Dunia Medis

10 Tokoh di Bidang Medis yang Mengubah Dunia Kesehatan

Dunia medis atau kesehatan sekarang sudah berkembang cukup pesat. Banyak teknologi dan penemuan di dunia medis yang sekarang ini mengubah industri kesehatan dalam memerangi penyakit. Tentu saja perkembangan ini tidak bisa dilepaskan dari 10 tokoh penemu di bidang medis yang mengubah dunia kesehatan tersebut. Siapa saja mereka ? Berikut tokoh-tokoh tersebut.


10Hippocrates

Hippocrates dikenal sebagai Bapak Medis Dunia Barat. Hippocrates ini pula yang mengeluarkan statemen dan juga penelitian bahwa penyakit yang diderita oleh manusia bukan hanya disebabkan oleh Tuhan semata. Ada unsur perilaku dan juga kehidupan masyarakat yang menyebabkan mereka sakit.


9Edward Jenner

Jika Hippocrates disebut sebagai Bapak Medis Dunia Barat, maka Edward Jenner ini disebut sebagai Bapak dari ilmu Imunologi. Jenner merupakan penemu pertama vaksin small pox yang pada saat itu mewabah di dunia. Bahkan penyakit ini sempat merenggut korban dalam jumlah yang cukup banyak. Jenner hadir dengan vaksin yang mengubah dunia kesehatan dan menyelamatkan umat manusia.


8John Snow

Bukan kekasih dari Daenerys Targaryen di film seri Game of Thrones, John Snow merupakan dokter yang pertama kali menemukan ilmu anastesi dalam operasi dan juga kebersihan medis ketika melakukan tindakan medis serta obat-obat higienis. Hingga sampai saat ini konsep dan pemikiran dari John Snow masih digunakan di dunia kedokteran dan kesehatan.


7Florence Nightingale

Di tahun 1850-an atau ketika perang Crimea terjadi antara Rusia melawan Kerajaan Ottoman serta Inggris, Florence Nightingale hadir untuk membuka jalan bagi para wanita untuk menjadi suster atau perawat. Nightingale kala itu memutuskan untuk merawat korban perang Crimea dan dari sini dimulailah profesi perawat bagi para wanita.


6Louis Pasteur

Louis Pasteur merupakan penemu atau peneliti yang membuktikan bahwa ada mikro organisme yang ada di udara dan juga di sekitar manusia. Pada presentasi pertamanya, Pasteur mendapatkan penolakan atau idenya diragukan banyak pihak akan tetapi selang setahun kemudian, bir hingga wine mulai disterilisasi atau disebut sebagai pasteurized untuk menghasilkan rasa yang sempurna dari proses yang menggunakan mikro organisme tersebut.


5Joseph Lister

Terinspirasi dari Pasteur dan Snow, Lister mengemukakan ide dan pendapat bahwa ketika melakukan operasi, Lister mengharuskan para dokter hingga perawat dan asisten dokter harus membersihkan tangan dan juga melakukan sterilisasi sebelum melakukan operasi tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar pasien tidak terkena mikro organisme jahat yang ada di luar.


4Sigmund Freud

Pada tahun 1900-an, Sigmund Freud menjadi penemu dalam hal interpretasi mimpi. Freud mengemukakan bahwa mimpi yang dialami manusia bisa diinterpretasikan. Setahun kemudian ia dan Carl Jung mendirikan sebuah lembaga bernama Psychoanalyctical Association.


3Marie Curie

Wanita pertama yang meraih hadiah Nobel Prize yaitu Marie Curie menjadi penemu radiasi yang digunakan untuk melakukan kemoterapi bagi para penderita kanker dan juga tumor ganas lainnya. Marie Curie menemukan radium, polodium hingga radioaktif yang berguna untuk dunia kesehatan. Marie Curie meraih hadiah Nobel Prize ini pada tahun 1911 dan penemuannya menjadi salah satu penemuan yang mengubah wajah dunia kesehatan.


2Alexander Fleming

Antibiotik memiliki peran untuk membunuh bakteria dan mengembalikan sistem imun di dalam tubuh kita. Alexander Fleming merupakan inventor atau penemu yang menemukan obat antibiotik tersebut pada tanggal 28 September 1928. Fleming sendiri mengakui bahwa dirinya tidak berkeinginan menjadi penemu akan tetapi sebuah penelitian yang ia lakukan ternyata membawa dirinya menjadi penemu obat antibiotik pertama yang kemudian dikembangkan di dunia medis.


1Francis Crick & James Watson

Pada tahun 1953, terdapat 2 penemu yang juga mampu mengubah ilmu kedokteran. Mereka adalah Francis Crick dan James Watson. Crick dan Watson melakukan penelitian dan akhirnya mengetahui seperti apa struktur DNA yang ada di tubuh makhluk hidup termasuk manusia. Penemuan ini menjadi salah satu informasi paling penting di dunia kesehatan hingga saat ini.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry