Bisnis, Fashion & Hobby Dunia & Peristiwa

Apple Kalah, Ini 10 Perusahaan Terbesar di Dunia

Membangun mimpi dan meniti karir merupakan pilihan setiap orang. Beberapa memilih untuk memiliki karir sedangkan lainnya berusaha untuk membuat tempat dimana orang bisa berkarir pada usahanya. Semuanya sama-sama baik. Semuanya sama-sama mencerminkan keinginan untuk hidup lebih baik.

Salah satu indikator kesuksesan yang kerap dipakai oleh masyarakat awam adalah tempat seseorang bekerja atau tempat usaha bagi pemiliknya. Semakin besar usaha yang dimiliki seseorang atau semakin tinggi jabatan seseorang pada sebuah perusahaan besar artinya orang tersebut telah mencapai kesuksesan. Hal ini diukur dari balas jasa yang didapat dan terefleksikan dari gaya hidup, cara berpakaian, cara berbicara, dan lain-lain.

Berbicara mengenai perusahaan besar, sebenarnya tidak ada ukuran pasti sebuah perusahaan bisa dikatakan besar. Bangunan yang tinggi dan mewah tak selalu menjadi indikator bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang besar dan sukses. Berikut ini merupakan 10 perusahaan terbesar di dunia versi Forbes yang akan memukaumu dengan kinerja dan kelebihannya masing-masing.


10Industrial and Commercial Bank of China, China

ICBC merupakan sebuah perusahaan yang berbasis di China. Bank ini adalah bank komersial terbesar di China selain Bank of China, Agricultural Bank of China, dan China Construction Bank. Aset ICBC sendiri dinilai mencapai RMN 11 triliun atau setara dengan US$1.6 triliun. Setidaknya, ICBC telah memiliki 18.000 outlet yang termasuk juga 106 kantor cabang serta agen dalam dan luar negeri.


9China Construction Bank, China

Merupakan salah satu bank komersial terbesar di China. Didirikan pada 1 Oktober 1954 dengan nama People’s Construction Bank of China dan berubah nama menjadi China Construction Bank pada 26 Maret 1996. Bank ini dikenal dengan kapitalisasi pasar. Setidaknya, China Construction Bank memiliki 13.629 cabang domestik serta masih ada cabang di luar negeri seperti di Frankfurt, Hong Kong, New York, Seoul, Singapura, hingga Tokyo dan Sydney. Aset yang dimiliki China Construction Bank mencapai RMB 8.7 triliun pada tahun 2009.


8Agricultural Bank of China, China

Dikenal juga dengan sebutan AgBank. AgBank sendiri didirikan tahun 1951 dengan kantor pusat berada di Beijing. Bank ini bahkan memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Cina daratan serta merambah ke Hong Kong dan Singapura. Agricultural Bank of China atau ABC tercatat memiliki 320 juta pelanggan ritel, 2,7 juta klien korporasi, hingga kantor cabang yang jumlahnya mencapai 24.000. ABC dikenal sebagai bank pemberi pinjaman terbesar ketiga di Tiongkok.


7Bank of China, China

Inilah anggota terakhir bank komersial empat besar di China. Bank yang didirikan tahun 1912 oleh Pemerintah Republik Tiongkok ini menggantikan Bank Pemerintah Imperial Cina, bank tertua di Tiongkok. Bank ini mengeluarkan uang kertas atas nama pemerintah Cina bersama dengan 3 bank lainnya yang termasuk dalam empat besar bank terbesar di China. Bank of China merupakan bank yang paling internasional di antara bank-bank yang ada di China dengan cabangnya yang hampir selalu ada di setiap benua yang dihuni. Di luar Cina daratan, BOC memiliki cabang di Australia, Kanada, Inggris, Italia, Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Panama, Singapura, Korea Selatan, Indonesia, Thailand, Kazakhstan, Zambia, hingga Afrika Selatan dan masih banyak lagi cabang di negara lainnya.


6Berkshire Hathaway, United States

Merupakan perusahaan konglomerasi yang pusatnya ada di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Inti bisnis perusahaan adalah asuransi termasuk asuransi properti dan asuransi jiwa. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan asuransi yang berani memberikan tingkat pengembalian tahunan yang cukup fenomenal yaitu 25%+ kepada pemilik saham selama 25 tahun terakhir. Perusahaan ini dikendalikan oleh Warren Buffet yang dikenal sebagai salah satu investor terkenal dan terkaya kedua di Amerika Serikat menurut Forbes. Berkshire saat ini melebarkan sayapnya di bisnis lain seperti penjualan retail permen, penerbitan koran, ritel peralatan rumah tangga, penjualan ensiklopedia, vacuum cleaner, perhiasan, dan lain-lain. Pada tahun 2011, laba bersih yang didapatkan perusahaan yang mempekerjakan 180.000 karyawan ini mencapai US$ 10.254 miliar.


5JPMorgan Chase, United States

JPMorgan Chase and Co merupakan sebuah perusahaan sekuritas, perbankan investasi, serta perbankan eceran global yang berpusat di New York City, Amerika Serikat. Perusahaan firma ini menyediakan jasa keuangan yang cukup besar dengan aset senilai US$2 triliun serta dikenal sebagai institusi perbankan Amerika dengan kapitalisasi pasar kedua di negara ini. Merek J.P. Morgan sendiri digunakan divisi Bank Investasi, Pengelolaan Aset, Perbankan Swasta, Pengelolaan Kekayaan Global, serta Jasa Keuangan dan Sekuritas. JPMorgan Chase juga dikenal sebagai salah satu bank yang termasuk dalam empat besar bank di Amerika Serikat bersama dengan Bank of America, Citigroup, dan juga Wells Fargo.


4Exxon Mobil, United States

Perusahaan yang berpusat di Texas ini merupakan perusahaan penghasil serta pengecer minyak yang didirikan pada 30 November 1999 melalui penggabungan antara Exxon dan Mobil. ExxonMobil sendiri merupakan induk perusahaan Exxon, Mobil, serta Esso di seluruh dunia. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan terbuka terbesar di dunia dengan laba bersih pada tahun 2011 mencapai US$ 41.060.


3PetroChina, China

Merupakan perusahaan asal China yang bergerak di sektor energi. Fokus utama dari bisnis perusahaan ini adalah industri pertambangan minyak dan gas. Tahun lalu, perusahaan ini dilaporkan mendapatkan penjualan dengan nilai US$ 328.5 miliar dan total laba mencapai US$ 21.1 miliar. Di tahun yang sama, perusahaan ini mendapatkan peringkat dalam Global 2000 yang merupakan daftar perusahaan terbesar di dunia dan diperingkat oleh majalah bisnis Forbes. Total nilai pasar PetroChina dikabarkan mencapai US$ 202 miliar dan total asetnya mencapai US$ 386.9 miliar.


2General Electric, United States

General Electric atau GE merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi dan jasa Amerika Serikat dan basisnya ada di New York. Thomas Edison merupakan pendiri perusahaan ini sejak tahun 1890. Empat tahun lalu GE menempati posisi ke-26 sebagai perusahaan dengan pendapatan kotor paling besar di Amerika Serikat menurut Forbed 500. Di saat yang sama perusahaan ini masuk sebagai salah satu perusahaan paling menguntungkan. General Electric bahkan telah 2 kali menerima penghargaan Nobel untuk karyawannya yaitu Irving Langmuir dan Ivar Glaever.


1Wells Fargo, United States

Wells Fargo adalah sebuah bank terbesar keempat di Amerika Serikat dan berbasis di San Fransisco, California, Amerika Serikat. Wells Fargo didirikan tahun 1852 dan tercatat mempekerjakan 276.000 pekerja di tahun 2009. Tahun 2007, perusahaan ini mendapatkan peringkat AAA oleh S&P dan kemudian turun menjadi AA karena Wells Fargo dinilai terkena imbas krisis keuangan global pada tahun 2007 hingga 2012. Produk yang ditawarkan oleh Wells Fargo antara lain bank dan asuransi. Jumlah aset yang dimiliki Well Fargo pada tahun 2008 mencapi US$ 1.42 triliun.


Itulah 10 perusahaan terbesar di dunia menurut Forbes pada tahun 2015. Kinerja yang baik serta mampu mempertahankan loyalitas konsumen serta partner kerja merupakan kunci bertahan dan tumbuhnya perusahaan masif ini. Terlihat bahwa 4 perusahaan terbesar dipegang oleh perusahaan asal China. Dari sini kita bisa tahu bahwa perusahaan China memperlihatkan kinerja yang sangat baik hingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Hal ini juga mencerminkan kinerja orang-orang di dalamnya yang begitu gigih dan inilah yang bisa dicontoh oleh kita bahwa kerja keras akan membawamu pada kesuksesan yang tidak hanya terbatas pada lingkup lokal saja namun juga bisa merajai peringkat perusahaan terbesar di dunia.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry