Tragedi

10 Wabah Keracunan Makanan Terburuk dalam Sejarah

Ketika kita berada di dalam sebuah restoran, tentunya kita berasumsi bahwa makanan yang disediakan sudah dimasak dengan baik, dan daging atau sayurannya juga telah disimpan dengan benar sebelum dimasak. Jika ada satu kesalahan kecil saja, maka banyak orang yang akan menanggung konsekuensinya.

Ada banyak sekali kasus keracunan makanan yang pernah terjadi, beberapa hanya membuat Anda mual dan sakit perut, namun beberapa lainnya bisa menjadi sangat mematikan.


102003: Hepatitis A

foto: www.cbsnews.com

foto: www.cbsnews.com

Wabah Hepatitis A yang paling cepat berkembang dalam sejarah Amerika terjadi di tahun 2003 dan disebabkan oleh daun bawang yang tercemar di restoran Chi-Chi di Monaca. Setidaknya ada 640 orang yang terinfeksi, dan 4 orang lainnya lagi meninggal. Wabah ini masuk berita nasional dan reputasi Chi-Chi tidak pernah pulih seperti di awal.


91993: E. Coli

foto: http://todayscreativelife.com/

foto: http://todayscreativelife.com/

732 orang terkena dampak wabah keracunan makanan paling terkenal dalam sejarah, yang hampir membuat Jack in the Box bangkrut di tahun 1993. Sebanyak 73 cabangnya yang berada di seluruh California, Idaho, Washington, dan Nevada menyajikan menu baru bernama “Monster Burger”. Benar-benar monster memang, karena dagingnya tidak dimasak dengan matang sehingga masih menyisakan bakteri berbahaya, mengakibatkan tewasnya 4 anak dan memberi kerusakan permanen pada 178 orang lainnya.


82002: Listeria

foto: www.huffingtonpost.com

foto: www.huffingtonpost.com

Penarikan makanan terbesar di Amerika sampai saat ini terjadi pada tahun 2002, ketika Pilgrim Pride harus menarik kembali sekitar 12.5 juta kilogram irisan ayam dan kalkun setelah menemukan adanya listeria dalam sebuah saluran di fasilitasnya. Sebanyak 46 orang jatuh sakit, 7 tewas, dan 3 wanita mengalami keguguran.


72008: Salmonella

foto: www.huffingtonpost.com

foto: www.huffingtonpost.com

Wabah ini terjadi pada bulan September 2008 hingga April 2009 dan telah merenggut nyawa setidaknya 9 orang. Perusahaan Peanut Corporation of America menyediakan produk kacang untuk lembaga seperti sekolah, penjara, dan panti jompo, dan setidaknya 714 orang jatuh sakit di 26 negara karena keracunan salmonella yang juga telah menewaskan 9 orang.

Akibatnya, semua penjualan selai kacang menurun sebesar 25 persen dengan kerugian sekitar $1 miliar. Peanut Corporation of America segera bangkrut setelah ini.


62006: E. Coli

foto: www.mnn.com

foto: www.mnn.com

Pada musim panas tahun 2006, lebih dari 230 orang Amerika terinfeksi bakteri E. Coli yang terdapat di sayuran bayam hanya dalam waktu sehari saja. Sayangnya, para investigator tidak berhasil untuk memberi penjelasan bagaimana pertanian yang bertanggung jawab bisa terkontaminasi oleh bakteri ini. Sebanyak 5 orang meninggal dan 103 lainnya masuk rumah sakit.


51998: Listeria

foto: www.salon.com

foto: www.salon.com

Salah satu divisi perusahaan Sara Lee Corporation yakni Bil Mar Foods menjual hot dogs dan irisan daging dingin yang ternyata telah terinfeksi oleh listeria pada tahun 1998. Hal ini mengakibatkan sedikitnya 100 kasus keracunan makanan, 6 keguguran, dan menewaskan 21 orang. Perusahaan tersebut mengaku bersalah dan didenda sebesar $4.4 juta.


42008: Listeria

foto: www.macleans.ca

foto: www.macleans.ca

Perusahaan Kanada Maple Leaf Foods bertanggung jawab atas salah satu tragedi keracunan makanan terburuk dalam sejarah, dan sekali lagi irisan daging menjadi dalangnya. Daging tersebut terkontaminasi oleh listeria saat sedang dikemas di fasilitas North York, Ontario. Dan hasilnya, ada 57 kasus listeriosis yang sudah dikonfirmasi, mengakibatkan 22 orang di antaranya meninggal. Perusahaan ini harus mengeluarkan $20 juta untuk menarik kembali produknya, ditambah dengan $27 juta untuk biaya ganti rugi.


32011: Listeria

keracunanmakanan3

Buah melon adalah pelaku dari wabah ketiga paling mematikan dalam sejarah. Sekitar 146 orang menjadi sakit dan 30 lainnya meninggal setelah makan melon dari Jensen Farms yang berbasis di Holly, Colorado. Pertanian ini menarik kembali seluruh 300.000 melonnya yang telah dikirim ke 25 provinsi dan didistribusikan ke toko-toko termasuk Wal-Mart, namun semuanya sudah terlambat.


22011: E. Coli

keracunanmakanan2

Tragedi ini baru-baru saja terjadi di tahun 2011, ketika tunas tauge dari pertanian organik di wilayah Lower Saxony, Eropa terinfeksi oleh bakteri E. Coli. Sebanyak 3.950 orang terkena dampaknya dan 53 orang meninggal.


11985: Listeria

keracunanmakanan1

Perusahaan Meksiko Jalisco bertanggung jawab atas wabah keracunan makanan terburuk yang menempati nomor satu daftar ini. Jalisco mengandalkan seorang teknisi yang tidak mempunyai izin/lisensi untuk mem-pasteurisasi susu mereka. Teknisi tersebut sepertinya mencampurkan susu yang sudah di-pasteurisasi dan yang belum, sebelum mengubahnya menjadi keju (Queso Fresco) dan mengirim produk tersebut ke Los Angeles dan Orange Counties.

Hasilnya, 142 orang terinfeksi oleh listeria, sebanyak 66% dari mereka adalah wanita hamil dan bayi. 52 orang tewas, termasuk 19 bayi yang baru dilahirkan dan 10 balita lainnya. Pemilik dari perusahaan dan juga pembuat kejunya dipenjara dan Jalisco sekarang sudah ditutup secara permanen.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry