Flora & Fauna

Ih Lucu! Ini 10 Hewan Air Mungil Nan Menggemaskan di Dunia

Dengan air yang meliputi lebih dari 70 persen Bumi, mahkluk yang hidup di lautan, sungai, dan danau kita masih banyak yang belum diketahui, misterius, dan kemungkinan besar akan membuat kita terkejut. Banyak makhluk besar yang hidup di laut ataupun di air tawar yang telah menjadi populer di masyarakat dan bahkan ditampilkan di berbagai acara televisi. Namun, makhluk air berukuran kecil tidak begitu terkenal meskipun sama banyaknya tersebar ditiap perairan di bumi ini. Sulit dipercaya bahwa makhluk-makhluk laut kecil ini dapat bertahan di kedalaman lautan yang berbahaya dengan adanya berbagai macam pemangsa, bahkan ada yang hidup diperairan yang tidak layak huni.

Terhadap segala rintangan, makhluk air yang sangat kecil dalam artikel ini tidak hanya mampu bertahan hidup tetapi juga berkembang, dan yang terpenting adalah : semuanya sangat mungil dan menggemaskan!


10Nudibranch

Nudibranch adalah sebangsa siput laut dengan ukuran yang hanya berkisar 0.64 cm (tidak sampai 1 cm loh sobat!). Siput laut kecil ini adalah karnivora yang memakan berbagai jenis hewan air lainnya dan bahkan memakan sesama Nudibranch (waw, kanibal juga ya!). Nudibranch pun adalah hewan hermaprodit (kelamin ganda).

Nudibranch memiliki bulu yang berwarna warni dan bermotif cerah, namun semua akan berbeda tergantung lingkungan tempat mereka hidup. Mereka lebih sering ditemukan di perairan tropis yang dangkal dan juga dilautan.


9Kuda Laut Pigmy

Kuda Laut Pigmy adalah salah satu spesies kuda laut terkecil di dunia yang menjadi hasil temuan baru dari para ilmuwan biologi. Para ilmuwan secara tidak sengaja menemukan hewan mungil nan cantik ini ketika sedang memeriksa terumbu karang di Samudera Pasifik Barat. Sejauh ini para peneliti telah mengetahui bahwa kuda laut ini memiliki rata – rata panjang tubuh sekitar 1 – 2 cm.

Kuda Laut Pigmy ini menggunakan terumbu karang untuk berkamuflase (mengubah warna tubuhnya seperti terumbu karang tempat ia bersembunyi).

Sama seperti spesies kuda laut lainnya, Kuda Laut Pigmy jantan yang akan mengandung dan melahirkan anak – anaknya. Mereka pun dikenal sebagai mahkluk monogami disepanjang hidupnya. Duh, sudah lucu,setia lagi. Jangan mau kalah sama si Pigmy ya guys!


8Udang Karang Cambuk

Hewan air mungil dari bangsa Krustasea ini hanya memiliki panjang tubuh sekitar 1,5 cm aja loh sobat Tentik. Lalu apa yang membuat udang ini masuk kedalam kategori hewan yang mungil dan cantik? Tentu saja karena ia memiliki warna – warna terang ditubuhnya yang umumnya berwarna cerah dan putih serta sebagian besar tubuhnya ditutupi oleh duri – duri yang semakin membuat penampilan udang ini menarik. Udang Keren nih namanya. Hehe

Nama udang ini didapat karena ia banyak hidup di antara karang cambuk untuk berkamuflase, dimana udang ini membangun hubungan simbiosis mutualisme dengan karang cambuk dengan memakan parasit ataupun ganggang yang dapat merusak karang. Luar biasa ya sobat.


7Hiu Lentera Kerdil

Sejak lahir, hiu lentera kerdil telah mendapatkan gelar sebagai Hiu terkecil sedunia (Loh!). Ukuran dewasanya saja hanya sepanjang 20 cm saja, jauh sekali dari ukuran hiu normal yang bertebaran di lautan. Hiu ini diketahui berhabitat di Laut Karibia disepanjang garis pantai Amerika Selatan di kedalaman 300 – 460 meter.

Meski begitu, hiu ini tetaplah seekor karnivora, ia memakan kril dan berbagai jenis hewan krustasea lainnya. Hiu ini pun termasuk Bioluminescent, yang berarti ia memiliki organ tubuh yang bisa menciptakan cahaya sendiri.

Kalau dengan hiu mungil nan menggemaskan yang satu ini, apa sobat Tentik masih takut hiu?


6Echinocyamus Scaber

Echinocyamus Scaber adalah sejenis landak laut yang terkecil didunia, ukuran tubuhnya hanya berkisar 6 milimeter saja loh! Dan ia banyak dijumpai di Samudera Pasifik bagian barat (mungkin tetanggaan sama kuda laut Pigmy ya).

Hewan ini menyerupai bola kecil, dipenuhi duri – duri dan sering bersembunyi di celah – celah kecil karang dan di bawah pasir (awas terinjak ya!). Warna mereka mengikuti lingkungan tempat mereka hidup.


5Ikan Goby Filipina Kerdil

Selalu ada yang terkecil dari yang terkecil. Setelah kita mengira kalau daftar hewan air diatas adalah yang terkecil, ternyata masih ada ikan Goby Filipina Kerdil yang lebih kecil lagi! Ukuran dewasanya tidak sampai 9 milimeter. Ikan ini awalnya diketahui hanya hidup di perairan Filipina saja, namun saat ini sudah pernah ditemukan juga hidup diperairan Singapura, Bali, dan Fiji. Mereka biasanya hidup diperairan berlumpur dan rindang dikedalaman yang tak lebih dari 2 meter.

Sebagian tubuh ikan ini terlihat transparan, dan mereka biasanya hidup dalam gerombolan kecil. Dengan ukurannya yang super mungil, ikan ini hanya memakan plankton sebagai makan utamanya. Mau melihara satu gak sobat Tentik?


4Kepiting Polong

Sesuai namanya, kepiting ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dan kecil, mirip seperti kacang polong. Kepiting ini termasuk dalam kategori kepiting terkecil didunia karena sang pejantan hanya memiliki ukuran tubuh dewasa sekitar 0,8 cm. Sang betina biasanya berwarna merah muda, dan jantan berwarna coklat gelap.

Kepiting ini sering disebut oleh beberapa orang sebagai kepiting parasit karena mereka lebih suka hidup di tubuh hewan moluska, juga sebagai tempat bersembunyi dan makan. Kepiting ini tidak memakan sang moluska, tetapi ia ikut memakan apa yang dimakan oleh sang moluska itu sendiri. Jadi lebih mirip seperti menumpang hidup saja ya. Dasar!


3Bintang Laut Mendayung

Bintang laut ini adalah spesies bintang laut terkecil didunia, mereka hanya mampu tubuh tidak lebih dari kuku jari saja. Hewan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2007, hewan ini memiliki warna oranye kekuningan dan hidup disepanjang pantai Australia Selatan.

Seperti bintang laut lainnya, Bintang Laut Mendayung juga tidak memiliki tulang dan diklasifikasikan dalam kelompok besar Echinodermata.

Namun tidak seperti kebanyakan bintang laut yang memiliki 5 lengan, Bintang Laut Mendayung memiliki 6 lengan loh sobat Tentik. Dan seperti namanya, lengan – lengan mereka ditutupi oleh duri – duri yang menyerupai dayung.


2Gurita Wolfi

Gurita ini sudah banyak dikenal masyarakat karena video tentang dirinya yang tersebar di dunia maya. Bagaimana tidak, selain mungil, gurita ini juga memiliki tingkah yang sangat lucu loh sobat Tentik.

Gurita ini hanya mampu tumbuh sekitar 13 cm (sudah termasuk tentakel loh) dengan berat sekitar 28 gram. Gurita ini biasa hidup diperairan yang hangat dan bersih dikepulauan Cayman. Gurita ini pun sangat ahli dalam hal bersembunyi dan berbaur keberbagai objek yang berbeda!

Untuk mengimbangi ukurannya yang mungil, gurita ini dipersenjatai racun untuk disuntikan ke mangsanya saat berburu, dimana ia lebih sering memakan hewan – hewan Krustacea seperti udang, kepiting, dan lainnya. Gurita ini pun dikenal sangat pintar loh sobat, dimana mereka sangat senang mengamati sesuatu dari kejauhan. Lucu sekali ya!


1Paedocypris progenetica

Paedocypris progenetica adalah ikan dengan gelar ikan terkecil didunia, mengalahkan si ikan Goby Filipina Kerdil diatas. Bagaimana tidak, ikan ini hanya mampu tumbuh tidak sampai 7,9 milimeter. Menariknya, sebagian besar tubuh ikan ini pun transparan, dengan kepala yang tidak terlindungi oleh tulang.

Ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006, di rawa – rawa Sumatera, oleh peneliti bernama Maurice Kottelat dan Tan Heok Hui. Di tempat ikan ini berasal, airnya sangat gelap dan asam, dengan pH yang hampir 100 kali lebih asam daripada air hujan.

Awalnya diyakini bahwa perairan ini sebagian besar tidak bisa untuk dihuni makhluk hidup. Namun, para peneliti ini tenyata telah menemukan semakin banyak spesies yang dapat bertahan hidup dalam kondisi air yang ekstrim tersebut. Amazing!

 

 

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry