Alam & Luar Angkasa

10 Usaha NASA untuk Mencari Kehidupan Luar Angkasa

Kehidupan dan keberadaan mahluk di luar Bumi hingga saat ini memang masih menjadi perdebatan, baik dikalangan masyarakat awam ataupun para peneliti. Sebagian orang ada yang meyakini bahwa di luar sana masih ada mahluk hidup lain selain manusia yang hidup dan berkembang biak selayaknya manusia Bumi. Tapi sebagian lainnya menganggap itu hanyalah cerita fiktif dan khayal yang hanya dikontruksi oleh media bahwasanya terdapat kehidupan lain, seperti UFO ataupun alien di luar sana.

Sejak dahulu hingga kini pun National Aeronautics and Space Administration (NASA) sudah melakukan beragam upaya untuk membuktikan keberadaan mahluk luar angkasa. Hanya saja NASA kerap kali mengklaim bahwa hasilnya masih nihil, walaupun sebagian media juga memberitakan bahwa NASA kerap kali menyembunyikan hasil penelitiannya tersebut agar tidak diketahui oleh masyarakat luas.

Sampai saat ini pun NASA terus-menerus melakukan projek besarnya untuk menemukan kehidupan luar angkasa. Dan beberapa diantaranya akan kami rangkum dalam artikel ini, selamat membaca.


10Meneliti Meteorit yang Ada di Bumi

Terdapat lebih dari 22.000 meteorit yang pernah ditemukan di bumi. Benda luar angkasa ini diketahui mempunyai komponen organik di dalamnya. Pada tahun 1996, sekelompok ilmuwan menemukan bukti kuat tentang mikrofosil yang terdapat pada meteorit Mars yang jatuh di wilayah Antartika. Dan mereka menduga bahwa sekitar 3,6 miliar tahun yang lalu pernah ada kehidupan di planet Mars tersebut.


9Rekaman Piringan Emas Voyager

NASA merilis kembali isi suara yang terdapat dalam rekaman Piringan Emas pada misi penerbangan Voyager 1 dan Voyager 2 pada tahun 1977 silam. Piringan emas Voyager ini berisikan gambar-gambar dan suara-suara terpilih yang memperlihatkan keanekaragaman makhluk hidup di bumi.

Rekaman ini dibuat dengan harapan kalau ada manusia atau alien di masa depan yang menemukannya, maka mereka bisa tahu asal-usul kehidupan di bumi.


8Mendirikan Wahana Antariksa

NASA memang benar-benar sudah gila. Pada tahun 2015, NASA berencana untuk segera dapat menerbangkan robot raksasa ke planet Mars yang mana nantinya robot tersebut akan dimanfaatkan untuk mendirikan wahana antariksa pertama yang ada diluar Bumi.

Walaupun masih menjadi rencana dan belum direalisasikan, NASA sendiri sudah mulai bergerak dan menetapkan bahwa sebelum tahun 2020 projek tersebut harus sudah berjalan.


7Teleskop Observatorium Arecibo

Untuk mendalami adanya kemungkinan sinyal-sinyal keberadaan mahluk luar angkasa, NASA juga bekerja sama dengan tim Observatorium Arecibo untuk mendeteksi berbagai kemungkinan yang ada. Menggunakan teleskop ultra tersebut para peneliti bisa mendeteksi keberadaan alien dengan cara mengirimkan pesan ke luar angkasa dan melihat apakah ada tanggapan atau balasan pesan.


6Projek Pesawat Kecil

Baru-baru ini NASA juga menjalin kerja sama dengan beberapa tokoh astrofisikawan kondang, yaitu Stephen Hawking. Selain itu, adapula Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook yang turut serta mendukung dan mendanai projek ini. Kali ini projek yang akan dilakukan adalah mengirim pesawat robotika mungil untuk mencari peradaban mahluk luar angkasa. Pesawat ini nantinya akan merekam seluruh keadaan dan menginformasikannya secara akurat.


5Kepler, Pesawat Luar Angkasa

NASA memang menjadi salah satu badan penelitian antariksa yang paling konsisten dalam urusan pembuktian mahluk luar angkasa. Pada tahun 2009 lalu NASA telah resmi meluncurkan satu pesawat antariksa yang diberi nama Kepler. Pesawat ini nantinya akan mendeteksi ragam pergerakan apa saja yang ada di luar angkasa.


4Breakthrough Listen Initiative

Projek besar dengan dana lebih dari USD 100 juta ini diharapkan oleh NASA bisa menunjukkan bahwa ada kehidupan di luar angkasa sana. Bekerjasama dengan beberapa peneliti, NASA telah menetapkan program yang akan dijalankan selama satu dekade untuk mencoba memancing interaksi alien dengan menggunakan sinyal penerima radio berteknologi tinggi. Dengan ini, akan ada kemungkinan bahwa sinyal tersebut mendapat feedback baik secara sengaja ataupun tidak.


3Roket SpaceX Falcon

Sebagian orang mengatakan bahwa peluncuran Roket SpaceX Falcon hanyalah sekedar ajang unjuk gigi yang dilakukan oleh NASA. Padahal sejatinya peluncuran roket tersebut juga dimaksudkan untuk mendapat sinyal dari mahluk luar angkasa. Hanya saja hasilnya memang nihil.


2Pesawat Exomars

Pada tahun 2016 lalu, pesawat Exomars telah berhasil diluncurkan dengan menggunakan bantuan dari roket Proton. Pesawat Exomars ini sengaja diluncurkan ke sekitar planet Mars untuk mengelilingi planet Mars secara intens dan mengukur gas atmosfer yang ada. Harapannya tentu sederhana, pesawat ini mampu merekam adanya pergerakan mahluk luar angkasa.


1Roket RS-25

NASA memiliki projek baru yang saat ini masih dikembangkan, ialah Roket RS-25. Projek ini nantinya akan diupayakan untuk rampung pada tahun 2030 dan pada tahun itu pula NASA yakin Roket RS-25 sanggup membawa manusia menuju planet Mars dengan sekali terbang. Tentu hal ini akan semakin membawa manusia dekat dengan berbagai kemungkinan tentang ada atau tidaknya alien di luar angkasa sana.


Artikel ini dikirim oleh misterifaktadanfenomena. Ingin mengirim guest post? Langsung hubungi kami melalui facebook kami.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of