Dunia & Peristiwa

10 Wanita Berpengaruh Ini Memegang Peranan Penting di Dunia!

Memang sudah bukan zamannya lagi wanita berada di bawah kekuasaan dan pengaruh pria. Berkat perjuangan RA Kartini, kini wanita bisa menikmati posisi yang sama dengan pria, mendapat pendidikan yang setara bahkan bisa lebih tinggi dari pria, diperbolehkan bekerja dan memiliki karir, serta berhak menentukan sendiri jalan hidupnya ingin seperti apa. Wanita tidak lagi harus bekerja secara terbatas pada berbagai hal yang sebelumnya dianggap tabu untuk dikerjakan wanita.

Dengan dukungan tersebut, kini tak jarang kita mengetahui peranan wanita sebagai pihak-pihak yang memegang peranan penting termasuk dalam posisi di pemerintahan. Wanita-wanita tangguh yang sanggup memperjuangkan dirinya hingga mendapat posisi setara bahkan lebih tinggi dari pria ini layak menjadi contoh bagi kaum perempuan bahwa kita sekarang memiliki hak yang sama, didukung dengan kampanye kesetaraan gender yang marak dilakukan di seluruh belahan dunia.

Lantas, siapa saja wanita-wanita yang dikenal memegang peranan penting dalam berbagai sektor dan dianggap paling berpengaruh di dunia ini? Mari kita lihat ulasan singkatnya berikut ini.


10Angela Merkel

wanitaberpengaruh10

Memiliki nama lengkap Dr. Angela Dorothea Merkel, adalah seorang Kanselir atau Kepala Pemerintahan di Jerman saat ini. Wanita berusia 61 tahun ini menjabat sebagai Ketua Partai Uni Demokratik Kristen dan juga memimpin koalisi di Parlemen Jerman bersama Uni Sosial Kristen dan Partai Demokrat Bebas. Ia dikenal terlibat dalam gerakan demokrasi setelah runtuhnya Tembok Berlin sejak usianya 35 tahun dan menjadi wakil juru bicara dari pemerintahan sementara yang baru.

Pribadinya dikenal sebagai wanita yang ramah, jujur, sangat bertanggung jawab, serta membiasakan diri untuk berpikir matang sebelum bertindak. Salah satu tindakannya yang cukup membuat lawan politiknya ‘angkat topi’ adalah langkah preventif untuk menyelamatkan zona euro yang berhasil melepaskan Jerman dari lilitan hutang.


9Hillary Clinton

wanitaberpengaruh9

Terlahir dengan nama asli Hillary Diane Rodham, adalah wanita berumur 68 tahun yang dikenal sebagai senator junior Amerika Serikat, khususnya di New York. Ia adalah istri dari Presiden Amerika Serikat ke-42, Bill Clinton. Hillary Clinton tercatat pernah mencalonkan diri dan bersaing dalam pemilihan umum untuk Senat Amerika Serikat tahun 2000 dan 2006 serta mencalonkan diri sebagai presiden tahun 2008. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ke-67 dengan masa jabatan 21 Januari 2009 hingga 1 Februari 2013 dan kemudian digantikan oleh John Kerry. Sebelum menjadi Senator, Hillary Clinton bekerja sebagai pengacara setelah lulus dari Yale Law School tahun 1973.


8Melinda Gates

wanitaberpengaruh8

Dikenal sebagai istri dari pendiri perangkat lunak Microsoft, Bill Gates. Melinda Gates merupakan pebisnis wanita asal Amerika dan juga seolah filantropis. Meski seorang wanita dan istri dari pria terkaya di dunia, Melinda pernah menjabat sebagai manajer unit di kantor Microsoft bukan karena semata-mata ‘pemberian’ suaminya namun Melinda memang merupakan seorang wanita terdidik yang mendapatkan gelar sarjana ilmu komputer dari Ursuline Academiny of Dallas serta pasca sarjana jurusan ekonomi di Fuqua School of Business


7Janet Yellen

wanitaberpengaruh7

Merupakan seorang ekonom asal Amerika Serikat yang terlahir dengan nama asli Janet Louise Yellen. Saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve System sejak tahun 2014. Meski seorang wanita, karirnya tidak bisa diremehkan karena Janet sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve System pada periode 2010 hingga 2014; Presiden dan CEO Federal Reserve Bank of San Francisco periode 2004 hingga 2010; Ketua Dewn Penasihat Ekonomi Presiden periode 1997 hingga 1999; dan Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve System periode 1994 hingga 1997.


6Mary Barra

wanitaberpengaruh6

Mary Teressa Barra adalah seorang CEO dari General Motors Company yang sudah menjabat sejak 15 Januari 2014 dan merupakan CEO wanita pertama di industri otomotif global yang cukup besar. Meski biasanya wanita identik dengan pendidikan ekonomi, berbeda halnya dengan Mary yang memilih mempelajari ilmu teknik elektro di General Motors Institute (kini berganti nama menjadi Kettering Univesity) dan memperoleh gelar Bachelor of Science.

Sebagai salah satu wanita yang dianggap cukup berpengaruh, Mary pernah termasuk dalam daftar wanita paling kuat versi Majalah Forbes untuk ketiga kalinya pada tahun 2014. Di tahun yang sama ia mendapatkan gelar kehormatan dari Universitas Michigan. Tahun 2015 ini ia dinobatkan sebagai Wanita Paling Kuat versi Majalah Fortune.


5Christine Lagarde

wanitaberpengaruh5

Lahir pada 1 Januari 1956 dengan nama asli Christine Madeleine Odette Lagarde, ia adalah seorang pengacara asal Perancis dan juga seorang politikus di Union for a Popular Movement yang menjabat sebagai Managing Director di International Monetary Fund atau IMF sejak 5 Juli 2011. Ia adalah perempuan pertama yang memegang jabatan penting di institusi sebesar dan sepenting IMF sejak organisasi tersebut berdiri 67 tahun silam.

Christine dikenal sebagai wanita dengan penampilan elegan khas Perancis dan menjadi simbol kompetensi dalam bidang ekonomi di kubu Liberal Perancis. Christine juga dikenal sebagai perempuan pionir yang juga dicatat sebagai perempuan pertama yang memimpin Firma Hukum Internasional Baker and McKenzie.


4Dilma Rousseff

wanitaberpengaruh4

Namanya dikenal sebagai wanita pertama yang berhasil terpilih menjadi Presiden Brasil sejak 1 Januari 2011. Wanita yang terlahir dengan nama asli Dilma Vana Rousseff ini jug dikenal sebagai seorang ekonomi dan politisi. Dilma dikenal sebagai wanita yang tergabung dalam gerilyawan sayap kiri. Ia pernah merasakan dinginnya jeruji besi pada tahun 1970 dan menghadapi siksaan selama tiga tahun dan dituduh telah melakukan tindakan subversif. Sebagai wanita kuat, ia tetap berhasil melewati masa-masa berat tersebut dan berjuang untuk hidupnya.


3Sheryl Sandberg

wanitaberpengaruh3

Dikenal sebagai perempuan yang menjalani profesinya sebagai penulis, aktivis, dan eksekutif teknologi asal Amerika dan kini menjabat sebagai Chief Operating Officer di Facebook. Sebelum tergabunga dalam perusahaan rintisan Mark Zuckerberg ini, Sheryl Kara Sandberg pernah menjabat sebagai Wakil Presiden pada Operasi dan Penjualan Online Global Google dan terlibat dalam peluncuran filantropik Google, Google.org. Sebelum bekerja di Google, Sheryl juga pernah bekerja sebagai Chief of Staff untuk United States Secretary of the Treasury Lawrence Summers.

Pada tahun 2012, namanya tercatata dalam daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia versi Majalah Time. Pada Juni 2015, ia dilaporkan telah memiliki kekayaan lebih dari US$1.000.000.000 yang berasal dari sahamnya di Facebook dan beberapa perusahaan lain.


2Susan Wojcicki

wanitaberpengaruh2

Wanita kelahiran 5 Juli 1968 ini adalah seorang Eksekutif Teknologi dan kini menjabat sebagai CEO Youtube. Sebelum menjabat sebagai CEO Youtube, Susan dikenal memiliki track record karir yang cukup penting di Youtube, yaitu sebagai Senior Vice President for Adsans Commerce. Dengan dedikasi dan integritasnya, Susan berhasil membawa dirinya ke tingkat posisi pekerjaan sebagai pimpinan tertinggi dari Youtube menggantikan Salar Kamangar. Proses mendapatkan posisinya saat ini tidak mudah dan bukan merupakan suatu hal yang instan. Dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, tak heran bila Susan kini mendapatkan kepercayaan untuk dapat mengelola Youtube dari posisinya yang merupakan posisi tertinggi di perusahaan.


1Michelle Obama

wanitaberpengaruh1

Dikenal sebagai istri dari Presiden Amerika Serikat saat ini, Barack Obama. Ia adalah wanita yang berasal dari etnis Afrika-Amerika dan mengawali karirnya sebagai pegawi di firma hukum Sidley Austin di bidang pemasaran dan properti intelektual. Michelle juga pernah tercatat sebagai asisten wali kota Chicago yang saat itu dijabat oleh Richard M. Daley. Semasa sekolah, ia pernah menjabat sebagai wakil presiden bagian hubungan eksternal dan komunitas rumah sakit Universitas Chicago serta lulus dari Fakultas Hukum setelah berhasil meraih gelar sarjana sosiologi yang didapatkannya dari Universitas Princeton.


Itulah tadi 10 daftar wanita berpengaruh di dunia. Segala pencapaiannya sekarang tidak lepas dari perjuangannya dalam menggapai mimpi entah itu lewat pendidikan, pekerjaan yang dimulai dari posisi bawah, hingga harus rela merasakannya dinginnya jeruji besi dan disiksa secara kejam. Tertarik untuk menjadi wanita paling berpengaruh di dunia?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry