Dunia & Peristiwa Teknologi Traveling

Alamak, Inilah 10 Konsep Rumah Terapung Paling Keren, Unik, dan Gila di Dunia

Apa yang terlintas dibenak Anda pertama kali saat mendengar rumah terapung? Apakah rumah dengan alas menyerupai perahu? Rumah yang tiba-tiba bisa berpindah sendiri saat banjir? Atau rumah melayang yang mampu melawan gaya gravitasi bumi?

Di beberapa negara, rumah terapung menjadi salah satu inovasi dalam dunia arsitektur. Sebagian diantaranya masih berupa konsep, namun tak sedikit pula yang sudah direalisasikan. Inovasi rumah terapung ini pada umumnya dibangun di sekitar daerah perairan yang minim penduduk. Namun, ada pula yang dibangun untuk memaksimalkan potensi pariwisata. Berikut adalah konsep rumah terapung dengan desain yang memukau.


10Watervilla Kortenhoef

Watervilla Kortenhoef adalah rumah akuatik modern dengan desain rumah seperti pada umumnya. Namun menariknya, rumah ini mampu berdiri di atas permukaan air atau mengapung. Watervilla Kortenhoef adalah rumah modern akuatik rancangan Waterstudio NL dari Belanda. Watervilla Kortenhoef memiliki teras rooftop luas yang sempurna untuk menikmati indahnya matahari terbenam.


9Rumah Terapung British Columbia

Rumah terapung di tepian Danau Powell, Columbia ini memiliki desain yang masih tradisional. Rumah terapung ini memiliki struktur bangunan yang sederhana namun rumit. Meskipun tampak sederhana, rumah ini memiliki dermaga perahu, gudang, dan dikelilingi kebun sayur.


8Rumah Terapung Tepi Danau Karya Arsitek Jerman

Rumah terapung diatas adalah karya arsitek Jerman Steeltec37. Rumah ini terinspirasi dari siluet perahu layar dan eksotisnya keindahan perairan. Rumah ini memiliki sentuhan desain yang modern. Interiornya sangat memanjakan mata. Anda bisa menikmati sensasi pemandangan lautan secara nyata. Anda juga bisa sekedar rebahan di dalam langit sembari menikmati cahaya bintang-bintang yang bertaburan di angkasa saat malam hari tiba.


7Muskoka Boathouse

Garasi merupakan salah satu bagian dalam rumah untuk memarkirkan mobil dan sepeda motor. Namun, di Muskoka Boathouse, Anda bisa menemukan ruangan khusus untuk menempatkan perahu atau boat. Unik sekali, bukan? Muskoka Boathouse sebagian besar tersusun dari kayu. Rumah model boathouse ini terletak di tepi Danau Muskoka, Ontario, Kanada. Rumah yang mampu berdiri di tepian permukaan air ini adalah rancangan dari Christopher Simmonds.


6Rumah Terapung di Ontario

Tak hanya Muskoka Boathouse saja, Anda juga bisa menemui rumah terapung minimalis di Ontario, Kanada. Rumah terapung ini termasuk jenis rumah yang bertingkat. Didesain oleh MOS Architects yang kemudian selesai dibangun pada tahun 2005. Di lantai dua, rumah ini terhubung dengan jembatan menuju daratan.


5The Lake Union Floating Home

Arsitek Vandeventer + Carlander berhasil merancang sebuah rumah terapung ‘tepi danau’ dengan tampilan yang sangat modern. Rumah terapung tepian danau ini merupakan tipe rumah bertingkat. Di bagian bawah, terdapat ruang tamu yang keren dan ruang ‘ngobrol’ yang langsung menghadap danau. Tentu rumah ini cocok sekali bagi Anda yang menyukai alam dan keheningan.

Di bagian sisi yang menghadap ke danau, rumah ini dilengkapi dengan jendela-jendela kaca besar. Penghuni juga tak perlu repot-repot membangun kolam renang. Saat keluar di salah satu sisinya, Anda dapat turun langsung ke tepian danau untuk berenang.


4Rumah Terapung di Sungai Amstel

Rumah terapung dengan berbentuk menyerupai balok ini dapat Anda temukan di Sungai Amstel, Amsterdam, Belanda. Jika teras rumah pada umumnya menghadap ke halaman rumah dan jalanan, rumah terapung ini langsung menghadap ke perairan. Rumah terapung ini adalah hasil karya lebih dari 31 arsitektur. Seperti dilansir dari Style Motivation, rumah ini memiliki tinggi sepanjang tiga meter.


3Rumah Terapung Kaca dan Kayu

Rumah terapung ini terletak di tengah-tengah perairan, berbeda dengan rumah terapung sebelumnya yang ditambatkan di tepian daratan. Rumah ikonik ini dirancang oleh Dymitr Malcew. Sekilas bentuknya mirip bungalow, namun desain interior rumah ini memiliki dekorasi yang mewah dan berkelas layaknya hotel. Rumah terapung ini dibangun dengan bahan baku kayu dan kaca sehingga dapat mengapung. Rumah ini cocok sekali ditinggali oleh mereka penggemar sunrise dan sunset.


2Eksotisnya Rumah Terapung Kayu Modern Fennel House Design

Rumah dengan aksen kayu memang menciptakan kesan alami, sejuk, dan nyentrik. Robert Harvey Oshatz, seorang arsitek, berhasil merancang rumah kayu dengan sentuhan modern yang dapat mengapung. Membuat rumah terapung bukan perkara yang mudah. Namun, arsitek Robert Harvey telah mampu membuktikan eksistensinya.

Bentuknya pun unik dengan sentuhan – sentuhan lengkungan. Rumah ini memiliki sisi-sisi yang berupa kaca, sehingga penghuni dapat menikmati pemandangan sekitar dengan bebas. Penghuni juga dapat menikmati desiran aliran sungai. Desain interior ruangan pun tak kalah menarik. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang tamu yang asyik sekali digunakan untuk tempat berkumpul bersama. Tak kalah menariknya, kamar tidur dengan kasur yang empuk juga tersedia disini.


1Exbury Egg

Stephen Turner menciptakan “The Exbury Egg”, rumah terapung sekaligus studio yang sangat inovatif. Seperti dilansir dari Trendir, rumah terapung ini adalah project percobaannya untuk mengevaluasi kembali apakah definisi rumah itu. Sang perancang agaknya ingin bereksperimen untuk merasakan hidup yang minimalis.

Uniknya, rumah terapung ini berbentuk seperti telur. Tidak seperti rumah terapung lain yang memiliki bentuk atap namun beralas seperti perahu. Tidak berhenti sampai disitu saja, rumah telur ini diintegrasikan dengan mesin boat. Jadi, bisa berpindah-pindah tempat sesuka hati. Anda juga dapat menambatkan ditepian jika menginginkan pemandangan yang berbeda. Namun Turner, sang pembuat agaknya menginginkan rumah telur ini sebagai tempat tinggal dalam jangka waktu yang lama.


Wah, sepertinya asyik juga nih jika suatu saat nanti kita bisa memiliki atau sekedar menikmati deretan rumah terapung ini. Kira-kira berapa tahun lagi ya, Indonesia dapat mengadopsi konsep rancang bangunan yang sangat futuristik dan keren ini? Ayo arsitek-arsitek hebat Indonesia, jangan mau kalah, tunjukkan kreativitasmu!!

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry