Traveling

10 Tempat Wisata Unik di Papua yang Wajib Dikunjungi!

Siapa yang tidak mengetahui kecantikan Papua? Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua yang ada di dunia. Predikat pulau terbesar pertama diraih oleh Tanah Hijau yang berada di Australia. Wilayah Pulau Papua terbagi menjadi dua provinsi, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pulau ini memang memiliki beragam objek alam yang menawan, sehingga sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja. Berikut ini merupakan beberapa tempat wisata unik di Papua yang wajib kalian masukkan ke dalam list liburan.


10Danau Uter

Mungkin selama ini kalian lebih populer mendengar nama Danau Toba atau Danau Tiga Warna saja. Padahal Papua memiliki danau yang tak kalah kerennya, yakni Danau Uter. Danau ini berada di Desa Sris, Aitinyo, Maybarat, Papua Barat. Perjalanan bisa ditempuh selama 1 jam dari Bandara Kambuaya dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Namun kalian harus siap berjalan kaki sejauh 100 meter untuk melintansi jalanan kecil yang tertata rapi.


9Pulau Roti

Kalau kalian sudah menginjakkan kaki di Papua Barat, rasanya nggak afdol kalau belum mampir ke Raja Ampat. Destinasi favorit sejuta umat ini memang sangat wajib kalian kunjungi. Dengan biaya sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, kalian bisa masuk ke Raja Ampat, setelah itu dapat berlayar menuju Waisai yang merupakan jantung dari Kabupaten Raja Ampat. Ada juga spot yang begitu nyaman untuk diving, salah satunya Pulau Roti. Pulau ini disebut sebagai Pulau Roti karena bentunya yang mirip dengan roti.


8Pulau Pasir Timbul

Masih berada di kawasan Raja Ampat, pulau yang satu ini bisa kalian kunjungi pada saat laut sedang surut saja. Unik kan? Pada saat air laut sedang surut, maka akan muncul hamparan pasir yang membentuk pulau kecil di tengah lautan Raja Ampat yang begitu luas. Jika ingin mengunjungi Pulau Pasir Timbul, kalian harus berlayar selama 30 menit dengan memakai perahu motor yang disewakan di daerah Wasai. Setelah tiba, kalian sudah bisa menikmati beningnya air laut disertai dengan pasir putih. Sudah bisa membayangkan keindahannya, kan?


7Pianemo

Dari sekian banyak gugusan karang yang ada di Raja Ampat, salah satu gugusan karang yang bisa kamu kunjungi ialah Pianemo. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan pulau karang dengan berbagai macam ukuran, lalu ditambah dengan air laut yang biru. Masyarakat sekitar menyebut Pianemo sebagai ‘Wagang Kecil’ karena mirip dengan Pulau Wayag yang begitu populer di seluruh dunia.


6Danau Idenberg

Bisa dibilang Danau Idenberg merupakan danau misterius yang ada di Pegunungan Jayawijaya, tepatnya berada di Cartenz Pyramide. Danau ini terbilang misterius karena penampakan air danaunya yang bisa dibilang tidak stabil. Kadang bisa menampung air yang melimpah ruah, namun terkadang tidak menampung air sama sekali alias kering. Untuk mencapai lokasi ini, kalian perlu kerja keras karena danau ini berada di ketinggian 4313 mdpl. So, kalian harus siap berjalan kaki kurang lebih selama 2 jam. Danau Idenberg juga dikelilingi dengan tebing-tebing vertikal bebatuan yang menawan, sehingga kalian bisa menikmati panorama berselimutkan salju. Keren kan?


5Pantai Anggopi

Selain di Papua Barat, kamu juga bisa ke Provinsi Papua untuk menemukan objek wisata indah lainnya. Wilayah ini sebenarnya menyimpan beragam objek wisata tersembunyi dengan pemandangan yang mempesona. Salah satu wisata alam yang bisa kamu kunjungi ialah Pantai Anggopi. Pantai yang masih asri ini berada di daerah Oridek Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Di pantai ini kalian bisa berenang, berkemah, dan melakukan beragam aktivitas olahraga air lainnya.


4Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Hampir 90% bagian dari taman yang memiliki luas 1.453.500 hektar ini digenangi air. Sehingga wajar saja apabila Taman Nasional Teluk Cendrawasih dipakai menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas yang ada di Indonesia. Ada sebanyak 209 jenis ikan dan 196 jenis moluska yang berada di bawah laut. Bahkan ada juga binatang-binatang lain seperti penyu, kura-kura, lumba-lumba, maupun hiu yang akan menemani kalian saat menyelam.


3Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan tempat tinggal beberapa suku asli seperti suku Yali, Lani, dan Dani yang berada di Pegunungan Jayawijaya. Saat malam hari, suhu di tempat ini bisa mencapai 10 hingga 15 derajat Celcius karena berada di ketinggian 1.600 meter di atas laut. Anda juga dapat berinteraksi secara langsung dengan suku asli di Lembah Baliem yang masih menggunakan pakaian adat milik mereka, seperti koteka atau rok rumbai.


2Tugu MacArthur

Selain objek wisata alam, Papua juga memiliki memiliki wisata bersejarah yang bisa dikunjungi, seperti Tugu MacArthur. Tugu ini dibuat sebagai tugu penghormatan bagi Jenderal Douglas MacArthur yang merupakan seorang jenderal besar di Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II. Tugy MacArthur berada di Ifar Gunung, Jayapura. Anda dapat masuk ke dalam museum, kemudian melihat foto-foto sekaligus sejarah perjalanan militer dari Jenderal MacArthur. Uniknya, tugu ini berada di ketinggian 325 meter di atas laut, sehingga kalian dapat melihat Danau Sentani dan Bandara Sentani sekaligus.


1Desa Wisata Sauwandarek

Selain di Lembah Baliem, kalian juga bisa berinteraksi dengan orang-orang suku asli yang tinggal di pegunungan, yakni di Desa Wisata Sauwandarek. Di desa ini Anda dapat bertemuy dengan orang-orang suku asli yang hidup di pesisir secara langsung. Selain itu, di daerah ini juga masih banyak rumah tradisional dari kayu dengan atap jerami. Selain masyarakat yang masih tradisional, pengunjung juga dapat menyelam dan trekking ke telaga unik bernama Telaga Yenauwyau. Telaga ini unik karena memiliki air yang asin, bukan air tawar seperti kebanyakan danau.


Bagaimana, keren-keren kan objek wisata yang ada di Papua? Beberapa wisata unik di Papua yang telah disebutkan di atas merupakan alternatif wisata ke Papua yang bisa kalian masukkan ke dalam list liburan. Untuk berlibur ke Papua memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun kepuasannya memang worth it dengan apa yang akan kalian dapatkan selama di sana. Setuju?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry