Petir’ karya Hasmi tahun 1969. Awalnya, dia adalah seorang peneliti jenius bernama Sancaka, yang menemukan serum antipetir. Namun dalam sebuah kecelakaan, dia mendapatkan kekuatan super yang bisa mengeluarkan gledek dari telapak tangannya dan berlari secepat angin.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
  • Byou

    Jiplakan hollywood semua gak ada yang ori di indonesia!

error: Alert: Content is protected !!