Dunia & Peristiwa Olah Raga

5 Prestasi Timnas Indonesia di Kancah Sepakbola Internasional

Banyaknya tawuran suporter antar klub sepakbola di tanah air, kalahnya timnas Indonesia era Irfan Bachdim saat melawan Malaysia, dan terpecahnya PSSI pada tahun 2013 menjadi dua kubu pada saat itu, membuat masyarakat Indonesia kecewa. Karena olahraga sepakbola adalah olahraga yang hampir keseluruhan masyrakat Indonesia suka. Masyrakat Indonesia berfikir bahwa Indonesia minim akan prestasi di cabang olahraga sepakbola. Berikut ini adalah prestasi dari skuat merah putih yang kami rangkum dalam 5 daftar prestasi Timnas Indonesia di kancah sepakbola Internasional, yang akan merubah stigma buruk masyarakat akan dunia sepakbola di Indonesia.


5Piala Dunia FIFA tahun 1938 di Perancis

Pada Pagelaran Pesta Dunia 2018 kemarin, hanya diikuti oleh negara-negara besar di dunia. Dan dari benua Asia hanya Japan, dan Korea Selatan yang lolos masuk pagelaran pesta sepakbola terbesar di dunia ini. Banyak masyrakat Indonesia yang bermimpi bahwa di kemudian hari Timnas Indonesia turut andil dalam pagelaran pesta sepakbola dunia. Ternyata masyarakat di Indonesia belum mengetahui fakta-fakta bahwa Indonesia pernah ikut piala dunia. Benarkah? Tahun berapakah? Tepatnya pada tahun 1938, Indonesia menciptakan rekor loh. Indonesa menjadi peserta Asia pertama kali lolos ke Piala Dunia. Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Pada tahun 1938, tim sepakbola Indonesia masih menggunakan nama Dutch East Indies atau Hindia Belanda.


4Juara Merdeka Games tahun 1961

Pada 13 Agustus 1961, Indonesia berhasil menjadi juara di Merdeka Games dibawah pelatih Antun Tony Pogacnik membungkam tuan rumah Malaysia dengan skor 2-1. Tim sepakbola Indonesia tetap bermain tenang meski dibawah tekanan suporter negeri jiran tersebut. Skuat Garuda yang di pimpin oleh Tan Long Houw mampu memperagakan teknik dari sang pelatih dengan prinsip “keep the pinalty area clean” dengan sangat apik. Di babak pertama Indonesia mampu mencetak gol dengan serangan Dirhamsjah, dan dibalas 1-1 oleh Gani asal timnas negeri jiran tersebut. Di babak kedua, beberapa menit jelang laga usai, gawang dari Bakir, dijebol oleh Frans Jo pemain asal PSM Makassar. Ini adalah gelar pertama Indonesia di turnamen kelas Internasional, dan menjadi kemenangan sensasional karena mengalahkan musuh bebuyutan.


3Pesta Sukan tahun 1972

Pada ajang Pesta Sukan 1972 di Singapura, Indonesia mengirimkan dua tim yaitu tim A dan tim B yang memiliki kekuatan yang sama kuat dan diisi oleh pemaian-pemain terbaik Indonesia. Tanpa disangka-sangka ternyata kedua tim skuat Garuda lolos melaju ke babak final. Tim A berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Kamboja dengan skor telak 5-0, sedangkan tim B berhasil melaju ke final setelah mengalahkan Hongkong dengan skor 4-1. Pada laga final tim A Idonesia berhasil mengalahkan tim B Indonesia dengan skor 2-1. Pemain sepakbola era ini disebut-sebut merupakan era keemasan di Indonesia.


2SEA Games Manila tahun 1991

Pada final Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-3 mengalahkan Thailand dengan adu pinalti, setelah mengalahkan Singapura di semifinal.


1Piala AFF U-19 tahun 2003

Masyarakat Indonesia dibuat menangis dan terharu bahagia menyaksikan kiprah generasi sepakbola Indonesia usia-19 dikala menjuarai Piala AFF U-19 tahun 2013. Sebagai tuan rumah, Indonesia sukses menakhlukkan Vietnam dengan skor 7-6 lewat drama adu penalti di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada 22 September 2013.

Timnas Indonesia asuhan Indra Sjafri, memberikan surprise yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia pecinta sepakbola karena masyarakat sudah lama haus akan prestasi anak bangsa di kancah turnamen sepakbola internasional. Aksi apik Evan Dimas dan kawan-kawan dalam penguasaan bola dan dengan teknik operan pendek merapat disebut-sebut mirip dengan teknik klub elite Spanyol, pimpinan Lionel Messi yaitu FC Barcelona.

Pada tahun ini tahun pestanya olahraga di Indonesia, Indonesia diberi mandat oleh AFF untuk menjadi tuan rumah di beberapa ajang yaitu piala AFF U-16, U-19, futsal dan sepak bola pantai. Selain ajang AFF, Indonesia juga didaulat menjadi tuan rumah Piala AFC U-19 dan ajang perhelatan olahraga terbesar se-Asia yaitu Asian Games 2018.

Tentunya pemerintahan Pak Presiden Joko Widodo dan PSSI sudah menyiapkan Timnas Indonesia dengan pemain terbaik yang akan berjuang di seluruh ajang tersebut untuk mengharumkan nama Indonesia tercinta. Dan masih banyak lagi kejuaran yang dimenangkan oleh Indonesia. Diatas adalah beberapa prestasi yang kami rangkum, semoga informasi dari kami bermanfaat.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of