Film dan TV Teknologi

10 Teknologi dalam Film ‘Back to the Future’ yang Kini Jadi Kenyataan

Pada tahun 1985 silam, sebuah film Hollywood berjudul ‘Back to the Future’ menampilkan berbagai teknologi canggih yang ketika itu dirasa tidak masuk akal. Namun, kini setelah 30 tahun silam, semua teknologi aneh itu ternyata telah terbukti. Setidaknya, ada 10 teknologi dalam film ‘Back to the Future’ itu yang kini sudah menjadi kenyataan. Berikut ulasannya.


10TV Layar Datar

Ada pula sebuah adegan di mana Marty sedang berbicara dalam video conference dengan Douglas J Needles dan supervisor Ito Fujitsu melalui TV layar datar berukuran besar. Di zaman sekarang, televisi seperti memang sudah ada. Bentuknya tentu sangat jauh berbeda dengan televisi zaman dahulu yang dilengkapi dengan layar cembung dan berbentuk kotak.


9Gambar 3D

Sang pemeran utama Marty terlihat sangat takjub saat dia menonton film ‘Jaws’ dalam tampilan 3D. Selain itu, dia juga sempat seperti akan ditelan oleh seekor hiu raksasa, yang ternyata hanya merupakan hologram 3D sebuah papan iklan di atas gedung. Sekarang ini, teknologi 3D pun sudah banyak dimanfaatkan dalam film-film laris di berbagai bioskop.


8Hands Free Gaming Consoles

Inilah salah satu adegan paling berkesan. Dua orang anak laki-laki tampak sangat kagum saat melihat Marty bermain sebuah game arcade. Sementara sekarang ini, beberapa video games sudah memanfaatkan teknologi ‘hands free gaming consoles’ ini, sehingga para pemainnya pun bisa menggunakan teknologi sensor tangan, suara, dan gestur untuk memainkan game.


7Pemindai Sidik Jari

Dalam film tersebut, pacar Marty yang merupakan istri masa depannya, Jennifer terlihat menggunakan sidik jari jempol untuk membuka pintu rumahnya di era 2015. Itulah teknologi pemindai sidik jari yang dulu disebut ‘Fingerprint Recognition’. Kini, teknologi tersebut benar-benar sudah tercipta, dan sangat banyak digunakan dalam perangkat smartphone.


6Pembayaran Online

Pada sebuah adegan, Terry meminta Marty mendonasikan dana sebesar 100 dolar AS untuk menyelamatkan menara jam bersejarah. Pembayaran itu tentu dilakukan melalui perangkat nirkabel. Ternyata, sekarang pembayaran online seperti itu sudah bisa dilakukan dengan mudah, baik melalui komputer, tablet, hingga smartphone yang terkoneksi dengan internet.


5Video Call

Marty dipecat melalui panggilan video atau video call dalam sebuah adegan di sekuel film ‘Back to the Future’. Kini, hal yang sama juga bisa dilakukan dengan mudah, bahkan melalui smartphone. Ada banyak aplikasi yang mendukung aktivitas video call tersebut. Tidak hanya itu saja, video conference yang melibatkan banyak orang juga sudah bisa dilakukan saat ini.


4Kacamata Pintar

Anak-anak Marty dan Jennifer tengah asyik menonton televisi sambil berbicara di telepon lewat sebuah kaca mata pintar, hingga mengabaikan orang tuanya yang makan malam, dalam salah satu adegan. Pada Mei 2014 lalu, akhirnya Google pun berhasil menciptakan perangkat kacamata pintar dengan nama ‘Google Glass’, dengan fungsi seperti smartphone.


3Pemindai Wajah

Perangkat binocular milik Doc Brown dalam film ini rupanya mampu memindai wajah orang dan mengetahui identitas pribadi orang tersebut. Hal tersebut didukung oleh teknologi bernama ‘Facial Recognition’. Sekarang, teknologi canggih itu pun sudah tersedia dalam beragam nama aplikasi yang bisa digunakan dengan gampang pada smartphone dan tablet.


2Hoverboards

Marty memainkan sebuah skateboard yang bisa melayang di udara bernama hoverboards pada sekuel film ‘Back to the Future’. Kini, perusahaan Arx Pax telah berhasil membuatnya terwujud. Dengan nama ‘Hendo’, papan luncur terbang itu dijual seharga sekitar 10 ribu dolar AS. Namun, kemampuan terbangnya memang masih baru hitungan milimeter saja.


1Drone

Sebuah drone tampak terbang dan bermain dengan seekor anjing peliharaan, dalam salah satu adegan di dalam film tersebut. Sang pemilik anjing yang mengendalikan drone tersebut. Kini, teknologi itu telah terwujud. Bahkan, drone sedang populer saat ini, karena banyak dibutuhkan untuk pengambilan foto dan video dari ketinggian dalam pembuatan film.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry