Dunia & Peristiwa

10 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2016 Versi Forbes

Ada banyak pemimpin di dunia ini, tapi tak banyak yang bisa mempengaruhi semua orang. Majalah bisnis Amerika Serikat, Forbes mencatat hanya ada 74 tokoh yang bisa memberikan pengaruh pada orang di seluruh dunia. Bandingkan dengan jumlah lebih 7,4 miliar manusia di muka bumi ini. Namun, kiprah mereka mampu memberikan efek terhadap konstelasi dunia secara umum. Berikut 10 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2016 versi Forbes.


10Mark Zuckerberg

Pria kelahiran New York yang masih berusia 32 tahun ini dikenal sebagai pemilik sekaligus CEO Facebook. Mark Zuckerberg berhasil masuk ke daftar 10 besar, setelah tahun 2015 lalu hanya bertengger di posisi ke-19. Alumni Harvard University ini dianggap sebagai salah seorang tokoh yang berpengaruh di dunia, karena kesuksesannya bersama media sosial Facebook, yang hingga saat ini sudah digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia.


9Narendra Modi

Meski berasal dari negara berkembang, bukan berarti politisi India ini bisa dianggap enteng. Sebagai Perdana Menteri India saat ini sejak bulan Mei 2014 lalu, Narendra Modi banyak mendapat pujian. Pria yang kini sudah berusia 66 tahun ini dianggap mampu menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di negaranya. Tahun 2015 lalu, alumni Universitas Gujarat ini pun berada di posisi yang sama dalam daftar tokoh berpengaruh di dunia versi Forbes.


8Larry Page

Pendiri Google dan CEO Alphabet (perusahaan induk Google) ini kembali masuk dalam daftar ini, sama seperti tahun 2015. Bahkan, posisinya beranjak dari nomor buncit ke peringkat 8. Kesuksesan Larry Page bersama perusahaan raksasa Google memang sudah tidak diragukan lagi. Bayangkan saja, seperti apa kontribusi perusahaan yang dipimpinnya itu terhadap dunia hingga kini. Makanya, tidak heran jika alumni Stanford University ini dianggap berpengaruh.


7Bill Gates

Mungkin tidak ada pengguna komputer di muka bumi ini yang tak kenal dengan Bill Gates. Pendiri dan pemilik raksasa software komputer Microsoft ini sudah sangat begitu dikenal di seluruh dunia. Meski pun pria berusia 61 tahun ini tak pernah menyelesaikan pendidikannya di Harvard University, namun dia akhirnya berhasil membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi sangat sukses dengan sejumlah perusahaan yang telah didirikannya sejak tahun 1975 silam.


6Janet Yellen

Janet Yellen jadi wanita pertama yang dipercaya memimpin salah satu institusi ekonomi paling berpengaruh di dunia, yakni sebagai Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), sejak tahun 2014, setelah berkarir selama 20 tahun. Makanya, tidak heran jika alumni Yale University berusia 70 tahun ini menjadi salah seorang tokoh paling berpengaruh di dunia. Bahkan, posisinya kini naik dari peringkat 7 di tahun 2015, menggeser Bill Gates.


5Paus Fransiskus

Memiliki nama lengkap Jorge Mario Bergoglio, pria kelahiran Argentina berusia 80 tahun ini merupakan Paus ke-266 yang menjabat sejak tahun 2013 lalu. Paus Fransiskus menjadi Paus pertama dari benua Amerika, dan Paus non-Eropa pertama selama 1.272 tahun terakhir. Dia dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan konservatif, serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Paus Fransiskus pun menjadi satu-satunya tokoh nonpolitis di posisi lima besar.


4Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping tercatat berhasil membawa Negeri Tirai Bambu tersebut menjadi kampium politik dan ekonomi global. Selama di bawah kepemimpinan pria berusia 63 tahun ini sejak mulai menjabat tahun 2013 lalu, China sukses menjadi salah satu negara adi daya, yang disebut-sebut akan melebihi Amerika Serikat di masa depan. Selain sebagai Presiden China, saat ini dia juga masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok.


3Angela Merkel

Kanselir Jerman ini masih bertahan di posisi 3 besar sejak tahun 2015 lalu. Dia juga masih jadi tokoh wanita dengan posisi paling tinggi. Selama 11 tahun terakhir, sebagai perdana menteri, Angela Merkel memang dianggap sudah jadi pelindung bagi perekonomian Eropa. Dengan paradigma ‘moderat’ di tengah-tengah para tokoh beraliran politik keras, dia pun mampu menjaga stabilitas Eropa. Dia berencana akan maju lagi dalam pemilihan tahun ini.


2Donald Trump

Tak hanya menggantikan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ternyata juga menggeser posisi seniornya itu dalam daftar 10 tokoh paling berpengaruh di dunia tahun 2016 versi Forbes ini. Padahal, pada tahun 2015 lalu, dia hanya menempati peringkat 72. Pesaing Hillary Clinton dalam pemilu ini memang telah membuat heboh dunia dengan ucapannya selalu jadi isu global dan tindakannya yang mengundang kontroversi.


1Vladimir Putin

Ini kali keempat bagi Vladimir Putin untuk menempati posisi puncak daftar 10 tokoh paling berpengaruh di dunia versi Forbes. Presiden Rusia ini memang dianggap sebagai tokoh yang memiliki pengaruh paling besar dalam percaturan dunia. Setiap tindakan pria berusia 64 tahun ini dinilai mampu memberi dampak luas di berbagai bidang, terutama dalam dunia politik. “Pengaruh Putin ‘terasa’ di setiap sudut dunia,” tulis Forbes dalam keterangannya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry