Teknologi

10 Toilet Masa Depan dengan Teknologi Canggih dan Mumpuni

Saat berada di tempat umum, Anda pasti berpikir dua kali untuk menggunakan toilet. Penyebab utama mengapa Anda malas untuk pergi ke toilet umum adalah faktor kebersihannya. Ditambah lagi kesadaran perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan toilet sangat rendah. Misalnya saja membuang sampah sembarangan dan tidak membersihkan kembali toilet setelah digunakan.

Perkembangan teknologi juga turut merambah dunia per-toilet-an. Tidak dipungkiri bahwa toilet sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan aktivitas MCK (mandi, cuci, kakus) setiap harinya. Sangat berbeda dengan toilet yang kita gunakan sekarang, toilet masa depan ini memiliki teknologi canggih yang mumpuni.


10Eco Toilet

Toilet masa depan karya Jang Woo-seok ini memiliki dua tangki air yang memiliki dua fungsi yang berbeda. Tangki air dibagian kiri adalah air yang akan didaur ulang. Sedangkan tangki disebelah kanan adalah tangki air bersih yang siap untuk digunakan kembali. Di bagian atas tangki terdapat wastafel tempat mencuci tangan.

Nantinya, air bekas cuci tangan akan masuk ke tangki sebelah kiri. Proses pengolahan air juga ditandai dengan lampu LED yang menyala. Jika lampu LED berwarna merah, itu artinya air yang akan didaur ulang belum penuh. Sehingga, kita dapat menekan tombol di atas toilet untuk menyiramnya. Jika lampu LED berwarna hijau, air tangki yang sudah bersih sudah bisa digunakan. Air bersih dapat digunakan baik untuk mencuci tangan di atas wastafel maupun menyiram toilet.


9Wellbeing Toilet

Kita pernah menemui setidaknya dua jenis toilet yaitu toilet jongkok dan duduk. Namun, posisi yang tepat saat melakukan ‘aktivitas’ di toilet sampai saat ini masih menjadi perdebatan dan diperlukan penelitian lebih lanjut. Wellbeing toilet memiliki desain yang sederhana.

Desain toilet terdiri dari dua bagian. Pengguna yang akan melakukan ‘aktivitas’nya duduk dibagian atas toilet yang berwarna hitam. Sementara itu, kaki terlipat dengan lutut menghadap ke atas. Posisi kaki tidak berada di lantai dasar kamar mandi. Namun berada disalah satu bagian toilet tersebut.

Menurut Smithsonianmag, toilet masa depan ini didesain oleh Sam Sheard, Pierre Papet, dan Victor Johansson. Ketiganya adalah mahasiswa dari University of Arts London. Harapannya, Wellbeing Toilet ini dapat mengurangi risiko terjadinya kanker usus dan ambeien.


8Kohler Numi Toilet

Kohler Numi Toilet adalah toilet masa depan canggih yang menggunakan remote layar sentuh dalam mengoperasikannya. Kohler Numi Toilet memberikan beragam fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Tempat duduk yang hangat, musik, hingga pembilas dan pengering otomatis. Toilet ini juga dapat membuka dan menutup sendiri jika dikendalikan dari remote. Dilansir The New York Times, toilet ini dibanderol dengan harga $6,400 atau setara dengan Rp 86 juta!


7Inax Regio

Inax Regio adalah salah satu toilet masa depan dengan desain yang simpel namun memiliki banyak fitur yang menarik. Inax Regio menyediakan ‘card reader” sehingga pengguna dapat memasukkan musik atau lagu yang diinginkan. Tidak hanya itu saja, bagian dalam toiletnya (toilet bowl) bisa menyala dalam kegelapan. Tentu akan menghemat energi, bukan?


6Toto Giovannoni Washlet

Toilet masa depan ini memiliki sistem ‘pembersihan’ yang baik. Saat pengguna melakukan buang air besar atau kecil, air akan otomatis tersiram didalamnya. Sehingga, bau tak sedap yang keluar dari toilet dapat diminimalkan. Teknologi pembersih yang digunakan juga membantu supaya porselen dalam toilet tetap awet dan terjaga.


5The Ultimate Clean Toilet

Toilet masa depan canggih ini adalah karya dari Young Sang Eun. Toilet ini memiliki dua sisi. Sisi yang pertama adalah untuk tempat pembuangan urine khusus laki-laki. Sedangkan sisi sebaliknya sebagai tempat pembuangan feses. Berdasarkan informasi dari Coroflot, jika pengguna ingin menggunakan kedua sisinya, pengguna bisa menekan tombol dibagian atas sehingga dapat berputar. Untuk strelisasi dan pembersihan, toilet ini menggunakan sistem sinar UV dan memanfaatkan energi panas.


4Nelson Ayala’s Motorcycle Toilet

Toilet yang satu ini memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan toilet pada umumnya. Toilet ini memiliki bentuk desain seperti sepeda motor. Cara menggunakannya pun berbeda. Pengguna memposisikan drinya layaknya naik sepeda motor. Siku tangan menjadi penopang. Toilet ini dirancang khusus bagi mereka yang enggan menempelkan bagian pantat pada dudukan toilet.


3Home Core Integrated Toilet

Toilet masa depan yang terintegrasi ini adalah karya dari Dang Jingwei. Dihimpun dari Yanko Design, toilet ini memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan seperti wastafel, toilet, dan laci untuk meletakkan sesuatu (misalnya handphone). Toilet masa depan karya Dang Jingwei ini juga hemat air. Bagian dalam toilet memiliki warna desain orange supaya tidak sulit untuk dibersihkan.


2Iota, Si Toilet Lipat

Gareth Humphreys dan Elliot Whiteley, mahasiswa University of Huddersfield membuat sebuah rancangan toilet masa depan yang sangat efisien. Menurut Design Boom, awalnya toilet ini adalah project akhir dalam perkuliahan. Toilet masa depan ini disebut dengan Iota. Iota hanya menggunakan 50% air dalam mengelola limbah yang dihasilkan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Iota adalah jenis toilet masa depan yang unik karena dapat terlipat dengan sendirinya. Sehingga, bau disekitar ruang toilet tidak tercium lagi. Iota cocok sekali bagi pengguna dengan luas kamar mandi yang sempit.


1Eagwag Toilet

Perkembangan teknologi toilet kini tidak hanya untuk toilet duduk saja, namun juga untuk toilet jongkok. Toilet Eagwag adalah toilet ‘pintar’ yang memisahkan proses pengolahan antara urine dan feses dengan teknologi yang mutakhir. Toilet canggih ini merupakan pengembangan dari toilet jongkok. Saat berjongkok, toilet ini secara otomatis akan terbuka dan siap untuk digunakan.

Setelah selesai digunakan, pengguna dapat memompa penyiram air dengan menggunakan kaki. Jika menginginkannya, pengguna dapat mengobservasi ‘progres’ dan ‘proses’ pengolahan feses dari kaca jendela bening.

Seperti dihimpun dari mentalfloss, limbah yang dihasilkan (urine dan feses) dipisahkan dan diolah secara mandiri. Air toilet yang digunakan untuk membilas juga bisa didaur ulang kembali. Saat pengguna selesai menggunakan toilet ini dan berdiri, penutup toilet akan tertutup dengan sendirinya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry