Film dan TV Game, Komik & Manga

Dari Komik ke Layar? Ini dia 10 Film Animasi Jepang Terbaik Sepanjang Masa

Jepang sangat terkenal terkenal akan kreatifitasnya yang luar biasa dan telah melahirkan komikus, mangaka, dan kartunis-kartunis handal yang mendunia. Tak sedikit lagi film animasi yang mengadopsi komik-komik terlaris dan terkenal, seperti doraemon, detektif conan, inuyasha, dan sebagainya. Sudah tak asing lagi kan mendengar judul film-film itu? Yuk kita intip animasi berikut!


10Kungfu Boy

Kungfu Boy pertama kali dipublikasikan di kodansha pada Desember 1983. Kungfu Boy yang diciptakan oleh Takeshi Maekawa cukup sukses baik di Jepang sendiri ataupun di negara-negara lain, sehingga Takeshi Maekawa menerima penghargaan Kodansha Manga Award di tahun 1987.


9InuYasha

犬夜叉, 犬 : inu berarti anjing” dan 夜叉 : yasha berarti siluman. Film yang beralur pertualangan InuYasha dan teman-temannya mencari Shikon No Tama serta usaha InuYasha dan Sesshoumaru mengalahkan Naraku ini adalah hasil karya seorang wanita berusia 52 tahun yang bernama Rumiko Takahashi. Karyanya yang sangat mendunia ini tak membuatnya langsung puas begitu saja. Ia pun menciptakan komik terkenal lainnya yang sudah diadopsi ke layar kaca seperti Ranma 1/2, Maison Ikkoku, Mermaid Saga dan masih banyak lagi. Rumiko Takahashi merupakan salah satu wanita terkaya di Jepang. Manga-manga karyanya sangat populer di negara-negara selain Jepang dan Asia.


8Bleach

Burīchi, adalah kata awal yang diromanisasikan menjadi Bleach. Bleach merupakan hasil karya Noriaki Kubo yang lebih dikenal sebagai Tite Kubo. Bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat dan berjumpa dengan shinigami yaitu dewa kematian. Sebelum Bleach seterkenal sekarang, komik karya Kubo-sensei yang berjudul Zombie Powder pernah diterbitkan namun dihentikan karna kurangnya popularitas dan overdosis konten seksual. Tak berhenti sampai disitu dengan keinginan yang kuat dan dengan dukungan Toriyama Akira (pencipta Dragon Ball) akhirnya Bleach pun diterbitkan dan mulai serialisasi di Shonen Jump.


7Yu-Gi-Oh!

Bagi anak milenium sudah tak asing lagi pastinya mendengar anime Yu-Gi-Oh! Karakter ciptaan Kazuki Takahashi dari  Tokyo ini adalah pencipta permainan itu sendiri. Penciptaan Yu-Gi-Oh! awalnya dikenal sebagai “Magic dan Wizards” yaitu permainan kartu Magic dan berlanjut dengan Duel Monster (internasional dikenal sebagai Yu-Gi-Oh!), manga spin-off (Yu-Gi-Oh! R), dua anime spin-off (Yu-Gi-Oh! GX dan Yu-Gi-Oh! 5D’s) dan banyak lainnya.


6Dragon Ball

Dragon Ball adalah hasil karya salah satu mangaka legendaris di Jepang bernama Akira Toriyama. Bercerita tentang  Goku yang hidup di tengah gunung dan bertemu dengan seorang gadis muda genius yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib pengabul semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball. Akira Toriyama banyak menelurkan karya-karya hebat, selain Dragon Ball ada Fox Tale, dan Blue Dragon. Dragon Quest adalah karakter ciptaan lainnya yang diangkat ke dalam manga dan anime.


5Crayon Shin-chan

Siapa yang tidak kenal dengan karakter Sin-chan, tingkahnya bersama murid dan guru-guru taman kanak-kanak juga kegenitan yang kompak dengan sang ayah menjadi animasi komedi anak-anak paling digemari setelah kemunculan perdananya pada tahun 1990. Namun sayang sekali, Yoshito Usui sang pencipta Shin-chan telah meninggal dunia dikarenakan terjatuh dalam pendakian gunung di Prefektur Gunma. Namun Shin-chan tetap berjaya membesarkan namanya di dunia perkomikan.


4Detektif Conan

Bercerita tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus kini telah diracuni dan berubah menjadi menjadi anak berusia 7 tahun. Shinichi segera menyamarkan identitasnya menjadi Conan Edogawa dan diam-diam menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang dikenal dengan nama Organisasi Hitam.

Pencipta Detektif Conan adalah seorang mangaka berkebangsaan Jepang bernama Gosho Aoyama. Karyanya ini telah dikenal hingga ke Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya sebagai Case Closed. Dia juga telah bekerjasama dengan serial anime Hamtaro untuk mendesain karakter manusia dalam film animasi tersebut.


3Doraemon

Doraemon identik dengan kantong ajaibnya. Mulanya robot kucing dari masa depan yang dikirim untuk menolong Nobita, yaitu seorang anak kelas 5 sekolah dasar yang sangat pemalas.

Doraemon adalah karya dari Fujiko f fujio yang bernama asli fujimoto hiroshi. Sebenarnya ia adalah satu dari dua orang pengarang komik doraemon yang awalnya duo ini bernama fujiko fujio (tanpa inisial ‘f’ ditengahnya) dan memutuskan berpisah di tahun 1996 untuk meneruskan karirnya masing-masing tanpa pernah membuat ending dari cerita doraemon. Itulah mengapa banyak yang mempertanyakan cerita akhir dari doraemon hingga ada yang memalsukan dan dituntut secara resmi oleh management doraemon. Kini Fujiko F Fujio telah meninggal dunia dan dimakamkan di pemakaman midorigaoka.


2Naruto

Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, yaitu pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Naruto pertama kali dipublikasikan tahun 1999 di Shounen jump dan mampu membuat Kishimoto Masashi sang penciptanya menerima penghargaan hop step. Naruto sukses besar dan namanya besar hingga keluar penjuru Asia. Masashi Kishimoto mulai mengembangkan bakatnya akan menggambar semenjak usia SD. Masashi Kishimoto menjadi mangaka terkenal semenjak karyanya meledak di tahun 1999. Setelah sukses di komik lalu naruto di buat film dan ditayangkan untuk pertama kalinya di sebuah televisi di jepang pada 03 oktober 2002.


1One Piece

Pada tahun 1997 One Piece terbit untuk pertama kalinya di majalah Shonen Jump dan menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang. Sebuah anime dan manga tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D. Luffy dan pergi mencari harta karun peninggalan raja bajak laut Gol D. Roger, One Piece.

Mangaka One Piece yang mendunia ini bernama Eiichiro Oda. Mimpi masa kecilnya sebagai bajak laut ia kombinasikan dengan cita-citanya menjadi seorang mangaka. Pada umur 19 tahun Eiichiro Oda telah menjadi asisten Nobuhiro Watsuki dalam pengerjaan Rurouni Kenshin. Bersamaan dengan itu pula, Eiichiro Oda menggambar Romance Dawn yang merupakan bab awal dari One Piece. Setelah disusul meledaknya Naruto pada tahun 1999, Manga One Piece ini tetap bersaing go internasional dan melesat cepat menjadi Manga no 1 di Dunia.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry