Budaya & Literatur Dunia & Peristiwa

10 Tradisi Tahun Baru dari Berbagai Negara Ini Unik dan Menarik

Tahun baru identik dengan pawai dan kembang api. Namun, diberbagai belahan bumi yang lainnya, tahun baru diperingati dan dirayakan dengan cara yang unik dan berbeda, lho. Bahkan, tradisi tahun baru sudah dilakukan sejak lama dan turun menurun. Negara-negara ini memiliki tradisi tahun baru yang tak biasa. Bagaimana dengan tradisi tahun baru di daerah Anda?


10Puerto Rico

tradisitahunbaru10

Penduduk Puerto Rico menyiapkan tradisi tahun baru sejak tanggal 31 Desember setiap tahunnya. Namun, sebelum penyambutan malam tahun baru, masyarakat setempat wajib melakukan tradisi bersih-bersih terlebih dahulu. Mereka membersihkan perabot rumah, halaman, mencuci mobil, bahkan menyapu jalan. Saat waktu pergantian tahun tiba, masyarakat setempat beramai-ramai mengisi pot dan wadah dengan air. Mereka kemudian menyiramkan air tersebut di depan pintu.


9Ekuador

tradisitahunbaru9

Masyarakat Ekuador memiliki tradisi membuat figur ‘orang-orangan’ yang kemudian dibakar setiap tahunnya. Figur ‘orang-orangan’ ini terdiri dari beragam profesi. Entah politikus, artis, maupun tokoh budaya. Figur ‘orang-orangan’ yang berbentuk patung ini terdiri dari sekumpulan kertas, kardus, jerami, kain bekas, tanah, dan daun. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol ‘pembersihan’ selama dua belas bulan yang telah terlewati.


8Spanyol

tradisitahunbaru8

Momen menjelang tahun baru adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi warga Spanyol. Entah anak-anak, pemuda, orang dewasa, bahkan lansia akan memenuhi pusat keramaian atau berkumpul bersama keluarga di ruang tamu. Masing-masing warga membawa sebanyak 12 buah anggur untuk dimakan.

Masing-masing buah anggur menggambarkan setiap bulan dalam satu tahun. Detik-detik sebelum tahun berganti, warga harus memakan kedua belas anggur tersebut. Lucunya, banyak sekali warga yang memakan 3-4 buah anggur sekaligus supaya seluruh buah anggur bisa termakan semuanya.


7Rusia

tradisitahunbaru7

Tahun baru berarti semangat baru dan harapan baru. Masyarakat Rusia mempunyai tradisi menyambut tahun baru yang unik. Mereka bersama-sama menuliskan harapan dan cita-cita diselembar kertas, membakarnya, dan memasukkannya ke dalam gelas sampagne. Uniknya, minuman sampagne yang berisi ‘harapan’ tersebut harus diminum sebelum pukul 00.01, lho.. Ckckck. Berani mencoba?


6Denmark

tradisitahunbaru6

Jika Anda melewati tahun baru di Denmark, Anda tidak akan asing mendengar suara pecahnya piring yang dilemparkan. Sebagian warga Denmark di daerah tertentu masih suka melakukan tradisi seperti ini. Mereka hanya melemparkan piring di depan pintu teman-teman dan tetangga. Semakin banyak piring pecah yang didapatkan, menandakan bahwa seseorang tersebut sangat dicintai dan memiliki banyak teman.


5Jepang

tradisitahunbaru5

Hampir seluruh negara di dunia ini memiliki tradisi ‘hitung mundur’ menjelang detik-detik pergantian tahun baru. Namun, sebagian daerah di Jepang memiliki tradisi unik yang disebut joya no kane. Tradisi joya no kane berarti membunyikan lonceng di kuil-kuil selama 108 kali menjelang detik-detik pergantian tahun baru.

Mengapa dibunyikan sebanyak 108 kali? 108 bermakna untuk memurnikan pikiran dan jiwa manusia untuk menjalani hari-hari di tahun berikutnya. Di Tokyo, Anda dapat mengunjungi Zojoji yang terletak disekitar menara Tokyo. Jika Anda berlibur kesana Anda tak perlu khawatir. Kereta dan transportasi umum tersedia 24 jam saat tahun baru tiba.


4Filipina

tradisitahunbaru4

Banyak tradisi-tradisi unik yang dilakukan oleh warga Filipina saat menyambut tahun baru. Anak-anak akan melompat setinggi-tingginya tepat pukul 12 malam. Selain itu, para warga akan membuat keributan seramai dan sekeras mungkin. Entah menyalakan, kembang api, petasan, maupun berteriak. Mereka percaya bahwa mengeluarkan suara sekeras-kerasnya dapat membuang aura negatif dan jahat.


3Belarusia

tradisitahunbaru3

Anak muda lajang di Belarusia memiliki tradisi menyambut tahun baru yang unik. Untuk mengetahui siapakah wanita yang akan pertama kali menikah di tahun baru, mereka menggunakan seekor ayam jantan untuk membantu. Di depan para wanita lajang akan disediakan setumpuk jagung. Setelah itu, mereka akan melepaskan seekor ayam jantan di tengah-tengah mereka. Barangsiapa jagungnya dimakan duluan, maka wanita tersebut akan menikah.


2Estonia

tradisitahunbaru2

Penduduk Estonia akan makan berkali-kali saat tahun baru. Mereka akan makan sebanyak 7-12 kali dalam sehari. Angka 7, 9, dan 12 adalah angka yang dianggap sakral di Estonia. Uniknya, semakin banyak mereka makan, semakin banyak pula rejeki yang akan mereka dapatkan. Setiap tradisi makan juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan dari seorang pria.


1Romania

tradisitahunbaru1

Tak mau kalah dengan manusia, sapi-sapi dan hewan ternak di Romania juga ikut bergembira menyambut tahun baru. Pasalnya, para peternak akan berkomunikasi dengan mereka dan lebih memperhatikan mereka. Jika hewan-hewan ini dianggap sukses bisa diajak ‘berkomunikasi’, maka ditahun yang akan datang para peternak akan mendapatkan keberuntungan. Atau ada juga yang namanya Bear Dance dimana peserta memakai kostum beruang dan menari-nari dari rumah ke rumah untuk mengusir aura jahat.


Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!