Horror

10 Spot di Jakarta yang Terkenal Angker

Bagi kaum muda dan gaul, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tempat-tempat yang keren dan asik di Jakarta. Biasanya, cafe, restoran dan mall adalah salah satu dari sekian banyak tempat yang harus dikunjungi oleh warga Jakarta, walau hanya sekedar nongkrong dan hang out bersama kawan dan keluarga diakhir pekan. Tapi selain tempat yang keren dan asik, tenyata ada beberapa sisi lain di ibukota Indonesia itu. Bagi kalian yang belum tau, nih simak angkernya 10 tempat-tempat yang tersebar di Jakarta.


10Mall Klender, Jakarta Timur

Sepertinya tidak ada hal yang aneh atau pun janggal pada sebuah mall. Bangunan yang menjulang tinggi, terlihat sangat terang didalamnya dan banyak toko-toko yang bisa membuat kita semua ‘cuci mata’. Tapi Mall Klender yang terletak di Jakarta Timur tenyata sudah dua kali ganti nama dan memiliki mistis. Cerita mistis yang bermula pada Mei 1998 silam, terjadinya sebuah kerusuhan besar di Jakarta. Mall Klender (saat itu masih bernama YOGYA) bernasib sama seperti mall-mall dan tempat perbelanjaan yang menjadi incaran massa untuk penjarahan dan pembakaran besar-besaran. Sayangnya, kebaran besar yang terjadi di mall tersebut, membuat ratusan korban tidak selamat dan terpanggang hidup-hidup. Karena kejadian mengerikan tersebut, mulailah terdengar cerita hantu dari mulut ke mulut, banyak kejadian aneh yang terlihat didalam mall itu. Mulai dari teriakan misterius, penampakan dari makhluk astral, dan kejahilan makhluk gaib yang diluar akal manusia. Hingga akhirnya, cerita mistis ini diangkat kelayar kaca dengan judul yang sama, ‘Mall Klender’.


9Jembatan Ancol, Jakarta Utara

Jembatan Ancol yang terkenal dengan penampakan seorang wanita cantik hingga ada julukan ‘Si Manis Jembatan Ancol’. Cerita ini dimulai dada awal abad 19, saat itu zaman Hindia Belanda, di Batavia (yang sekarang menjadi Jakarta) seorang ibu yang sering disebut Mak Emper dan dua anaknya, Mpok dan Siti Ariah. Merka bertiga tinggal an hidup di sebuah rumah kecil ilik seorang juragan kaya raya. Saat itu, Ariah yang berusia 16 tahun sudah menampakkan wajha cantiknya dan sang juragan berniat untuk menikahinya. Karena Ariah yang tidak mau menikah, akhirnya ia pun kabur dari rumah. Saat di perjalanan, Ariah pun diganggu oleh preman-preman suruhan Oey seorang kaya raya yang memiliki villa di kawasan Bintang Mas(sekarang Ancol), Oey yang tertarik pada kecantikkan Ariah akhirnya nekat menyuruh beberapa preman untuk menangkapnya. Saat itu, Ariah dan preman-preman itu ada di sekitar bendungan Dempet dekat danau Sunter, yang memang terkenal angker saat itu. Ariah melakukan perlawan pada preman itu yang berakhir tragis, Ariah yang sudah tidak bernyawa akhirnya dibuang oleh para preman dibuang di area persawahan, sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Peritiwa itu terjadi pada 1817. Karena kejadian tersebut, dipercaya bahwa yang sering muncul di jembatan Ancol adalah arwah penasaran dari Ariah. Sekitar tahun 60-an, daerah itu masih berupa empang, seorang pendayung perahu pernah bertemu dengan Si Manis.

Perempuan itu naik perahu malam-malam dan membayar pendayung tersebut dengan daun. Menurut cerita Anshori(penjual rokok) yang mempunyai pengalaman bertemu dengan wanita berwajah manis itu, saat itu malam jumat sekitar pukul 1. Seorang waita berjalan sendirian melewati kiosnya, lalu berbalik arah dan menghampiri kiosnya dengan wajah tersnyum. Saat sang penjual bertanya, wanita itu langsung lenyap begitu saja. Pada 1995, seorang pelukis di Ancol didatangi seorang perempuan yang meminta dilukis. Ketika itu hari telah gelap dan gerimis mulai turun. Sesuai permintaan perempuan tersebut, sang pelukis mulai menyapukan kuasnya pada permukaan kanvas. Namun, saat sang pelukis baru menggambar setengah bagian tubuhnya, perempuan itu menghilang. Warga percaya bahwa perempuan itu adalah Si Manis Jembatan Ancol.


8Rumah Pondok Indah, Jakarta Selatan

RUmah Pondok Indah yang teerletak di Jl. Metro Pondok Indah adalah rumah yang cukup terkenal angkernya hingga saat ini. Setelah berpulahan tahun kosong, rumah yang semula mewah, kini hanyalah bangunan kosong yang tidak terurus. Menurut mitos yang beredar, kalau ada yang memasuki rumah itu maka orang itu kadang tidak akan pernah kembali lagi. Seperti kejadian yang sempat menghebohkan pada September 2002, tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah tersebut dan hanya menyisakan gerobaknya. Konon, penjual nasi goreng itu membuat yang dipesan oleh seorang wanita dari rumah tersebut, dan akhirnya penjual tersebut tidak pernah terlihat lagi. Sebelum rumah tersebut menjadi angker, ada sebuah keluarga dan beberapa pembantu yang menempati rumah tersebut, hingga pada suatu hari ada sekawanan perampok yang membobol rumah tersebut dan membantai seisi rumah.

Banyak kabar yang masih simpang siur hingga saat ini, banyak warga sekitar yang merasakan keaneh rumah tersebut tidak lama setelah kejadian itu. Ada juga cerita, beberapa supir taxi yang sempat ‘dikerjai’ saat melewati rumah itu. Ada juga yang melihat ada anak kecil yang sedang bermain basket dihalaman rumahcangker itu. Rumah itu sempat di renovasi dan disewakan, tapi tidak banyak yang betah untuk tinggal dirumah tersebut karena terus diganggu oleh penghuni sebelumnya. Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gulai dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai bapak-bapak hilir-mudik di halaman depan rumah ini. Rumah ini juga dijadikan sebuah film dengan judul “Rumah Berhantu”.


7Depo Kereta Api Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan

Stasiun Kereta Api Manggarai termasuk stasiun yang cukup besar dengan areal yang lebih luas dibandingkan dengan stasiun Jakarta lainnya.Areal luas yang terdapat di stasiun Manggarai dimanfaatkan untuk memarkirkan gerbong-gerbong dan lokomotif yang sudah rusak akibat kecelakaan. Bahkan ada beberapa gerbong bekas tragedi Bintaro, dan kabarnya ada krane kereta yang juga terparkir di stasiun Manggarai dan dulunya krane itu dipakai untuk mengangkat gerbong kecelakaan di Bintaro, lalu anjlok tanpa sebab.

Memang banyak gerbong-gerbong yang tak terawat dan areal yang yang ditumbuhi ilalang. Pantaslah, tempat ini menjadi tempat berkumim makhluk gaib. Ada anak-anak yang terlihat berlari-larian, makhluk hitam besar dan wanita yang memakai baju putih sering terlihat menampakkan dirinya diareal tersebut.


6RS St. Carolus Salemba, Jakarta Pusat

Dari dulu rumah sakit diidentikkan dengan cerita-cerita seram, lorong-lorong yang gelap dan sunyi pada malam hari membuat saiapa saja merinding. Apalagi ditambah dengan kamar mayat yang ada dirumah sakit, yang terkenal angker dan dihuni oleh banyak arwah-arwah penasaran, tidak berbeda dengan rumah duka yang ada di RS St. Carolus, Salemba. RS St. Carolus menjadi cukup terkenal karena rumah sakit inilah yang ditunjuk sebagai tempat bersemayamnya seorang terpidana mati, seorang warga negara asing dari Brasil, Rodrigo Gularte lantaran kasus narkoba yang sangat berat. Selain pemberitaan yang hangat tentang terpidana mati, ternyata RS St. Carolus memiliki cerita horor yang memang terkenal dikalangan pekerja rumah sakit disana.

Menurut seorang sumber, sering terjadi sebuah peti kosong yang tiba-tiba bergerak dan goyang-goyang sendiri, dan kejadian itu biasanya pertanda bahwa akan ada jenazah baru yang datang. Selain peti yang bergerak sendiri, cerita mistis lainnya adalah penampakan-penampakan makhluk yang tak kasat mata. Didalam rumah sakit pun sering terlihat seorang suster ‘bule’ dari zaman Belanda, ia sering mondar-mandir didalam rumah sakit. Selain itu, ada hantu wanita lainnya, sosok kuntilanak yang katanya sering berjaga di sekitara rumah sakit. Lalu, hantu di WC yang pernah mengganggu seorang pekerja. Menurut cefrita, pekerja yang sedang membersihkan kaca di WC rumah sakit, tiba-tiba seperti didorong hingga terjatuh dan pekerja itu pun sakit selama 3 hari. “Ada penampakan yang sering diceritakan itu, suster zaman Belanda, seperti bule. Itu di dalam rumah sakit,” ujar dia lagi.


5Menara Saidah, Jakarta Timur

Sejak tahun 2009, Menara Saidah yang dimilki oleh keluarga Saidah ini dikosongkan. Gedung yang memiliki arsitektur unik dengan 28 lantai ini memang terkenal angker. Banyak cerita-cerita seram tentang bangunan tersebut. Konon, hantu yang paling terkenal menghuni gedung ini adalah hantu perempuan berpakaian merah. Kabarnya hantu perempuan berpakaian merah ini adalah hantu paling galak dan mengenakan pakaian merah karena hantu tersebut ingin melakukan balas dendam terhadap apa yang terjadi semasa hidupnya. Kabarnya, wanita berbaju merah ini kerap terlihat di sekitar area parkir. Hingga seorang satpam yang sedang berjaga pun sempat menjadi korban si hantu wanita, yang meminta satpam itu naik ke lamtai 14 dan hilang begitu saja.


4Lintasan rel kereta Bintaro, Jakarta Selatan

Siapa yang tidak tahun tragdi maut yang terjadi di perlintasan rel kereta api Bintaro? Kecelakaan yang telah merenggut ribuan jiwa menyebabkan daerah perlintasan kereta di Bintaro terkenal angker sejak 19 Oktober 1987. Menurut cerita warga setempat, dulu beberapa pekan setelah kecelakaan, sering terdengar suara-suara teriakan dan tangis minta tolong. Dan pada malam-malam tertentu, kabarnya terlihat potongan kepala manusia (glundung pringis) menggelinding dengan sendirinya, juga potongan-potongan tubuh yang berjalan ngesot. Atau hantu perempuan yang mengenakan jubah putih dengan mata merah menyala. Suaranya bagai ringkikan kuda.Dan semenjak tragedi itu, banyak pula kecelakaan-kecelakaan lain yang terjadi di lokasi yang sama. Entah karena kelalaian manusia atau ajakan arwah-arwah yang sedang mencari teman.

Kejadian-kejadian lainnya yang tidak masuk akan bukan hanya sekedar isu, tapi menurut penuturan para warga sekitar dan orang-orang yang melewati rel itu. Wujud arwah yang gentayangan pun bermacam-macam, ada yang berwujud potongan kepala, anak kecil bahkan ada juga yang terlihat seperti rombongan orang-oran yang akan menyebrangi rel lalu menghilang tanpa jejak.

Jika semakin banyak korban kecelakaan yang tidak selamat, arwah gentayangan disekitar rel angker itu akan semakin bertambah jumlahnya. Ketakuan masyarakat jika mereka yang bergentayangan mengganggu konsentrasi para pengguna jalan dan menyebabkan kecelakaan baru, hingga seterusnya seperti itu. Untuk itu, sebgai wujud waspada ada baiknya kita berdoa sebagai perlindungan dari segala mara bahaya disekitar kita.


3Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Pusat

Di sepanjang Jalan Rasuna Said kabarnya memiliki sebuah cerita mistis, dipercaya cerita tersebut berawal dari kecelakaan yang sering terjadi dijalan tersebut. Banyak pengendari mobil dan motor yang melewati jalan tersebut seperti melihat seseorang yang tiba-tiba jalan menyebrang. Memang dulu banyak sekali orang-orang yang menyebrang tanpa menggunakan zebra cross atau pun jembatan penyebrangkan, karena fasilitas yang belum memadai. Namum sebelum semua fasilitas dijalan raya memadai, para penyebrang jalan harus menunggu lampu berwarna merah untuk nyala, tidak seperti sekarng yang sudah menggunakan tombol penyebrangan. Karena dulu masih menggunakan lampu merah otomatis, banyak pengamen dan pengemis yang memanfaatkan situasi itu.

Saat itu sekitar tahun 90-an, ada seorang wanita yang menyetir mobil melewati Jalan HR. Rasuna Said dimalam hari dan berhenti dilampu merha, tiba-tiba mucul seorang anak laki-laki disebelah kaca mobil untuk meminta-minta dan tidak ada mobil lainnya saat itu, wanita tersebut telah memberi isyarat ‘tidak’ dengan mengangkat tangannya. Namun anak itu hanya tersenyum melihat kearah dalam mobil dari luar kaca, hingga mobil itu jalan dan anak kecil yang meminta-minta tidak beranjak dari posisinya, sampai akhir wanita itu panik dan anak kecil itu terlihat tertawa lalu menghilang begitu saja.


2TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan

Apa yang kalian pikir kalau mendengar kata ‘pemakaman’? Hal-hal gaib, mistis dan menyeramkan pasti yang terlintas di pikiran kita. Semua pemakaman memang menyeramkan dan sangat horor, apalagi pemakaman yang luasnya 13 hektar dan telah digunakan sejak 1978 seperti TPU Jeruk Purut. Banyak kesaksian dan cerita-cerita horo yang terdengar tentang pemakaman ini. Di pemakan yang luas itu, ada beberapa tempat yang dianggap kramat. Pohon Benda adalah pohon yang konon kramat di TPU Jeruk Purut, letaknya yang adi di pojok dan tinggi besar seperti pohon beringin. Menurut penuturan penjaga makam, pohon tersebut ada penjaganya, yaitu ular besar yang kadang terlihat berkepala seperti manusia. Bahkan penjaga makam pernah melihat langsung sosok siluman ular besar turun dari pohon kramat itu. Saking kramatnya pohon tersebut, beberapa orang mencoba bertapa diatas pohon itu. Ki Joko Bodo adalah orang pertama yang berhasil bertapa diatas pohon tersebut selama 2 hari, lalu ada seorang pria yang penasaran degna pohon Benda dan mencoba bertapa, tapi ia hanya bisa bertahan kurang dari 1 hari. Konon, diatas pohon itu ada sebuah kris sakti yang tertancap, jika ada yang berhasil mengambil kris itu, orang tersebut bisa memperoleh kesaktian.

Tempat kramat selanjutnya adalah Sumur Dua, sumur dua memang berjumlah 2 yang dulunya diperhgunakan untuk menyiram makan-makan ditempat itu, tapi sekarang sumur tersebut tidak lagi digunakan dan menjadi tempat yang angker. Tempat kramat selanjutnya adalah pohon asem, pohon yang memang sudah ada sejak dulu ini, terkenal angker dan ‘penghuninya’ yang jahil, penuturan dari seorang penjaga makan, banyak kejadian tidak masuk akal disekitar pohon itu, mulai dari kecelakaan ringan sampai yang meninggal ditempat. Sang penjaga makam pun bercerita, bila ia melewati pohojn tersebut ada suara bisikan yang terdengar dikuping, “hei, mau kemana?”. TIdak hanya tempat kramat yang terkenal di TPU ini, ada juga hantu yang menjadi icon di TPU Jeruk Purut. Hantu pastus tanpa kepala hingga saat ini masih membuat rasa penasaran orang-orang, konon hantu pastur ini mencari kepalanya yang terpisah dari tubuhnya. Hantu pastur akan terlihat setiap malam-malam tertentu. Ada juga cerita bahwa hantu pastur ini sebenernya ‘salah pulang’, yang seharusnya keberadaannya di TPU Tanah Kusir bukan di TPU Jeruk Purut.


1Terowongan Casablanca, Jakarta Selatan

Terowongan atau jalan lintas bawah tanah yang ada di bawah jl. HR. Rasuna Said ini memang terkenal akan keangkerannya. Sebelum terowongan ini dibangun oleh pemerintah, dulunya adalah kuburan massal yang katanya memang terkenal angker, yaitu pemakaman umum pulo. Keangkeran terowongan Casablanca diperkuat saat ada berita, jika soerang pemuda paruh baya yang nekat menggantu diri hingga tewas dengan menggunakan spanduk, saat ditemukan tubuh tergantungnya sudah tidak bernyawa. Sosok yang sering terlihat di terowongan ini adalah arwah gentayangan yang sering berjalan di trotoar. Menurut tukang ojek sekitar, sosok tersebut sering menampakkan dirinya pada malam hari hingga menjelang subuh. Lalu, ada juga penampakan seorang wanita cantik yang memakai baju merah, biasanya makhluk astral ini suka mengganggu konsentrasi para mengemudi kendaraan agar terjadi sebuah kecelakaan.

Penuturan dari tukang ojek setempat, ada sebuah cerita dimana seorang wanita meminta untuk diantar ke perumah dibelakang pemakaman tapi ternyata, wanita misterius itu meminta sang tukang ojek untuk menurunkannya di sebuah pohon yang ada di tengah pemakan, lalu wanita misterius yang ternyata adalah kuntilanak membayar dengan beberapa lembar daun, lalu terbang menghilang. Dulu sekali, pemakaman yang berlokasi di terowongan Cassablanca dipindahlan secara masal, ada ratusan mayat yang masih utuh dan hanya tulang benulang pada saat dipindahkan, dan pemindahan massal saat itu adalah yang terbesar yang pernah terjadi di Indonesia. Mungkin itulah yang membuat terowongan Casablanca menjadi horor, dan jika kalian berniat melewati terowongan tersebut ada baiknya kalian memberi salam dengan membunyikan klakson selama 3x agar tidak diganggu oleh mereka yang tidak terlihat.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!