Budaya & Literatur

Dari Berbagai Variasi Batik, Inilah 10 Jenis Motif Batik Paling Populer

Siapa yang tidak kenal dengan warisan budaya Indonesia yang sudah mendunia ini. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak batik yang khas dan mempesona. Bahkan, setiap corak memiliki filosofi dan makna tersendiri yang patut kita ketahui. Berikut 10 jenis batik yang paling populer di Indonesia.


10Cirebon: Batik Megamendung

Batik yang berasal dari Cirebon ini memiliki motif berbentuk awan besar. Biasanya, batik ini dibuat dengan warna cerah dan mencolok, seperti ungu, biru, merah tua, hijau tua dan warna lainnya yang menarik perhatian.


9Solo: Batik Parang Rusak

Bagi Anda pecinta motif batik pastinya sudah tidak asing dengan motif yang satu ini. Bahkan, popularitasnya juga dikenal oleh orang awam. Makna yang terkandung dalam motif batik ini cukup mendalam, yaitu menggambarkan perjuangan manusia dalam melawan nafsu dan sifat buruknya.


8Solo: Batik Sogan

Motif batik dari Solo yang tak kalah populer adalah batik Sogan. Motif ini sudah ada sejak dulu dan sering dikenakan oleh raja-raja Jawa, khususnya kesultanan Solo. Warna kecoklatan menjadi warna yang mendominasi batik ini. Ada pula motif bunga dengan aksesn titik atau garis melengkung yang menjadi ciri khasnya.


7Yogyakarta: Batik Keraton

Motif batik Keraton kental dengan kearifan, kebijaksanaan, dan kharisma raja-raja di Jawa. Anda akan melihat motif bergambar bunga yang simetris dan sayap burung atau motif sawat lar. Dahulu, motif batik ini hanya boleh dikenakan oleh warga keraton.


6Yogyakarta: Batik Kawung

Motif batik yang termasuk dalam motif batik tertua di Indonesia ini memiliki bentuk yang khas, yaitu buah kolang-kaling yang terbelah empat. Filosofi yang terkandung dalam motif ini adalah nasihat bagi manusia agar selalu ingat akan asal-usulnya. Motif batik kawung juga dijadikan simbol kesejahteraan dan keadilan.


5Solo: Batik Sidomukti

Batik yang khas dengan motif layang-layang ini memiliki isen-isen dan ornamen yang beragam, mulai dari gunungan, kupu-kupu dan bunga. Filosofi kemakmuran dan kesejahteran terkandung dalam motif ini. Pada umumnya, batik Sidomukti sering dikenakan dalam acara resmi atau upacara adat, seperti pernikahan.


4Yogyakarta dan Solo: Batik Sekar Jagad

Nama Sekar Jagad terdiri dari dua kata, yaitu kar (bahasa belanda) yang berarti peta dan jagad (bahasa Jawa) yang berarti dunia. Motif batik ini memiliki bentuk menyerupai gugusan pulau pada peta sesuai dengan namanya. Selain itu, motif batik ini juga memiliki makna kecantikan dan keindahan.


3Magetan: Batik Pring Sedapur

Dalam bahasa Jawa, pring berarti bambu yang bermakna keteduhan, ketentraman dan kerukunan. Seperti namanya, motif batik ini memiliki filosofis mendalam bagi orang Jawa, yaitu manusia harus memberikan manfaat pada manusia lain. Motif yang dimiliki batik ini cukup sederhana, tapi tidak kehilangan kesan elegannya.


2Lasem: Batik Lasem

Motif batik ini berasal dari Lasem, sebuah daerah yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Batik ini memiliki warna merah menyala karena pengaruh budaya Cina yang cukup kental di daerah Lasem.


1Jakarta: Batik Betawi

Batik yang berasal dari DKI Jakarta ini cenderung memiliki warna yang cerah dan mencolok. Motif khas batik ini adalah pucuk rebung, ondel-ondel, gambang kromong dan nusa kelapa. Motif batik ini sering dipamerkan dalam acara kebudayaan Betawi atau acara bergengsi lainnya, seperti Abang None Jakarta.

Itulah 10 batik yang populer di Indonesia dengan ciri khas nya masing-masing beserta dengan makna filosofis yang bersifat mendalam.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry