Budaya & Literatur Traveling

Indahnya 10 Festival Bunga dari Berbagai Negara di Dunia. Amazing!

Bunga adalah keindahan. Aromanya yang harum dan bentuknya yang cantik dan menawan membuat siapa pun betah untuk menikmatinya. Ternyata bunga memiliki tempat tersendiri bagi penggemarnya.

Moleknya bunga ternyata menarik hati berbagai kalangan untuk mengabadikannya dalam parade dan festival. Kemolekan dan keindahan itulah yang membuat festival bunga menjadi salah satu festival yang ditunggu-tunggu di seluruh penjuru dunia.


10Tomohon International Flower Festival

festivalbunga10

Tomohon adalah salah satu daerah penghasil bunga terbesar di Indonesia. Untuk mendukung potensi ekonomi dan pariwisata Tomohon, jajaran pemerintah daerah beserta Kementrian Pariwisata akan menggelar kembali festival bunga bertajuk ‘Tomohon International Flower Festival (TIFF)’.

Pada tahun 2015 lalu, wisatawan lokal dan mancanegara berdesak-desakan untuk mendapatkan spot terbaik untuk melihat parade. Tidak hanya negara Indonesia saja, festival bunga ini juga melibatkan berbagai negara seperti Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Filipina, Selandia Baru, dan India. Untuk tahun 2016, acara ini diselenggarakan pada Senin, 8 Agustus 2016.


9Canadian Tulip Festival

festivalbunga9

Canadian Tulip Festival disebut-sebut sebagai festival bunga tulip terbesar di dunia. Festival bunga ini pertama kali diselenggarakan tahun 1953 di Ottawa. Selain menampilkan bunga-bunga tulip yang cantik dan indah, festival ini juga terdiri dari berbagai macam acara. Antara lain pidato penyambutan, konser musik, hingga festival memasak.


8Batalla de Flores

festivalbunga8

Kota Valencia, Spanyol juga memiliki festival bunganya sendiri yang tak kalah cantiknya. Festival ini sendiri diadakan untuk memperingati berakhirnya bulan panjang Feria de Julio. Festival ini dimulai dengan perahu-perahuan yang berisi gadis-gadis cantik yang ditarik oleh kuda.

Gadis-gadis tersebut didandani dan mengenakan kostum tema bunga-bunga. Ketika diarak, baik penonton maupun awak parade akan melempar bunga satu sama lain. Namun, jangan khawatir, gadis-gadis itu telah dibekali raket tenis sebelumnya untuk menangkis serangan.


7The Spalding Flower Parade

festivalbunga7

The Spalding Flower Parade pertama kali diselenggarakan untuk memperingati Jubilee King George V dan Ratu Mary yang kembali pada tahun 1953. Saat itu, bunga tulip memiliki jumlah yang sangat banyak sehingga digunakan untuk berbagai macam perayaan. Tradisi ini terus berlanjut sehingga menjadi festival yang sering ditunggu-tunggu hingga saat ini.


6Madeira Flower Festival

festivalbunga6

Madeira Flower Festival diselenggarakan selama empat hari lamanya. Baik toko-toko maupun rumah-rumah semua ikut antusias menyambutnya dengan menampilkan bunga-bunga yang indah. Selain itu, karpet bunga yang digelar turut mewarnai semaraknya madeira flower Festival ini. Tidak hanya itu saja, aroma harum bunga membuat para pengunjung untuk betah berlama-lama disana.


5The Rose Parade

festivalbunga5

The Rose Parade pertama kali diselenggarakan di bulan Januari tahun 1980. Sejak saat itu, The rose Parade menjadi populer dan menjadi salah satu festival yang ditunggu-tunggu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. The Rose Parade merupakan perayaan menyambut datangnya tahun baru di Amerika. Parade ini sendiri tepatnya diselenggarakan di Pasadena, California. Tidak hanya parade bunga, parade ini juga menampilakn live music, horse parade, dan kontes kecantikan.


4Pakistan Flower Show

festivalbunga4

Pakistan juga memiliki caranya tersendiri untuk memperingati musim mekarnya bunga dan menggali potensi pariwisatanya. Pada bulan Februari 2011 lalu, festival bunga Pakistan yang bertajuk Pakistan Flower Show digelar. Festival ini diselenggarakan di Karachi.

Pakistan Flower Show memarkan berbagai variasi tanaman dan bunga yang indah, dekorasi kebun, hingga ajang merangkai tanaman dan bunga yang sangat artistik. Ajang Pakistan Flower Show juga memiliki tujuan untuk mengedukasi para pengunjung. Pengunjung dapat mengenal lebih dekat variasi tanaman bahkan yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.


3Brussels Flower Carpet

festivalbunga3

Bagaimana rasanya jika Anda terdampar dalam sebuah hamparan karpet bunga yang luar biasa indah? Di Brussel, setiap dua tahun sekali rutin mengadakan festival bunga yaitu Brussel’s Flower Carpet. Pada tahun 2016, acara ini diselenggarakan pada 12-15 Agustus 2016.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 600.000 bunga disiapkan khusus untuk acara ini. Karpet bunga ini sendiri memiliki panjang 75 meter dan lebar 24 meter. Brussel’s Flower Carpet ini sendiri diadakan pertama kali pada tahun 1971 dan menjadi ajang dua tahunan sejak tahun 1986.


2Panagbenga Festival

festivalbunga2

Panagbenga adalah salah satu festival bunga yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Filipina dan wisatawan mancanegara. Festival ini sendiri diadakan setiap bulan Februari setiap tahunnya. Dalam Tidak hanya mempertontonkan rangkaian bunganya yang indah saja, festival ini juga mempertunjukkan tarian-tarian. Tidak hanya itu saja, para gadis cantik Filipina pun juga turut memperagakan kostum bunga andalan mereka.


1Van Gogh-theme Flower Festival

festivalbunga1

Belanda adalah salah satu negara yang terkenal dengan bunga-bunga indahnya. Bahkan, Belanda dijuluki sebagai negeri tulip. Tidak hanya tulip saja, Belanda bahkan memiliki bunga-bunga dahlia yang indah. Pada hari minggu pertama bulan September setiap tahunnya, warga Belanda akan mengadakan festival bunga dahlia untuk menghormati untuk menghormati seniman legendaris Vincent Van Gogh yang lahir pada tahun 1853.

Karya-karya yang dipamerkan dalam festival ini sungguh-sungguh luar biasa. Sangat mengagumkan! Karya-karya bunga dahlia yang dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk yang menawan. Festival bunga ini sendiri ditonton oleh 50.000 orang.

Belanda sendiri merupakan salah satu negara penyuplai dahlia terbesar. Di daerah ini, terdapat 81 are area tanah yang khusus ditanami dahlia dengan lima puluh spesies yang berbeda.


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of