Flora & Fauna

Bukan Mitos, 10 Hewan Unik Ini Benar-benar Ada

Ragam hewan di dunia ini tidak terhitung jumlahnya sehingga tidak mungkin kita dapat menghafal semua jenis hewan di sekitar kita. Diantara hewan-hewan yang sudah Anda ketahui apakah Anda tahu bahwa didunia ini terdapat 10 hewan berikut ini?

10Grimpoteuthis

Sudah pernah dengar Gurita Dumbo? Ya, Dumbo. Seperti karakter Gajah terbang pada salah satu kartun Walt Disney. Spesies ini sulit ditemukan dikarenakan Gurita Dumbo hidup pada kedalaman 3.000 hingga 4.000 meter dibawah laut. Sirip lebar yang mirip dengan telinga gajah pada kedua sisi kepala membuat hewan ini diberi nama Gurita Dumbo.

9Isopod

Jika anda terbiasa melihat kutu dengan ukuran kecil, mungkin anda akan kaget melihat yang satu ini. Kembaran kutu ini disebut dengan Isopoda. Isopoda hidup di laut, di air tawar, atau di darat. Hewan dengan  tujuh pasang kaki  ini tersebar lebih dari 10.000 spesies di seluruh dunia.

8Aye-aye

Apakah Anda tahu dengan hewan mungil yang satu ini? Hewan endemik yang hidup di pulau terbesar ke empat di dunia. Aye-aye menjadi primata noktural terbesar di dunia yang hidup di Madagaskar. Namun tubuhnya yang mungil dengan mata yang menyala dan penampilan yang tidak biasa ini membuatnya diklasifikasikan sebagai hewan pengerat dibandingkan hewan primata.

7Okapi

Okapia johnstoni, itulah nama biologi dari mamalia yang membuat kita bertanya-tanya, apakah ia seekor Kuda ataukah Zebra? Jika dilihat dengan kasat mata, hewan yang berasal dari Hutan Hijau Ituri ini menimbulkan dugaan adanya persilangan antara Zebra dan Jerapah. Namun, dugaan masyarakat ternyata tidak sepenuhnya benar, para ilmuan menyatakan bahwa hewan yang ditemukan pada tahun 1901 ini lebih berkerabat dekat dengan Jerapah.

6Pyura Chilensis

Dikenal sebagai batu hidup, Pyura Chilensis lebih tepat disebut sebagai organisme dibandingkan dengan hewan. Namun, dikarenakan memiliki darah yang jelas dan dapat terakumulasi dalam jumlah yang tinggi, masyarakat pribumi Chili dan Peru menganggap batu karang ini sebagai hewan dan memancing Pyura chilensis selama bertahun-tahun untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Rasa pahit dan rasa yodium, itulah rasa olahan si batu hidup, berani coba?

5Venezuelan Poodle

Kalau dari namanya sudah pasti anjing pudel-lah yang terlintas dipikiran para pembaca. Tapi tunggu dulu, hewan ini jauh dari perkiraan anda. Venezuelan Poodle ini bukan mamalia, hewan ini merupakan serangga ngengat berbulu yang ditemukan di kawasan Venezuela. Karna potongan bulu yang serupa dengan anjing pudel, warga setempat memberi nama ngengat Venezuelan Poodle.

4Ogcocephalus Darwini

Di Indonesia, ikan ini dikenal dengan sebutan Ikan Kelelawar Bibir Merah. Ikan ini biasa ditemukan di sekitar Kepulauan Galapagos di perairan dalam Samudra Pasifik. Sebagai predator yang ganas dan buas, ikan ini memiliki mulut yang berduri, namun bibir merahnya membuat ikan ini terlihat lucu seperti wajah yang sedang cemberut. Ketika ikan menginjak usia dewasa, akan tumbuh semacam tanduk di kepalanya. Para ahli biologi laut menduga bahwa tanduk itu dipakai untuk memikat mangsanya.

3Kelelawar Raksasa

Kelelawar berukuran besar yang sempat tersorot mata publik ini sudah jarang ditemui bahkan di goa-goa tempat mereka hidup. Mungkin saja kelelawar raksasa jaman sekarang ini merupakan keturunan dari Ahool ya, yakni minatang mitologi yang dipercaya merupakan populasi pterosaurus yang masih bertahan meski telah dianggap punah 65 juta tahun sebelum masehi.

2Hummingmoth

Seperti ngengat, tapi terlalu besar? Seperti kupu-kupu, tapi terlalu gemuk? Begitulah kira-kira penduduk awam menggambarkan hewan ini. Hewan sejenis serangga ini dinamakan Hummingmoth karena memiliki bentuk seperti Hummingbird. Spesies Sphingidae dengan belalai panjang yang tipis ini melayang-layang di udara disertai  suara dengungan, terdengar seperti lebah namun terlihat sangat seperti burung kecil mencari makan diantara bunga-bunga.

1Semut Panda

Hewan berbulu dan bercorak panda lucu ini memiliki nama asli Euspinolia militaris, faktanya hewan ini bukan seekor semut melainkan seekor tawon tak bersayap. Meskipun lucu kita tetap harus berhati-hati. Semut panda memiliki sengatan yang kuat dan mematikan hingga bisa melumpuhkan seekor sapi dan diberi julukan ‘cow killer’.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of