Pop Culture

Daftar 10 Smartphone Terlaris di Pasaran Indonesia Tahun 2019

Indonesia merupakan salah negara yang menjadi pasar paling menjanjikan bagi para produsen smartphone di dunia. Pola konsumtif dan kondisi masyarakat yang sedang berkembang akan selalu haus akan produk baru untuk memuaskan rasa penasaran, keinginan dan kebutuhan. Hal ini menjadi peluang  bagi pabrikan untuk berlomba-lomba merebut hati konsumen Tanah Air. Mulai dari ponsel berkualitas, promosi besar-besaran hingga harga kompetitif menjadi cara mencari celah pasar.

Kini, peta persaingan dalam pasar smartphone sudah semakin padat dengan banyaknya pemain baru dan kedigdayaan pemain lama. Samsung dan Apple masih terus menunjukkan pamornya di tengah gempuran brand-brand baru beberapa tahun belakangan seperti Xiaomi, Oppo dan Vivo. Beberapa brand lain seperti Asus, Nokia dan Huawei pun juga tak mau ketinggalan dalam persaingan dengan memperkenalkan produk terbaik mereka ke pasar.

Berikut ini beberapa smartphone paling laris di pasaran Tanah Air hingga pertengahan 2019 ini.


10Xiaomi Redmi S2 (Redmi Y2)

Xiaomi memang masih menjadi salah satu pabrikan yang berhasil merebut pasar ponsel Tanah Air paling banyak. Salah satu produk terlarisnya adalah Redmi S2 yang menjanjikan sebagai ponsel selfie mumpuni dengan sensor 16 Mp didukung AI beauty 4.0 di dalamnya. Kamera depan ini didukung fitur selfie light yang menawarkan foto bokeh lebih berkualitas. Apa yang dilakukan Xiaomi dengan produk ini memang benar menyasar pengguna di Indonesia yang rajin aktif di media sosial dan berswafoto lewat ponsel yang berharga Rp 1 jutaan.


9Oppo F9

Dengan banderol harga Rp 3,3 jutaan, Oppo F9 ternyata juga berhasil mencuri tempat di pasar smartphone Indonesia. Ponsel ini menawarkan rasio layar terluas mencapai 90% dan sudah dibekali banyak fitur canggih yang lebih difokuskan pada penggunaan sehari-hari. Fitur ini antara lain sensor sidik jari, face unlock, VOOC fast charge dan lainnya. Selain dari desainnya yang terlihat modern, Oppo juga terkenal akan hasil kamera yang mampu memberikan hasil melebihi ekspektasi.  Dain inilah yang menjadi nilai jual ponsel berharga kelas menengah ini.


8Asus ZenFone Max Pro M1

ZenFone Max Pro M1 menjadi salah satu smartphone paling laris di Indonesia yang sesuai dengan jargonnya “Limitless Gaming” lantaran hadir dengan jerohan kelas menengah dan baterai besar dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor saat itu. Belakangan harga ponsel ini semakin turun drastis lantaran hadirnya Zenfone Max Pro M2 sekaligus membuat si pendahulu makin banyak dicari. Saat ini, ponsel ini dihargai Rp 1,5 jutaan untuk varian terendahnya.


7Samsung Galaxy A6 (2018)

Samsung Galaxy A6 (2018) diperkenalkan ke pasar Tanah Air dengan berbagai fitur khas Samsung  dengan kamera yang juga dibekali dengan beberapa hal menarik seperti sticker, efek bokeh dan light kamera. Terlepas dari itu, yang membuat ponsel ini laris di pasaran adalah dari segi desain, bahan full metal, layar Super-AMOLED khas Samsung. Dengan harga yang cenderung lebih mahal dari persaingan saat itu, ponsel ini tetap terjual laris mengingat nama besar Samsung yang memang tak mudah kehilangan pamornya.


