Pengetahuan

Cerdas! 10 Ide Kreatif dari Ampas Kopi Ini Memang Out Of The Box

Kopi bubuk yang diseduh dengan air panas merupakan nikmat tak tertandingi. Apalagi jika seduhan kopi tersebut dapat Anda nikmati di sela-sela beraktivitas. Sensasi kopi dilidah dan aromanya yang khas dapat meningkatkan dan mengembalikan mood Anda yang sempat menghilang.

Kopi tidak hanya dapat menahan kantuk saja. Ternyata, kopi memiliki kandungan-kandungan lain yang dapat dimanfaatkan. Mulai dari perawatan kecantikan hingga kesehatan. Lebih mengejutkannya, ternyata kandungan kopi dapat dimanfaatkan menjadi 10 ide kreatif yang berguna berikut ini.


10Bumbu Masakan

ideampaskopi10

Kopi tidak hanya digunakan sebagai campuran kue dan roti saja. Bahkan, kopi dapat dimanfaatkan sebagai bumbu memasak. Kopi bubuk dapat ditaburkan saat memanggang daging. Hal ini menyebabkan daging menjadi lebih gurih dan sedikit manis. Selain itu, bubuk kopi yang ditaburkan dapat membantu melembutkan daging.


9Pencerah Warna Kayu

ideampaskopi9

Jika Anda menemukan goresan-goresan halus pada furniture Anda yang terbuat dari kayu, Anda harus mencoba ide kreatif yang satu ini. Campur ampas kopi dengan air panas hingga berbentuk pasta dan jangan terlalu encer. Oleskan secara berulang-ulang pada furniture Anda secara berkala. Furniture kayu Anda pun memiliki warna yang lebih cerah dibanding biasanya.


8Cat Lukis

ideampaskopi8

Ternyata, kopi bubuk juga dapat dijadikan sebagai bahan melukis. Kopi bubuk dapat dijadikan sebagai bahan dasar cat yang akan digunakan. Campurkan saja kopi bubuk Anda dengan air dalam takaran tertentu. Voila! Kini Anda dapat menggoreskannya di atas kertas atau kanvas menjadi lukisan bergaya sephia.


7Scrub Kopi

ideampaskopi7

Kandungan alami dalam kopi terbukti dapat membantu kesehatan dan kecantikan kulit. Oleh sebab itu, para produsen kosmetika beramai-ramai membuat produk scrub berbahan kopi. Campurkan kopi dan air hingga merata. Tambahkan pula yogurt atau minyak zaitun jika diperlukan. Usaplah scrub kopi Anda ke seluruh tubuh. Lakukan pijatan ringan. Sensasi rileks dan segar akan Anda dapatkan.


6Penghilang Bau Tak Sedap Pada Kulkas

ideampaskopi6

Seringkali kulkas yang terlalu penuh akan menimbulkan bau tak sedap. Mulai dari bau daging, sayuran, telur, dan susu yang bercampur menjadi satu. Kini Anda tak perlu khawatir. Anda dapat memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkan bau tak sedap tersebut. Letakkan saja satu toples kecil ampas kopi yang terbuka dan biarkan dalam satu hingga dua hari.


5Lilin Kopi Aromaterapi

ideampaskopi5

Kabar baik bagi Anda yang sampai saat ini masih tetap menyukai aroma kopi. Ampas kopi ternyata dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan antara lain cangkir kopi yang terbuat dari kertas, lilin, ampas kopi, mangkuk pengaduk, dan panci untuk melelehkan.

Caranya cukup mudah. Lelehkan lilin ke dalam panci. Kemudian, tuang adonan lilin tersebut ke dalam cangkir kertas. Sembari menunggu, kita dapat mengisi cangkir kertas tersebut dengan ampas kopi yang telah dihaluskan. Tuang adonan lilin ke dalam cangkir kertas tersebut dan tunggu sampai mengeras.

Bimsalabim! Lilin kopi aromaterapi kini siap digunakan.


4Krim Penghilang Selulit

ideampaskopi4

Kabar baik datang bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan rencana mengurangi selulit. Kini, krim penghilang selulit dari kopi bubuk tidak sulit untuk dibuat. Campurkan saja kopi bubuk dengan minyak kelapa dan racik menjadi krim. Setelah itu, oleskan krim ke bagian tubuh yang mengalami selulit. Sembari mengoles, Anda dapat melakukan pijatan-pijatan ringan.


3Sabun Kopi

ideampaskopi3

Tahukah Anda bahwa ternyata pori-pori kulit kita dapat menyerap kafein? Anda juga dapat mengkreasikan kopi menjadi sabun mandi. Anda dapat mencampurkan kopi, minyak kelapa, minyak zaitun, dan pewangi.

Setelah bahan-bahan tersebut tercampur, tuang adonan ke dalam cetakan. Supaya menarik, Anda dapat menuangkannya ke dalam cetakan dengan aneka macam bentuk. Setelah keras dan mengental, sabun kopi siap untuk digunakan.


2Pupuk

ideampaskopi2

Ampas kopi yang sudah tidak terpakai ternyata juga dapat dimanfaatkan. Jika Anda memiliki ampas kopi yang tak terpakai, jangan buang begitu saja. Taburkan saja ampas kopi tersebut di atas permukaan tanah. Kandungan dalam kopi ternyata dapat membantu pertumbuhan tanaman.

Terlebih lagi jika Anda memiliki tanaman dengan kandungan tanah yang asam. Misalnya tanaman bunga mawar. Kopi memiliki kandungan Magnesium, Potassium, Nitrogen, dan Mineral. Taburkan saja ampas kopi tersebut di atas tanah dan biarkan khasiat alaminya bekerja.


1Masker Kopi

ideampaskopi1

Masker untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah tidak hanya berasal dari campuran bengkuang, alpukat, dan coklat saja. Bahkan saat ini masker dengan kandungan kopi sedang menjadi tren. Anda pun dapat membuat masker kopi ini sendiri di rumah. Caranya cukup mudah.

Siapkan kopi bubuk, madu, dan garam. Campurkan bahan-bahan tersebut satu per satu hingga berbentuk pasta. Setelah itu oleskan masker kopi perlahan secara merata sambil melakukan pijatan. Membuat masker kopi dapat pula menggunakan yogurt. Rasakan sensasi kopi diwajah Anda. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan air bersih.

Masker kopi alami ini dapat digunakan secara rutin dua kali sehari. Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat membantu mencegah munculnya jerawat dan flek-flek hitam yang membandel. Selain itu, masker kopi juga dapat menimbulkan sensasi rileks bagi pemakainya.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry