Teknologi

10 Teknologi Baru yang Ada di Tahun 2015

Kemajuan teknologi menjadi salah satu bukti bahwa manusia selalu berusaha menjadikan kehidupannya lebih baik dari hari kemarin dan lebih baik di hari depan. Kemajuan itu seolah tidak pernah mati karena bahkan hampir setiap harinya ditemukan dan dibentuk berbagai macam kemajuan teknologi yang begitu unik dan sangat membantu manusia dalam mempermudah pekerjaan mereka sehari-hari.

Nah, sebelum beranjak lebih jauh pada tahun 2016 ini, tidak ada salahnya kita flashback terhadap kemajuan teknologi yang baru muncul di tahun 2015. Bisa jadi ulasan singkat dari sepuluh teknologi baru di tahun 2015 memberikan Anda inspirasi untuk berkarya dalam bidang teknologi yang semakin canggih dan unik. Berikut ulasannya.


10Microsoft Windows 10

teknologibaru201510

Setelah sukses dengan sistem operasi versi sebelumnya, Microsoft kembali berinovasi dan meluncurkan generasi terbaru dari Windows mereka yaitu Windows 10 yang resmi dirilis pada 21 Januari 2015 di Washington. Windows 10 ini akan dihadirkan sebagai layanan bagi pengguna yang akan menawarkan pengalaman penggunaan perangkat secara lebih aman, inovatif, dan tentunya sebagai generasi terbaru.

Beberapa keunggulan dari Windows 10 ini adalah akan membuat komputasi akan menjadi lebih personal, hadirnya Cortana sebagai asisten pribadi dalam PC maupun tablet, menyediakan browser baru Microsoft, disematkannya aplikasi Xbox baru, pengembangan pada Microsoft Officce, mendukung penyesuaian dengan perangkat yang digunakan pelanggan, dan masih banyak lagi teknologi yang ditawarkan oleh Windows 10.


9Apple Watch

teknologibaru20159

Siapa yang tidak tahu dengan produk besutan Apple karya Steve Jobs? Hampir semua orang mengetahui produk ini akan kecanggihan dan eksklusivitasnya. Salah satu terobosan yang dikeluarkan Apple kini adalah Apple Watch. Teknologi ini sebenarnya dirilis pada tahun 2014 namun baru tersedia mulai awal tahun 2015.

Jam tangan pintar ini memiliki beberapa fitur yang siap memukau Anda seperti fitur Digital Crown yang berfungsi untuk menjelajah interface menu, adanya fitur Siri yang disematkan sebagai asisten pribadi, layarnya merupakan layar retina fleksibel dengan pelindung safir, sensor dengan lapis lensa safir dan menggunakan sinar infra merah dan LED bahkan diode pendeteksi cahaya untuk mengukur detak jantung pemilik. Selain itu, teknologi ini memiliki charger induktif bundar yang memungkinkan isi ulang baterai dengan menggunakan koneksi magnet.


8iPad Plus

teknologibaru20158

Selain merilis ponsel cerdas mereka dalam varian Plus, Apple juga merilis iPad mereka dengan varian Plus atau Pro. Teknolog ini akhirnya resmi dirilis pada bulan September tahun 2015 dengan spesifikasi yang luar biasa. iPad Pro menjadi tablet iPad pertama dengan layar mencapai 12.9 inchi dan teknologi retina yang selalu menjadi ciri khas produk Apple.

Tablet iPad ini juga mengusung prosesor 64 bit Apple A9X dengan fabrikasi 16 nm. Ada juga motion processor M9 yang disematkan untuk mengoleksi dan mengolah data dari sensor yang dimiliki tablet canggih ini. Kamera yang dipasang memiliki ukuran 8 MP dengan lensa 5 elemen dan diafragma f/2.2 plus adanya lampu flash True Tone dan mampu merekam video dengan kualitas 4K. Baterainya bisa bertahhan 10 jam untuk menonton video atau browsing web. Dari segi audio pun iPad Pro dilengkapi dengan speaker pada keempat sudut yang menyeimbangan suara stereo.


7Serial iPhone 6

teknologibaru20157

Ini dia yang menjadi teknologi yang cukup dinanti oleh banyak orang, yaitu serial iPhone 6. Ponsel cerdas buatan Apple tidak pernah mengecewakan pelanggannya dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki sehingga Apple memiliki pelanggan setia yang begitu menginginkan variasi baru dari setiap produk Apple yang baru dirilis. iPhone 6 sendiri hadir dalam beberapa varian yaitu iPhone 6, iPhone 6S, dan iPhone 6+. Semuanya varian dari iPhone 6 ini sudah dikenal baik dalam hal spesifikasi, fitur, dan ketahanannya yang pastinya didesain untuk membantu pengguna dan mempermudah pengguna dalam mengerjakan pekerjaannya.


6MacBook Air 12 inci

teknologibaru20156

Tahun 2015, Apple kembali merilis produk baru mereka yaitu MacBook 12 inchi yang diketahui sebagai perangkat komputer mereka yang paling ringan, tipis, serta revolusioner. Perangkat ini sengaja dibuat dengan ukuran 12 inchi dengan resolusi layar Retina Display resolusi 2304×1440 di 226 ppi (pixels per inch). Produk ini juga menggunakan logam di seluruh permukaan hingga ke engsel perangkat. Adanya dua teknologi input terbaru menjadikan para pecinta produk Apple begitu excited dengan hadirnya produk satu ini yaitu tuts keyboard dengan teknologi butterfly mechanism.

Kedua adalah Force Touch trackpad yang memperbolehkan penggunakan mengatur 4 sensor di setiap sudut untuk menerjemahkan sentuhan mereka. Perangkat ini memiliki sebuah port USB C untuk mengisi daya maupun transfer data dan sebuah konektor headset yang ada di sisi kanan perangkat. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core M 1.1 GHz, VGA Intel HD Graphic 5300, RAM 8 GB dan 256 GB SSD. Wah keren ya!


5Steam Machine

teknologibaru20155

Steam Machine merupakan perangkat hybrid antara PC dan konsol yang diketahui dikembangkan oleh Valve. Memang Valve sendiri tidak mengembangkan sepenuhnya, melainkan hanya pada bagian desain sementara bagian lainnya dikerjakan oleh banyak produsen seperti Alienware, ASUS, Gygabyte, Zotac, dan masih banyak lagi. Steam Machine sendiri memiliki sistem operasi sendiri yaitu SteamOS. Perangkat ini dapat digunakan untuk bermain game PC dan streaming game yang dimainkan. Teknologi ini bahkan memiliki gamepadnya sendiri dengan nama Steam Controller. Steam Machine diketahui dirilis pad November 2015.


4Jawbone Up3

teknologibaru20154

Perangkat canggih satu ini merupakan sebuah gelang yang diklaim bisa membantu penggunanya menjalani pola hidup sehat. Jawbone UP3 sebenarnya sebuah pembaharuan dari versi sebelumnya. Gelang ini diklaim dapat memantau detak jantung pengguna secara konstan dan memberi tahu pengguna apabila ia membutuhkan istirahat tambahan. Kelebihan lain yang ada pada Jawbone UP3 ini adalah selain mengumpulkan data juga memberi tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh data tersebut. UP3 hadir untuk mengukur detak jantung pengguna melalui sensor yang diselubungi logam menonjol yang terletak di bagian bawah yang menempel pada kulit. Alat ini juga terhubung dengan Smart Coach yang merupakan sistem cerdas untuk menjaga perkembangan dan memberikan panduan sehingga membantu mencapai tujuan dengan lebih cepat.


3Fitbit Charge HR

teknologibaru20153

Perangkat satu ini merupakan inovasi perangkat yang dapat melakukan pengukuran kualitas tidur dan menyajikan informasi yang memberikan gambaran seperti jam berapa pengguna harus mulai tidur, berapa lama tertidur, berapa kali bangun, berapa kali bergerak, dan yang terpenting seberapa efisien tidur yang dilakukan penggunanya. Fungsinya sebagai alat pengukur kualitas tidur. Alat ini merupakan alat bantu pengukur kebugaran sepanjang hari, termasuk bila Anda melakukan kegiatan olah raga. Bentuknya sederhana yaitu seperti jam tangan. Fitbir Charge HR memberikan laporan jumlah langkah, berapa jaraknya, hingga memberikan laporan dari pengumpulan data asupan yang masuk dalam tubuh dan jumlah air yang kita konsumsi.


2Sony Project Morpheus

teknologibaru20152

Perangkat satu ini merupakan perangkat virtual reality yang khusus untuk sistem gaming PlayStation 4 dan PS Vita. Perangkat ini menyajikan sebuah layar OLED berukuran 5.7 inchi dengan resolusi 1920×1080-pixel pada refresh rate 120Hz. Perangkat memiliki level latency rendah yaitu kurang dari 18 milidetik dan dilengkapi 9 sensor LED yang melacak gerakan seluas 360 derajat sehingga memberikan sudut pandang 100 derajat. Pengguna bahkan bisa berinteraksi dengan dunia virtual dengan menggunakan sepasang controller Playstation Move pada kedua tangan. Waw!


1Nintendo New 3DS

teknologibaru20151

Generasi 90-an pasti akrab dengan istilah Nintendo. Tahun 2015, Nintendo mrilis varian terbaru dari produk mereka yaitu Nintendo New 3DS yang tidak hanya memiliki perubahan desain dan pergantian hardware support meliputi baterai dan layar serta perubahan dari segi processor serta hardware pendukung. Beberapa hal menarik yang ada di perangkat ini adalah ada dua ukuran yaitu biasa dan LL atau XL, support untuk membaca amiibo, tambahan analog stick pada bagian kanan, adanya region-lock, dan berbagai fitur tambahan lain yang ada di perangkat satu ini.


Demikianlah ulasan singkat mengenai 10 teknologi baru di tahun 2015. Bukankah begitu unik dan sangat canggih? Dengan adanya teknologi baru ini, kita semakin dipermudah dan dipercepat dalam mengerjakan pekerjaan kita yang awalnya semakin berat dan hal yang lebih unik lagi teknologi ini dirancang sebagai asisten pribadi sekaligus teman kita dalam bekerja. Wah, menyenangkan sekali ya.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of