6Vivo V9

Dengan harga di angka Rp 3 jutaan, ponsel ini juga menjadi salah satu smartphone paling laris lantaran rasio layar yang lebih luas, berbagai fitur canggih, setup dual kamera yang terkenal dengan kemampuan rentang dinamis yang bagus. Salah satu yang melekat pada brand Vivo adalah pada kemampuan kameranya sehingga membuat orang rela menebus harga tersebut.


5iPhone X

Meskipun memiliki rentang harga di atas Rp 10 juta, iPhone X ternyata mampu bertengger di posisi 6 lantaran memang ponsel ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya. Ponsel ini memang salah satu produk spesial dari Apple. Hadir dengan layar AMOLED, ponsel yang mempopulerkan konsep layar poni ini memiliki segala fitur paling canggih di masanya. Ia juga dikenal sebagai salah satu ponsel dengan hasil kamera terbaik di dunia saat ini.


4BlackBerry Aurora

Ponsel yang awalnya dibanderol mahal ini ternyata juga menjadi salah satu yang terlaris setelah harganya menyentuh angka RP 1,5 jutaan. Dengan harga tersebut, ponsel ini disebut sebagai yang terbaik sebelum kemunculan Max Pro M1. Jerohan kelas entry namun racikan RAM dan ROM yang besar membuat smartphone ini banyak dilirik pengguna. Meskipun secara keseluruhan tidak ada yang spesial dari ponsel ini, masih ada saja orang yang merasakan prestige dari brand Blackberry.


3Evercoss XTREAM 1 PLUS

Evercoss berhasil mengambil tempat dalam daftar ini melalui pendekatan pasar yang tepat. Evercoss XTREAM 1 PLUS merupakan salah satu smartphone paling laris di Indonesia karena menawarkan program bundling menarik untuk para konsumen. Dari segi ponselnya, Evercoss tidak main-main dengan membuatkan spesifikasi yang worthed dengan harganya yang sangat terjangkau.  Ponsel ini bahkan sudah membawa berbagai fitur kekinian. Namun yang membuat  menarik adalah kerjasama antara Evercoss, XL dan Youtube yang memungkinkan pemilik XTREAM untuk menonton konten lebih puas tanpa batas.


2Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)

Lagi-lagi, ponsel kelas menengah menjadi smartphone paling laris di Indonesia. Begitu pula dengan produk buatan Nokia yaitu Nokia 6.1 Plus  yang mengusung tema klasik namun memiliki fitur terkini di dalamnya. Ponsel ini memang membawa spesifikasi kelas menengah yang seharusnya dengan UI pure yang menjadi salah satu daya tarik. Brand yang satu ini ternyata juga memiliki basis fans yang sangat solid mengingat nama besar menjadi salah satu faktor yang ikut mendongkrak nilai penjualan.


1Huawei Nova 3i

Smartphone terlaris yang terakhir adalah produk Huawei yang diberi nama Nova 3i untuk kelas menengah ke atas. dengan harag di kisaran Rp 3 jutaan, ponsel ini memang menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar ponsel kelas menengah.  Namun nilai jual yang cukup kuat juga didapat pada kemampuan kamera yang tergolong bagus. Ponsel ini juga memiliki desain khas yang mudah membuat orang tertarik untuk membelinya.

Demikianlah 10 smartphone paling laris di Indonesia hingga nyaris pertengahan 2019 ini. Umumnya, ponsel terlaris ini datang dari kelas menengah dengan rentang harga mulai Rp 1,5 jutaan hingga RP 3 jutaan. Ponsel di kelas ini dirasa paling memenuhi standar kebutuhan mayoritas pengguna di Indonesia sementara harga untuk menebusnya juga masih terjangkau. Entah itu pengguna yang menggunakan ponsel untuk bekerja, bermain game, mengelola toko online, konten kreator dan sebagainya. Bagaimana dengan Anda, tertarik untuk meminang salah satu dalam daftar di atas?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry