Film dan TV

10 Tokoh Sangar dari Middle Earth yang Kurang Dikenal

Jujur saya adalah penggemar berat film trilogi Lord of The Rings, dan juga trilogi The Hobbit. Meskipun film ini sudah lama rilis, namun tidak ada salahnya saya mengajak Anda bernostalgia sejenak tentang dunia Middle Earth besutan Tolkien.

Jika mendengar kata Lord of The Rings, sudah pasti yang terbayang di benak kita adalah Sauron, Frodo, Gandalf dan tokoh lainnya yang selalu muncul di film. Maka dari itu, untuk artikel ini kita akan melihat 10 tokoh sangar dari Middle Earth yang kurang dikenal tapi layak mendapat perhatian kita.


10Glorfindel

tokohkerenlotr10

Masih ingat gak di film LOTR: Fellowship of the Ring saat Frodo ditusuk oleh Witch King? Arwen lalu datang dan menyelamatkannya dengan cara membawanya ke Rivendell untuk diobati. Sebenarnya apa yang harusnya Anda lihat adalah Glorfindel, bukan Arwen. Di novelnya, Glorfindel-lah yang membawa Frodo ke tempat aman. Bahkan seribu tahun sebelumnya, Glorfindel pernah mengalahkan Witch King dan tentaranya seorang diri di Angmar. Dia juga yang berkata bahwa tidak ada manusia biasa yang dapat membunuh Witch King.

Tak hanya sampai situ saja perannya, Glorfindel juga membunuh balrog sendirian, mati dan lalu hidup kembali. Sama seperti Gandalf ya?


9Juru Bicara Sauron

Tokoh ini hanya tampil di satu scene saja, bahkan nama-nya tidak disebutkan namun karakter dan penampilannya sangat garang dan keren. Dia adalah tokoh satu-satunya yang dapat berbicara langsung dengan Sauron dan dia bertindak sebagai ‘mulut’nya Sauron sendiri yang memberikan perintah ke semua tentaranya.

Dalam novelnya, dia secara terang-terangan mengejek Aragorn dan mendesak mereka untuk menyerah. Ketika mereka menolak, dia berkuda kembali ke belakang Black Gate dan mengirimkan tentara Mordor untuk membinasakan mereka.

8Melkor

tokohkerenlotr8

Sauron, karakter antagonis paling dikenal ternyata adalah murid dari Melkor yang kekuatannya jauh melebihi Sauron. Dan sementara Sauron tewas, Melkor dibuang ke dalam ruang hampa, tapi tidak bisa dibunuh. Nubuat berkata bahwa ia akan kembali suatu hari. Semua hal yang jahat di dunia Lord of the Rings berasal dari Melkor.


7Ungoliant

tokohkerenlotr7

Nama Ungoliant disebut di dalam film the Hobbit ketika Radagast melihat laba-laba dan berkata bahwa kemungkinan itu adalah keturunan dari Ungoliant. Makhluk ini adalah ibu dari Shelob (laba-laba yang menyerang Frodo). Dan jika Anda pikir ukuran Shelob sudah sangat besar, maka Ungoliant bisa dibilang berukuran raksasa.

Ungoliant bahkan dapat memperangkap Melkor di jaring laba-labanya sampai bala tentara balrog harus datang untuk membantu dan melepaskannya. Saya ulangi, diperlukan bala tentara balrog untuk mengusir Ungoliant.


6Beren

tokohkerenlotr6

Pada suatu hari, Beren jatuh cinta dengan putri bernama Luthien namun hubungan mereka ditentang oleh Thingol, ayah dari sang putri tersebut. Demi menggagalkan hubungan mereka, Thingol memberi Beren sebuah misi bunuh diri – dia berkata bahwa Beren dapat menikahi putrinya jika dia berhasil merampas sebuah Silmaril (perhiasan bercahaya) dari mahkota Melkor.

Di perjalanannya, Beren harus menghadapi banyak bahaya termasuk bertempur melawan Sauron. Pada akhirnya, Beren berhasil memotong salah satu dari Silmaril tersebut dari mahkota Melkor namun aksinya ketahuan ketika dia mencoba untuk memotong Silmaril lainnya lagi. Beren lalu kabur dan dikejar oleh serigala besar di bawah perintah Melkor. Serigala tersebut menggigit tangan Beren yang sedang memegang Silmaril sampai putus.

Ketika Beren kembali ke Thingol, dia menunjukan tempat dimana ia kehilangan tangannya lalu berkata bahwa misinya berhasil dan tangannya yang putus masih menggenggam Silmaril tersebut. Beren membantu para prajurit Raja memburu serigala itu dan akibatnya ia menjadi terluka parah dan fatal. Luthien sangat sedih ketika mendengar kabar ini dan lalu meninggal dalam kesedihannya.


5Beorn

tokohkerenlotr5

Beorn muncul di film the Hobbit yang kedua saat kelompok Hobbit pergi menuju ke Mirkwood. Beorn adalah seorang manusia yang mampu berubah wujud menjadi seekor beruang raksasa. Dia sempat terpaksa mengungsi dari rumah asalnya ketika tentara Orcs menyerang dan ia lalu hidup sebagai seorang pertapa.


4Tulkas

tokohkerenlotr4

Karakter ini tidak pernah membawa senjata karena tidak ada senjata apapun yang lebih kuat dari kepalan tangannya. Dia juga tidak pernah menunggang kuda karena tidak ada satupun yang mampu lari melampaui kecepatannya. Saat perang melawan Melkor, hanya karena kehadirannya di barisan depan membuat Melkor melarikan diri.


3Hurin

tokohkerenlotr3

Kisah akan Hurin hanya ada di novel the Silmarillion dan The Children of Hurin. Hurin bertempur melawan Melkor namun kalah dan terpaksa mundur sampai ke sebuah sungai. Disana dia dan prajuritnya bertarung hingga hanya Hurin yang masih tersisa. Dia tetap melawan sampai akhirnya pasukan orcs berhasil melemahkannya dan membawanya ke hadapan Melkor.

Melkor mengutuk dia dan anak-anaknya ketika Hurin menolak untuk memberi informasi. Dia lalu dipenjara di puncak gunung, dimana ia mendekam selama 28 tahun. Dan dalam kurun waktu tersebut dia harus menyaksikan penderitaan dan kemalangan yang dialami anak-anaknya tapi tetap dia menolak Melkor. Dia baru dibebaskan setelah semua anak-anaknya telah meninggal.


2Ancalagon

tokohkerenlotr2

Di film LOTR pertama, Gandalf menceritakan asal-usul cincin nomor satu itu ke Frodo, “Telah dikatakan bahwa api dari naga dapat melelehkan dan menghancurkan Rings of Power, tapi tidak ada satu pun naga yang tersisa di dunia ini yang apinya cukup panas; bahkan tidak pernah ada naga, termasuk Ancalagon the Black, yang bisa melukai cincin tersebut”.

Ancalagon adalah kakek moyang dari Smaug dan merupakan naga terbesar yang pernah ada. Ukurannya dikatakan seperti sebuah gunung, dan ketika ia jatuh ia dapat meratakan semua gunung berapi.


1Fingolfin

tokohkerenlotr1

Fingolfin adalah raja dari kaum Elf yang menantang Melkor untuk bertarung satu lawan satu. Melkor menerima tantangan ini, namun hasilnya ternyata tidak semulus seperti yang dia harapkan. Fingolfin mampu melukai wajah Melkor sebanyak tujuh kali. Namun Melkor akhirnya menang karena dia adalah seorang Valar (hampir seperti dewa) dan Fingolfin hanyalah seorang elf. Selain wajah, kaki Melkor juga terluka parah dan menyebabkan dia berjalan pincang seterusnya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

4
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Tentikwanda abdillahFauzhan Syabhil Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Fauzhan Syabhil
Guest
Fauzhan Syabhil

Wah, artikel yg bagus. Kebetulan saya baru beli novel The Silmarillion…

Tentik
Guest

Wah selamat membaca novelnya 😀

wanda abdillah
Guest
wanda abdillah

nice info,gan. kalo bisa sih postingan soal middle earth nya diperbanyak lagi. 🙂

Tentik
Guest

Baik gannn terima kasih masukannya 😀

error: Sorry