Game, Komik & Manga

10 Video Game yang Paling Populer di Dunia

Permainan video atau video game sudah ada sejak akhir tahun 1940-an lalu. Seiring dengan perjalanan waktu, permainan ini pun terus berkembang, perangkat komputer, konsol video game, hingga saat ini video game di perangkat smartphone baik yang berbasis sistem operasi Android, iOS, dan Windows. Dari tahun ke tahun, berbagai jenis dan judul video game telah dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Berikut 10 video game yang paling populer di dunia.


10Need For Speed

gameterpopuler10

Video game yang diproduksi sejak tahun 1994 ini mulai populer di zaman Playstation 1 (PS 1) atau PSX, dengan penjualan mencapai 100 juta dolar AS di seluruh dunia. Video game Need For Speed produksi EA Sport ini bisa mengalahkan kompetitor sejenis, seperti Gran Turismo yang juga banyak dimainkan oleh gamer. Need For Speed sendiri memang punya keunggulan tersendiri dibanding yang lain, terutama pada grafis dan balapan yang jauh lebih menantang.


9FIFA

gameterpopuler9

Nama FIFA sempat tenggelam dalam bayang-bayang Winning Eleven (WE) dan Pro Evolution Soccer (PES) di sejumlah negara. Namun, video game sepak bola ini tetap mampu jadi yang terbaik di kelasnya, dengan penjualan total 100 juta dolar AS. Video game ini mulai laris dimainkan sejak dirilisnya PS 3 pada tahun 1994, meski produksinya setahun lebih dulu. Kelebihannya ada pada grafis yang lebih realistis dan suara komentator terasa sangat nyata.


8Call of Duty

gameterpopuler8

Serial video game yang satu ini pertama kali dirilis untuk komputer pada tahun 2003. Begitu diluncurkan, penjualannya langsung meledak dan juga telah menembus angka total 100 juta dolar AS. Video game bertema perang ini tampil dalam sudut pandang orang pertama (first person shooter). Keunggulannya dari video game sejenis adalah pergerakan adu tembak yang lebih halus, lancar, dan sangat realistis, sehingga benar-benar terasa di medan perang.


7Final Fantasy

gameterpopuler7

Inilah satu-satunya video game RPG dalam daftar 10 video game yang paling populer di dunia. Sejak pertama diluncurkan tahun 1987 silam, hingga kini sudah lebih 30 judul serial Final Fantasy yang dibuat produsennya di Jepang. Masa kejayaannya dimulai pada era konsol PSX lewat Final Fantasy 7 dan 8, dengan penjualan mencapai 102 juta dolar AS. Kelebihannya mulai dari grafis yang indah, desain karakter yang unik, hingga jalan ceritanya yang menarik.


6Tetris

gameterpopuler6

Meski hanya tampil sederhana, namun penjualan video game ini ternyata sudah menembus 125 juta dolar AS, mampu mengalahkan banyak video game dengan grafis memukau. Tetris memang sangat asyik dimainkan oleh siapa saja dan kapan saja, hanya dengan menyusun berbagai bentuk balok yang diberi secara acak. Untuk di Indonesia, video game ini muncul pertama kali dalam konsol handheld game watch, yang langsung jadi populer hingga kini.


5Grand Theft Auto

gameterpopuler5

Popularitas serial Grand Theft Auto (GTA) yang mulai produksi tahun 1997 ini naik melalui edisi GTA Vice City dan GTA San Andreas, terutama dalam 10 tahun terakhir. Lalu, disusul dengan GTA IV dan GTA V yang membuat penjualan serial video game open-world terbaik ini menembus angka 125 juta dolar AS. Bahkan, GTA IV menjadi satu dari sedikit video game yang berhasil mendapat nilai review sempurna 10/10 dari berbagai website video game.


4The Sims

gameterpopuler4

Berawal dari konsep permainan ‘rumah-rumahan’, The Sims mampu jadi salah satu video game populer dalam waktu singkat, dengan penjualan yang mencapai 150 juta dolar AS. Sejak dibuat tahun 2000, hingga kini sudah ada tiga seri The Sims dan puluhan expansion pack yang bisa dimainkan. Video game ini menawarkan permainan simulasi kehidupan sehari-hari, di mana pemainnya bisa mengendalikan manusia yang diciptakannya sendiri.


3Pokemon

gameterpopuler3

Cerita anime yang diubah menjadi video game ini menuai sukses yang luar biasa, meski pun sebagian besar hanya diproduksi eksklusif untuk konsol Game Boy. Setidaknya, penjualan serial Pokemon ini sudah menembus jumlah 219 juta dolar AS. Dalam video game ini, Anda bermain di dunia imajiner sebagai seorang trainer, yang bertugas mengumpulkan sebanyak mungkin Pokemon liar dan melatihnya jadi kuat untuk mengalahkan trainer-trainer lainnya.


2Wii

gameterpopuler2

Berbagai video game serial Wii berhasil meraup sukses di pasaran secara tak terduga dengan penjualan mencapai lebih 300 juta dolar AS, meski baru diproduksi tahun 2006. Serial video game ini menawarkan konsep berbeda dari yang lain, di mana pemain menggunakan remote control yang terhubung pada sebuah sensor gerak untuk memainkan game. Anda pun harus menggerakkan remote control sesuai gerakan yang diperlukan dalam permainan tersebut.


1Super Mario

gameterpopuler1

Bisa jadi tak ada gamer yang tidak mengenal video game yang paling populer di dunia ini. Buktinya, penjualan Super Mario sudah mencapai lebih dari 700 juta dolar AS di seluruh dunia. Video game yang menceritakan petualangan tukang pipa berkumis yang berusaha membebaskan seorang putri ini dirilis sejak tahun 1981, dan sudah populer sejak zaman Nintendo. Berbagai jenis video game-nya pun sudah dibuat, seperti balap mobil dan golf.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!