Dunia & Peristiwa Unik & Aneh

Biaya Parkir di 10 Kota Besar Ini Jadi yang Termahal di Dunia

Memiliki kendaraan pribadi seperti sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi setiap keluarga dewasa ini. Namun, ada pula pemerintah di luar negeri yang mencoba menekan jumlah kendaraan pribadi, dengan maksud untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan menaikkan biaya parkir. Alhasil, biaya parkir di 10 kota besar ini jadi yang termahal dunia.


10Munich (Jerman)

Kota dengan penduduk terbesar ketiga di Jerman ini dihuni oleh hampir 1,5 juta jiwa pada 2016 lalu. Kota Munich memang merupakan salah satu kota besar tersibuk di Jerman, dan juga dunia. Menariknya, warga yang ingin memarkir kendaraannya di kota ini ternyata harus siap mengeluarkan uang sebanyak 3,57 poundsterling atau sekitar Rp 60.804 sekali parkir.


9Paris (Prancis)

Sebagai ibukota Prancis, salah satu negara terbesar di Eropa, Paris memiliki populasi sangat tinggi dengan kesibukan tanpa henti. Namun, pemerintah setempat tidak ingin warganya selalu bepergian menggunakan kendaraan pribadi, dan berharap mereka menggunakan kendaraan umum. Makanya, biaya parkirnya mencapai 3,66 poundsterling atau Rp 62.336.


8Tel Aviv (Israel)

Kota di pinggir pantai ini merupakan ibukota Israel. Sebanyak hampir 450 ribu jiwa mendiami kota Tel Aviv, menurut data statistik pada tahun 2015, dan menjadi kota dengan penduduk terbanyak kedua di Israel. Bicara soal biaya untuk parkir kendaraan pribadi, Walikota Tel Aviv telah menetapkan nilai 3,66 poundsterling, besaran yang sama dengan di kota Paris, Prancis.


7Amsterdam (Belanda)

Amsterdam pun adalah ibu kota negara, yakni Belanda, dan menjadi kota terpadat di Negeri Kincir Angin tersebut. Sebanyak lebih dari 850 ribu jiwa mendiami delapan distrik di salah satu kota terbesar Eropa tersebut. Jika memiliki kendaraan pribadi, maka para warga itu pun harus menyediakan uang sebesar 4 poundsterling atau Rp 68.127 untuk biaya sekali parkir.


6Milan (Italia)

Tak jauh berbeda dengan kota-kota lainnya di Eropa, biaya parkir di kota besar Italia ini juga jadi salah satu yang termahal di dunia. Bayangkan saja, sekitar 1,3 juta jiwa pendudukan yang berdomisili di Milan harus membayar parkir sebesar 4,42 poundsterling atau sekitar Rp 75.281. Namun, warga Milan memang lebih sering memilih menumpang kendaraan umum.


5Oslo (Norwegia)

Ibukota Norwegia ini didiami oleh lebih dari 650 ribu jiwa penduduk. Jumlah penduduknya menurut data statistik pada 1 Januari 2016 itu membuat Oslo jadi kota terpadat di negara Skandinavia, Eropa Barat tersebut. Namun, pendapatan mereka cukup besar, 124 ribu dolar AS per kapita. Sehingga, biaya parkir 4,51 pounsterling atau Rp 76.814 pun tak jadi masalah.


4Athena (Yunani)

Salah satu kota tertua di dunia, Athena. Ibu kota Yunani ini merupakan kota terbesar di negara tersebut, dengan luas wilayah mencapai 38.964 km2. Jumlah penduduknya sendiri pada tahun 2011 lalu hampir mencapai 670 ribu jiwa, yang merupakan kota terpadat di Yunani. Untuk soal biaya parkir, mencapai 4,85 poundsterling atau sekitar Rp 82.605.


3Stockholm (Swedia)

Berbeda dengan kota-kota besar Eropa sebelumnya, ibukota negara Eropa Barat satu ini yang juga termasuk dalam wilayah Skandinavia, Swedia, memberlakukan biaya parkir yang sedikit lebih mahal. Warga yang memarkir kendaraan pribadi mereka di tempat-tempat umum di Stockholm harus siap membayar sebanyak 6,64 poundsterling atau Rp 113.092.


2London (Inggris)

Tinggal di ibukota Inggris ini mungkin sangat membanggakan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, London merupakan salah satu kota terbesar di dunia dengan penduduk terpadat di Britania Raya. Namun, biaya kebutuhan hidup di London juga sama besarnya dengan status kota tersebut. Bahkan, untuk biaya parkir saja sekitar 8,84 poundsterling atau Rp 150.562.


1New York (Amerika Serikat)

Inilah negara dengan biaya parkir paling mahal dunia saat ini. Berbeda dengan kota-kota sebelumnya berada di Eropa, maka kota ini berada di Amerika, tepatnya di Amerika Serikat. Yakni, New York, salah satu kota besar dan terpadat di Negara Paman Sam tersebut. Untuk biaya parkir kendaran pribadi mencapai 20,55 poundsterling atau sekitar Rp 350.006. Gila!


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry