Traveling Unik & Aneh

10 Taman Bermain Paling Inovatif Di Dunia. Dijamin Anda Ingin Pergi Ke Sana!

Bermain adalah hal yang menyenangkan. Bagi anak, bermain adalah sebuah kebutuhan. Bermain dapat melatih kecerdasan anak secara kognitif dan emosional. Namun sayangnya, terbatasnya ruang menjadikan anak-anak kurang dapat bereksplorasi. Tengok saja di ibukota. Banyak anak-anak disana yang kurang dapat bermain dengan bebasnya.

Anak-anak yang hanya diam dan bermain sendiri di rumah tidak asing dijumpai. Begitupula anak-anak yang terpaksa bermain – main di jalanan maupun gang depan rumah. Tentu hal ini akan membahayakan mereka. Di luar negeri, kebutuhan akan ruang publik sangat diperhatikan sekali. Anda tidak akan sulit menemukan taman kota dengan banyak anak-anak disana.

Tidak hanya untuk bermain semata, taman ini dapat digunakan untuk melepas lelah bagi mereka yang telah bekerja. Bahkan para lansia yang duduk-duduk di bangku taman untuk menikmati senja. Taman-taman bermain di bawah ini sangat menarik untuk didatangi.


10La Laguna de San Gabriel

tamanbermain10

Pentingnya ruang publik untuk anak ternyata sudah dipikirkan oleh sebagian kalangan sejak zaman dahulu. Pada tahun 1965, Benyamin Dominguez mendirikan La laguna de San Gabriel di California, sebuah ruang publik lengkap dengan arena bermain anak di dalamnya.
Di dalamnya terdapat perosotan dan sarana bermain outdoor yang lain. Bahkan dizaman sekarang, La Laguna de San Gabriel seperti taman bermain abadi yang tak lekang dimakan usia. Meskipun dibangun sejak lama, sarana permainannya masih dapat digunakan.


9The Fruit and Scent Park, Swedia

tamanbermain9

Perosotan, jungkat – jungkit, komidi putar, dan ayunan merupakan sarana permainan yang sangat disukai anak-anak. Sarana permainan yang didesain dengan sederhana saja sangat disukai. Apalagi jika mereka diajak ke tempat yang satu ini. Bagaimana ya reaksi anak jika suatu saat mereka melihat perosotan dengan bentuk pisang, komidi putar dengan bentuk stroberi, dan bermain petak umpet di belakang alpukat raksasa? Wah, pasti senang sekali rasanya. Selain bermain, anak-anak juga dapat belajar tentang aneka macam buah-buahan.


8St. Kilda Adventure Playground

tamanbermain8

St Kilda adalah arena bermain yang disukai oleh anak-anak di Australia. Salah satu arena bermain yang paling favorit adalah pirate ship (kapal bajak laut)nya. Tidak hanya itu saja, disana terdapat istana kayu yang besar, trampoline, flying foxs, dan masih banyak yang lainnya. Anak dapat bermain dengan bebas dan terdapat banyak alternatif pilihan permainan.


7The Giant Spider and Mushrooms

tamanbermain7

Ingin melihat laba-laba raksasa dan jaring-jaringnya? Atau berlindung di bawah teduhnya jamur raksasa? The Giant Spider and Mushrooms-lah jawabannya. Taman bermain ini terletak di Denmark. Di sekitar arena bermain perosotan yang sering digunakan anak-anak. Laba-laba raksasa ini juga dilengkapi lampu LED dibagian matanya. Sehingga, jika malam hari lampu LED ini pada laba-laba raksasa ini dapat bersinar.


6Taman Bermain Air di Tychy, Polandia

tamanbermain6

Kabar baik buat anak-anak yang gemar bermain air dan basah-basahan. Di Tychy Polandia, terdapat sebuah area bermain air dengan kolam berbentuk kacang. Lebih uniknya lagi, air mancurnya akan berubah menjadi warna-warni ketika malam hari. Anak-anak bisa bermain kecipak air di kolam tersebut sembari menikmati udara segar di bawah pepohonan.


5Roly Poly, Denmark

tamanbermain5

Anak-anak dapat bermain sekaligus berlatih keseimbangan di taman ini. Roly Poly menyediakan sarana permainan berupa deretan kayu yang saling tersambung satu sama lain. Batang-batang kayu tersebut disusun secara horizontal dan vertikal.

Anak-anak dapat ‘meniti’ di atas kayu-kayu tersebut. Selain itu, anak – anak dapat melompat-lompat atau mengayun – ayun di atas daun spiral seperti bermain trampolin. Sarana permainan yang dirancang membuat anak-anak serasa bermain di hutan.


4Harmony Park Musical Playground, Brazil

tamanbermain4

Taman bermain bertema musik ini sangatlah unik. Anak dapat bermain sekaligus belajar alat musik disana. Misalnya anak dapat memukul – mukul drum, batons, dan lain-lain. Untuk membuat alat musik tersebut berbunyi, anak-anak diharuskan mengeluarkan energi untuk memainkannya. Misalnya saja menepuk-nepuk. Selain itu, anak-anak juga dapat berlari-larian sembari bergaul dan bersosialisasi dengan teman sebaya.


3Nishi Rokugo, Taman Bermain dengan Robot Ban Raksasa

tamanbermain3

Jika pada umumnya sarana bermain terbuat dari besi atau logam, hal tersebut tidak akan ditemukan di taman ini. Seluruh sarana permainan di Nishi Rokugo, Jepang terbuat dari karet ban. Baik perosotan, ayunan, jembatan, dan sarana permainan lainnya.

Di taman ini juga terdapat dinosaurus yang disusun dari ban. Begitupula dengan robot raksasanya. Banyak anak-anak yang menyukainya, terutama bagi anak laki-laki. Tak tanggung-tanggung sebanyak kurang lebih 3000 ban terdapat di taman ini.


2Clemyjontri Playground, McLean

tamanbermain2

Taman bermain Clemyjontri, McLean adalah salah satu taman bermain dengan ‘paket komplit’. Taman bermain outdoor ini terbagi menjadi empat area yaitu The Rainbow room yaitu area yang mengajarkan anak tentang warna-warna pelangi, The Moving and Groovin Transportation untuk mengajarkan keseimbangan dan keselamatan berkendara.

Sedangkan The School House and Maze area yang mengajarkan anak mengenai letak geografis dan konsep waktu serta Fitness and Fun yang mengajarkan kepada anak tentang kekuatan fisik dan rasa percaya diri. Keempat area tersebut tidak dirancang dengan visi misi tertentu. Klasifikasi keempat area tersebut didesain sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.


1The Weevos and Evos Fitness Playground

tamanbermain1

Aktivitas fisik bagi anak sangat diperlukan. Mengingat anak-anak di zaman sekarang ini yang enggan atau malas untuk bergerak. Aktifitas fisik dan bermain di luar anak juga dapat membantu mengurangi adiksi anak terhadap video gim. Pada umumnya taman bermain anak terdiri atas perosotan, komidi putar, dan jungkat-jungkit. Namun tidak untuk taman bermain yang satu ini.

Taman bermain yang satu ini memiliki konsep ‘fitness’ pada sarana permainan mereka. Anak-anak yang bermain disana seakan – seakan sedang melakukan fitness, padahal tidak. Anak-anak digiring untuk gemar berolahraga.

Anak-anak yang bermain di taman ini juga seakan – akan menjadi ‘spiderman wanna be’ dalam kehidupan mereka sendiri. Anak-anak dapat bebas memanjat, berputar, dan berguling. Sarana permainan ini juga tidak didesain sembarangan dan memiliki tujuannya tersendiri. Seperti misalnya membentuk keseimbangan pada anak, kekuatan, dan ketangkasan. Permainan-permainan dalam taman ini juga memantik anak untuk berpikir.

Taman bermain yang sangat kreatif dan inovatif. Bagaimana ya jika salah satu konsep dari taman tersebut diimplementasikan di Indonesia?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry