Traveling Unik & Aneh

Butuh Hiburan Berbeda? 10 Kota Terunik Ini Bisa Jadi Referensi

Bagi sebagian orang, tinggal di perkotaan adalah sebuah hal yang biasa bahkan cenderung mengarah pada rutinitas yang membosankan. Anda mungkin akan sangat biasa atau mungkin sudah sangat bosan mendengar dan merasakan hiruk pikuk serta kemacetan kota. Apalagi semakin diperparah dengan permasalahan kehidupan masyarakat kota pada umumnya. Jika sudah seperti ini, Anda mungkin membutuhkan hiburan yang bisa Anda dapatkan dengan berlibur ke daerah-daerah di luar kota untuk mendapatkan suasana yang berbeda dan lebih rileks.

Berlibur ke desa, pantai, pegunungan, mungkin sudah menjadi alternatif yang sering digunakan kebanyakan orang. Tak jarang keadaan ini membuat tempat wisata selalu ramai dan penuh ketika musim liburan tiba. Bukannya rileks, Anda justru semakin sumpek dengan keadaan seperti ini. Kalau Anda punya biaya yang lebih, Anda bisa menggunakan beberapa alternatif di bawah ini sebagai destinasi wisata Anda. Tapi jelas kota ini bukan kota biasa. Destinasi kota yang akan dihadirkan di sini merupakan daftar kota yang termasuk dalam kota terunik di dunia. Di mana sajakah itu?


10Kota Terluas: Mount Isa, Australia

Kota Mount Isa sebenarnya sebuah wilayah kota pertambangan yang ada di Queensland, tepatnya berjarak 800 km di sisi timur Townsville. Dengan luas mencapai 41.000 km persegi, kota ini dihuni oleh sekitar 25.000 penduduk untuk yang tinggal di kota dan 36.000 penduduk yang tinggal di distrik. Apa saja yang menjadi destinasi wisata di kota ini? Anda bisa mengunjungi Riversleigh Fossil Centre, Boodjamulla National Park, Lake Julius, dan Underground Hospital and Beth Anderson Museum.


9Kota Terkecil: Kota Hum, Kroasia

Kota Hum terletak di Kroasia, tepatnya berada di bagian tengah Istria. Letaknya ada di ketinggian 349 meter dan hanya memiliki penduduk sekitar 17 jiwa (menurut data sensus pada tahun 2001). Butuh ketenangan dari hiruk pikuk kota? Kota Hum bisa menjadi alternatif destinasi wisata Anda. Selain suasana kota yang tenang, rapi, dan tertata, anda juga bisa menyaksikan betapa kota ini sangat jauh berbeda dari kota-kota pada umumnya yang mulai dipenuhi oleh mall dan fasilitas modern.


8Kota Tertua: Kota Yerikho, Palestina

Letaknya ada di Tepi Barat, Governorat Yerikho, dekat Sungai Yordan. Kota tertua ini memiliki populasi sebesar 25.000 orang Palestina dan juga Israel. Selain menyandang gelar kota tertua, Yerikho juga dikenal sebagai kota terendah di dunia. Bagi Anda yang berencana meluangkan waktu untuk mengunjungi kota ini, ada alternatif wisata yang bisa Anda jadikan referensi dan ini merupakan daya tarik utama di Yerikho, yaitu Tel e-Sultan yang merupakan situs kuno Yerikho. Selain itu juga terdapat Oasis Casino yang dikenal sebagai lokasi perjudian berizin dan resmi. Bila Anda ingin menjajal wisata rohani, Anda mungkin bisa mengunjungi Bukit Nebo di bagian timur Kota Yerikho yang konon dipercaya sebagai Bukit Percobaan.


7Kota Termuda: Kota Tel Aviv, Israel

Merupakan sebuah kota metropolitan di wilayah Israel dengan penduduk sekitar 405.000 jiwa. Bila Anda berkunjung ke Kota Tel Aviv ini, Anda akan menyaksikan keindahan kota yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia dan sudah ditetapkan oleh UNESCO karena gaya arstitekturnya memperlihatkan gaya Bauhaus. Keunikan yang dimiliki kota ini adalah terkenal sebagai surga wisata kaum homoseksual karena di wilayah ini pasangan gay mendapatkan kebebasan untuk menunjukkan ekspresi cinta mereka yang dianggap melenceng dari kehidupan dan aturan sosial.. Kalau Anda beruntung, Anda akan menyaksikan parade kontroversial yang dikenal dengan sebutan Gay Parade.


6Kota Dengan Daratan Tertinggi: Kota Potosi, Bolivia

Disebut sebagai kota tertinggi di dunia karena lokasi kota ini berada di ketinggian sekitar 4.090 meter. Lebih tepatnya, lokasi kota ini berada di kaki Cerro de Potosi, yakni sebuah gunung yang mendominasi kota ini. Wilayah ini merupakan salah satu warisan dunia yang harus dilindungi dan merupakan lokasi pertambangan perak selama penjajahan Imperium Spanyol.


5Kota Tertinggi: Hong Kong

Julukan kota tertinggi yang diberikan kepada Kota Hongkong disebabkan adanya gedung pencakar langit yang berjumlah lebih dari 7.500 gedung. Kota ini juga terkenal dengan perkembangannya yang sangat meluas . Populasinya terdiri dari sekitar 93% etnis Tionghoa. Bila Anda berkunjung ke sini, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata yang ada dan terkenal di Hongkong seperti The Peak, Victoria Bay, Hong Kong Disneyland, Hong Kong Avenue of Stars, dan Po Lin Monastery.


4Kota Pertama Berpenduduk 1 Juta: Roma, Italia

Inilah kota pertama yang memiliki jumlah penduduk 1 juta jiwa. Roma merupakan ibu kota negara Itaia dan terkenal dengan berbagai sektor wisatanya mulai dari wisata sejarah (Colloseum dan Trevi Fountain), wisata rohani (Saint Peter Basilica), hingga wisata kuliner khas Italia yaitu kuliner gelato atau ice cream.


3Kota Dengan Nama Teraneh: Fucking, Austria

Terdengar seperti umpatan. Memang iya. Nama kota satu ini cenderung nyentrik dengan istilah yang merujuk pada suatu kata-kata kasar atau kata hinaan. Sebenarnya, ini bukan sebuah kota melainkan wilayah pedesaan kecil yang hanya dihuni oleh sekitar 150 jiwa penduduk. Wilayahnya merupakan bagian dari Gemeinde Tarsdorf, Innviertel, barat Oberosterreich, berbatasan dengan Bayern. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk sekedar berwisata desa degan fokus utamanya adalah berfoto pada tiang penanda nama wilayah Fucking.


2Kota Spiritual: Lily Dale, Amerika Serikat

Apa ini? Kota yang sangat religius? Nampaknya itu adalah kesan pertama semua orang yang belum pernah mengetahui wilayah satu ini. Dari luar, kita akan melihat sebuah kota biasa yang juga terdiri dari rumah penduduk, fasilitas umum, kantor polisi, supermarket, dan lain-lain. Lily Dale merupakan nama salah satu kota yang berada di wilayah Amerika Serikat. Keunikan yang ada di kota ini adalah penghuninya sebagian besar adalah paranormal dan orang-orang yang berhubungan dengan kegiatan spiritual dan dunia lain. Meski terkesan seram, tetapi setiap tahunnya kota ini berhasil memikat sekitar 25.000 wisatawan yang berkunjung untuk mempelajari ilmu meramal, sekedar mengikuti ibadah, bahkan tak jarang dari mereka yang berkonsultasi mengenai kehidupan mereka.


1Kota Dengan Nama Terpanjang: Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Nama yang cukup panjang dan sangat rumit untuk diucapkan. Kota ini terletak di Thailand. Nama kota sepanjang ini sebenarnya diberi oleh pendirinya yaitu Raja Phra Buddha Yotfa Chulaloke pada kisaran waktu abad ke-18. Meskipun susah disebutkan, sebenarnya kota ini memiliki nama lain yang lebih singkat dan pasti sudah dikenal, yatu Bangkok. Wisata yang cukup terkenal dan ada di wilayah ini terdiri dari wisata sejarah dan wisata kuliner yang terkenal ekstrim seperti kuliner kecoa dan kalajengking.


Cukup unik bukan kota-kota yang sudah dibahas di atas? Kejenuhan terhadap referensi wisata yang itu-itu saja mungkin bisa dihilangkan dengan mencoba mengunjungi beberapa kota terunik di dunia ini, terutama pada destinasi wisatanya yang cukup terkenal di setiap kota tersebut. Siap memanjakan diri dengan gaya wisata yang berbeda dari referensi wisata pada umumnya?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of