Budaya & Literatur Dunia & Peristiwa

10 Universitas Terbaik di Asia versi Time Higher Education World University Rankings

Pendidikan adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan bekal terbaik bagi putra-putri bangsa dalam mempersiapkan masa depan mereka, di samping bakat dan perjuangan individu masing-masing. Kalau kamu sedang mempersiapkan masa depanmu dengan memilih kampus terbaik, mungkin 10 universitas terbaik di Asia versi Time Higher Education ini bisa jadi pilihan.


10Korea Advanced Institute of Science and Technology

Korea masih sanggup memberikan kontribusi dalam daftar universitas terbaik Asia dengan memposisikan Korea Advanced Institute of Science and Technology sebagai penutup daftar kali ini. Universitas ini memiliki skala yang berada di antara Pohang University dan Seoul National University dari segi jumlah mahasiswanya yang tak lebih dari 10.000 orang. Meski begitu, ia berhasil menempati urutan 81 dalam daftar universitas terbaik dunia tahun 2016.


9Seoul National University

Universitas lain yang ada di Korea Selatan dan juga sebagai kampus terbaik Asia adalah Seoul National University. Kampus ini didirikan sebagai bentuk merger dari beberapa institusi pendidikan di ibu kota Korea Selatan. Ada sekitar 26.000 mahasiswa yang belajar di sini dan 10% di antaranya merupakan mahasiswa asing.


8Pohang University of Science and Technology

Selain Jepang, Korea Selatan juga tidak ingin kalah dalam berpartisipasi di daftar kampus-kampus terbaik di Asia. Pohang University of Science and Technology adalah salah satu kampus terbaik di Asia yang menyediakan berbagai pilihan program studi yang bisa kamu pilih sesuai minat dan passion. Meski hanya memiliki sekitar 3.000 mahasiswa saja, kampus ini berhasil menduduki peringkat 8 dalam daftar universitas terbaik di Asia.


7University of Tokyo

Jepang tak mau kalah berkontribusi dalam mendorong nama negara mereka sebagai salah satu negara terbaik. University of Tokyo telah berpartisipasi dalam mengangkat nama negara Sakura ini apalagi sejak kampus ini berhasil menduduki posisi 12 dalam daftar universitas terbaik di dunia tahun 2016.


6Hong Kong University of Science and Technology

Kampus satu ini juga terkenal sebagai kampus penelitian yang unggul serta telah mendapatkan reputrasi global dalam waktu yang relatif singkat yakni 25 tahun. Inilah kampus yang wajib jadi sasaranmu kalau kamu menginginkan universitas penelitian insentif terbaik. Semua dosen yang dipekerjakan di HKUST ini bahkan sudah bergelar Ph.D.


5Tsinghua University

China kembali menampakkan kebolehannya dalam dunia pendidikan dengan mendorong Tsinghua University mampu menduduki posisi 5 dalam daftar 10 Universitas Terbaik di Asia versi THE. Dalam skala dunia, kampus ini berhasil menduduki peringkat 18 sebagai universitas terbaik tahun 2016. Sayangnya, hanya sedikit sekali mahasiswa internasional yang ada di kampus ini jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhannya yang hampir menyentuh angka 42.000 jiwa, yakni hanya berkisar 10% saja.


4University of Hong Kong

Selain menduduki posisi 4 sebagai universitas terbaik di Asia, University of Hong Kong juga menduduki posisi 45 sebagai universitas terbaik dunia pada tahun 2016. Cukup banyak mahasiswa internasional yang datang untuk menempuh pendidikan di sini, di antaranya mereka yang berasal dari Australia, Estonia, India, Jepang, Korea, dan Singapura. HKU sendiri sudah terkenal akan reputasinya dalam mempertahankan kualitas pendidikan yang tinggi.


3Peking University

Universitas terbaik di Asia selanjutnya adalah Peking University yang berlokasi di China. Tercatata ada sekitar 42.000 siswa yang belajar di sini dan 15% di antaranya merupakan siswa internasional. Beberapa program studi yang ditawarkan adalah Bisnis dan Ekonomi, Art and Humanities, Ilmu Komputer, hingga Teknik dan Teknologi.


2Nanyang Technological University

Masih berlokasi di wilayah yang sama, Singapura memberikan satu lagi kampus terbaiknya yaitu Nanyang Technological University. Bukan hanya hebat dari segi akademis, kampus ini juga dikenal sebagai kampus yang eco-friendly dan sebagai rumah bagi lebih dari 30.000 siswa yang menempuh pendidikan S1 maupun di atasnya dari berbagai program studi.


1National University of Singapore

Meskipun wilayahnya relatif sempit, tapi Singapura membuktikan bahwa kualitas masyarakat dan pendidikan mereka tidak sesempit pulaunya. National University of Singapore ini jadi bukti bahwa Singapura cukup eksis dan memperhatikan kebutuhan pendidikannya. THE memberikan posisi pertama pada kampus yang menyediakan berbagai fakultas dan program studi ini. Saat ini, NUS menduduki peringkat ke 26 sebagai universitas terbaik di dunia tahun 2016.


Itu tadi alternatif kampus yang bisa menjadi tujuan belajarmu selain di Indonesia. Tak perlu lagi meragukan kualitas 10 universitas terbaik di Asia ini karena memang kampus-kampus ini sudah ditinjau berdasarkan kualifikasi tertentu oleh badan penilai yang kredibel. Jadi, mau kuliah di mana selepas lulus SMA?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of