Dunia & Peristiwa Pengetahuan

Ayo Ciptakan Generasi Anti Hoax. Ini 10 Tips untuk Menghindari Berita Hoax

Saat ini, Indonesia sedang darurat berita bohong dan juga fitnah. Terlebih lagi, beredarnya berita bohong dan juga fitnah tersebut dengan lancar jaya beredar di berbagai media sosial yang saat ini sudah dimiliki hampir semua orang dan dapat dengan mudah diakses berbagai kalangan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut 10 tips agar Anda bisa terhindari dari hoax.


10Biasakan Diri Untuk Selalu Penasaran

Yang dimaksud pada pembahasan ini ialah Anda dianjurkan untuk selalu memiliki rasa penasaran agar apabila Anda menemukan berita atau kabar tertentu, rasa penasaran untuk mengetahui fakta dan kebenarannya bisa selalu muncul. Dengan begitu, Anda akan memiliki pemikiran terbuka dan fleksibel.


9Berhati-hati Dengan Judul Provokatif

Biasanya, berita bohong dan fitnah muncul dengan judul provokatif yang dapat dengan mudah membangkitkan rasa penasaran seseorang. Namun, pada kenyataannya berita yang ada dan tersebar tersebut belum dapat diperiksa kebenarannya.


8Periksa Laman Sumber

Ketika Anda menemukan berita tertentu yang tersebar melalui media sosial, pastikanlah bahwa berita tersebut datang dari laman sumber terpercaya. Pastikan juga bahwa laman tersebut merupakan laman atau blog asli karena beberapa orang yang tidak bertanggung jawab sering membuat berita hoax dengan link yang mirip dengan laman media asli.


7Periksa Narasumber

Jangan percaya dengan berita yang menyebutkan narasumber yang tidak jelas dan tidak dapat dipercaya. Biasanya, orang dengan mudah menyebarkan berita bohong tanpa memeriksa narasumber dari mana berita tersebut berasal. Jadi, jangan pernah ikut menyebarkan berita dengan narasumber yang tidak jelas dan tidak terpercaya.


6Biasakan Baca Menyeluruh Teks Berita

Seringkali terjadi banyak orang yang terpancing emosi saat membaca sebuah judul berita. Padahal terkadang, jurnalis membuat judul bombastis dengan kalimat tertentu untuk menarik emosi pembaca. Hal tersebut merupakan hal keliru. Akan jauh lebih baik apabila Anda membaca keseluruhan artikel tanpa langsung menyimpulkan poin utama hanya dari judul bacaan.


5Jangan Asal ‘Share’

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan pernah ikut menyebarkan atau membagikan berita tanpa fakta, data dan juga narasumber yang jelas. Hal ini berlaku di berbagai jenis media sosial apapun. Pastikan dulu kebenaran berita tersebut dan pastikan pula bahwa narasumber yang memberikan berita sudah valid dan terpercaya.


4Periksa Kebenaran Data dan Fakta

Anda dapat memeriksa kebenaran dan fakta dari situs-situs atau media sosial resmi milik lembaga negara. Banyak beredarnya berita bohong membuat media sosial resmi milik lembaga negara wajib mempebaharui berita yang mereka miliki dan cepat mengklarifikasi pernyataan palsu tersebut. Untuk itu, Anda dianjurkan untuk menanti kabar resmi dari lembaga negara kita.


3Ikuti Komunitas Anti Berita Bohong

Saat ini sudah banyak komunitas dan grup anti berita bohong di mana Anda bisa mengklarifikasi dan berdiskusi bersama anggota grup tersebut. Anda bisa mengetahui kebenaran berita melalui salah satu anggota forum yang ada. Bahkan, Anda sendiri juga dapat berkontribusi untuk memerangi berita bohong melalui grup tersebut dengan klarifikasi yang Anda berikan.


2Pastikan Video dan Foto yang Beredar Tidak Palsu

Berita bohong tidak hanya berupa teks bahkan juga berupa foto dan video untuk tujuan provokatif. Untuk mengetahui kebenaran foto, Anda bisa memanfaatkan Google dalam portal Google Images. Dalam portal tersebut, Anda akan menemukan beberapa foto dengan hasil serupa.


1Cari Sumber Berita Terpercaya

Kurangnya kepercayaan pada suatu berita dapat Anda cari tahu lagi dengan mengakses sumber lain. Pastikan sumber lain tersebut juga merupakan laman situs yang valid dan terpercaya, ya!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda ikuti agar terhindar dari penyebaran berita bohong karena bagaimanapun juga berita bohong dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta merugikan pihak tertentu.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry