Teknologi

Bukan Lego dan Boneka, Inilah 10 Mainan Favorit Anak Dimasa Depan

Lego, barbie, tamiya, dan robot-robotan adalah contoh mainan favorit anak – anak saat ini. Keberadaannya dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko mainan. Namun seiring berkembangnya waktu, tren mainan akan mengalami perubahan. Mainan anak akan menjadi semakin canggih karena diberikan sentuhan teknologi didalamnya. Mau tahu seperti apa mainan favorit anak dimasa depan? Simak selengkapnya.


10Cognitoys Dino

Boneka yang bisa bersuara memang sempat menjadi mainan favorit anak – anak pada era 90-an. Meskipun popularitasnya mulai meredup, konsep mainan anak ini justru dikembangkan menjadi mainan yang inovatif. Cognitoys Dino lah salah satunya.

Cognitoys Dino adalah mainan interaktif berbentuk dinosaurus dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial IBM’s Watson dan Elemental Path’s Friendgine. Teknologi tersebut memungkinkan Cognitoys Dino dapat belajar dan beradaptasi. Tidak hanya itu saja, mainan favorit anak masa depan ini juga memanfaatkan wifi. Sehingga, sistem akan mengolah apa yang dikatakan anak-anak dan mengadaptasi sesuai dengan usianya. Mainan ini dapat mengingat nama anak, cerita, pertanyaan, dan gim edukatif.


9Codeybot

Codeybot adalah salah satu robot mainan anak-anak dengan desain gabungan antara limas segi empat dan tabung dibagian bawah. Codeybot termasuk salah satu robot interaktif yang dapat mengeluarkan ekspresi dari lampu yang menyala. Codeybot dapat bergerak maju, mudur, dan memutar. Codeybot bisa dijadikan sebagai mainan lomba balap bagi anak-anak. Selain itu, Codeybot bisa diduelkan dengan cara bertarung.


8Egger

Egger adalah proyektor dengan teknologi augmented reality yang dapat mengajak anak untuk bermain dan belajar bersama. Sesuai dengan namanya, Egger memiliki bentuk menyerupai telur. Saat layar proyektor dinyalakan, anak dapat melakukan beragam aktivitas dengan jarak jauh. Misalnya saja dengan Magic Painting Game, anak-anak dapat melukis ‘di udara’. Anak-anak bisa menggerak-gerakkan tangannya seperti melukis dan layar proyektor akan terwarnai sesuai dengan gerakan anak.


7Pasir Kinetik

Bermain pasir maupun plastisin dapat merangsang kreativitas anak. Kegiatan menggenggam dan meremas-remas dapat melatih motorik halus anak. Namun, sebagian besar orang tua melarang anaknya bermain pasir karena kotor dan berdebu. Kini telah hadir Kinetic sand atau pasir kinetik.

Pasir kinetik ini memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Jika pasir kinetik dipadatkan, maka teksturnya menjadi kenyal layaknya plastisin. Namun jika diurai, pasir kinetik ini bisa berhamburan layaknya pasir. Pasir kinetik ini memiliki prinsip kerja yang mirip dengan magnet. Pasir kinetik ini terdiri atas 95 persen pasir murni, bebas gluten, dan memiliki anti microbial.


6Vortex

Vortex adalah salah satu robot yang terhubung dengan smartphone yang bisa menjadi teman bermain anak-anak. Mainan favorit anak dimasa depan ini memiliki banyak fitur permainan, misalnya bumping fight, golf, dan driving. Saat menekan fitur golf, Vortex akan bergerak mencari area berwarna tempat bola golf seakan-akan dimasukkan. Begitu juga saat bumping fight. Vortex akan bertabrakan satu sama lain dan siap untuk berduel.


5Toymail

Bagi orangtua yang sibuk bekerja, mereka sering khawatir jika tidak sempat untuk bertemu dan berkomunikasi dengan anak. Ingin memberikan mereka smartphone untuk berkomunikasi, tetapi orangtua sering merasa ragu karena bisa disalahgunakan. Dimasa depan, Toymail akan menjadi mainan sekaligus alat komunikasi yang banyak dicari.

Orangtua dapat mengirimkan pesan suara mereka melalui smartphone. Sehingga, anak-anak bisa mendengarnya dari Toymail tersebut. Tidak hanya itu saja, keluarga terdekat seperti tante, kakek, dan nenek bisa terhubung ke dalam Toymail yang dimiliki anak. Orangtua dan anak bisa berkomunikasi dimana pun dan kapan pun dengan menyenangkan. Sehingga anak tidak akan merasakan kesepian. Mainan favorit anak dimasa depan ini hadir dalam bentuk monster-monster berwarna-warni yang imut dan lucu.


4Dash & Dot

Dash & Dot adalah jenis robot untuk anak-anak di atas usia lima tahun. Dash & Dot dapat melakukan berbagai macam aktivitas seperti menari, bergerak, dan melempar. Semua gerakan dikendalikan oleh anak-anak. Karena geraknya yang fleksibel inilah anak-anak bisa memainkannya dengan cara lain yang menyenangkan. Misalnya membuat lomba balap Dash & Dot, main lempar tangkap bola, dan lain-lain.


3Ozobot Bit

Ozobot Bit adalah mainan favorit anak dimasa depan dengan teknologi yang canggih dan mumpuni. Ozobot Bit menggabungkan antara dunia digital dan kreativitas pada anak. Ozobot Bit dapat dikontrol dan dikendalikan dengan Ozocodes, yaitu dengan menggambar dan menggoreskan garis warna-warni sebagai lintasannya. Ozobot Bit akan melintas sesuai dengan garis warni-warni yang digoreskan.


2Power Up, Pesawat Kertas Elektrik Pertama

Suka melipat kertas menjadi pesawat dan menerbangkannya? Dengan berbekal sedikit kreativitas, pesawat terbang kertas kini bisa diterbangkan secara elektrik, lho. Anda bisa melipat kertas dan membentuk pesawat terbang seperti yang diinginkan. Kemudian, selipkan teknologi power up dibagian tengah. Hubungkan dengan smartphone. Baling-baling dibagian belakang akan berputar dan siap diterbangkan. Teknologi ini juga menggunakan charge listrik sebagai energi. Anda tinggal menghubungkannya dengan USB jika energi habis.


1Sphero

Bola adalah salah satu mainan favorit anak, terutama anak laki-laki. Bola dimainkan dengan cara dioper dan ditendang supaya bergerak dan berpindah tempat. Namun, bagi Anda yang ingin memainkan bola dengan nuansa yang berbeda, Anda dapat mencoba mainan Sphero ini.

Dapat dikatakan bahwa Sphero adalah robot bola yang canggih. Sphero dapat dikendalikan oleh perangkat pintar seperti remote control. Pengguna bebas menggelindingkannya kemana saja dengan perangkat pintar tersebut. Sphero sendiri merupakan adaptasi dan terinspirasi dari BB-8 droid dalam film Star Wars: The Force Awakens.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry