Bisnis, Fashion & Hobby

Ingin Jadi Pengusaha Kuliner Sukses dan Laris Manis? Simak 10 Hal Ini!

Bagi sebagian besar masyarakat, mengambil keputusan untuk berprofesi sebagai seorang wiraswasta tidaklah mudah. Berwiraswasta memiliki sejumlah risiko yang mau tidak mau membutuhkan ketahanan mental yang baja bagi yang melakoninya. Begitupula dengan jumlah pengusaha di Indonesia yang belum begitu banyak.

Alasannya pun bermacam-macam. Mulai dari susahnya mendapatkan modal, perijinan yang berbelit-belit, hingga budaya bekerja sebagai pegawai yang masih cukup populer di Indonesia. Akan tetapi, tantangan-tantangan tersebut tidak menyurutkan bagi mereka calon pengusaha yang ingin sukses dan bermanfaat bagi banyak orang dimasa depan.

Anda kah salah satunya?

Dari sekian banyak jenis usaha yang dapat kita geluti, tentu sebagian dari kita akan tertarik dengan dunia yang berhubungan dengan kuliner. Ya, Anda benar. Dunia yang berhubungan dengan makanan. Semua orang suka dan butuh makan. Bahkan, kegiatan makan kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Asyik, bukan?

Sebelum Anda terjun ke dunia usaha yang satu ini, Anda wajib mempersiapkan berbagai macam amunisi yang diperlukan. Apa sajakah hal yang harus dipersiapkan? Yuk simak selengkapnya.


10Tentukan Target Pasar

tipsbisniskuliner10

Membidik pangsa pasar merupakan salah satu langkah awal dalam membangun usaha kuliner yang sukses dan laris manis dimasa depan. Pertama, Anda dapat menentukan terlebih dahulu pangsa pasar Anda. Apakah untuk kalangan menengah, kalangan atas, pelajar, atau mahasiswa. Dengan menentukan target pasar Anda dapat menyusun konsep yang akan digunakan, menu andalan, hingga harga jual.


9Konsep yang Unik dan Matang

tipsbisniskuliner9

Setelah memilih target pasar, kini Anda dapat menentukan konsep yang unik dan mumpuni. Anda dapat merancang konsep ala kafe, restoran, hingga ala kaki lima namun dengan konsep yang elegan. Rancang konsep unik tersebut sesuai keinginan dan kebutuhan pasar.


8Susun Daftar Menu Andalan

tipsbisniskuliner8

Misalnya Anda ingin membangun sebuah bisnis kuliner untuk mahasiswa. Tentu Anda juga harus membuat harga jual yang sesuai pula dengan kantong mahasiswa. Jika target pasar Anda adalah mahasiswa, maka Anda juga harus selalu upgrade dengan perkembangan yang sedang hits dikalangan mahasiswa.

Anda dapat membuat menu makanan yang kekinian dengan harga jual yang ekonomis namun tetap menguntungkan. Bagaimana, gurih sekali bukan?


7Rancang Anggaran Belanja

tipsbisniskuliner7

Membuka usaha kuliner membutuhkan perabot dan hal remeh temeh yang tidak sedikit. Mulai dari sewa tempat, mempersiapkan perabotan, spanduk, banner, perlengkapan makan dan penyimpanan, bagian kasir, dapur, hingga anggaran belanja bahan makanan.

Anda harus merancangnya sedetail mungkin dengan menggunakan bussiness plan. Jika kesulitan, Anda dapat meminta bantuan kepada ahlinya atau yang sudah berpengalaman.


6Kuasai Dapur Anda

tipsbisniskuliner6

Menguasai dapur Anda sendiri merupakan hal yang sangat krusial dan penting. Anda harus mengenal dapur Anda dengan baik dari hulu ke hilir. Anda harus mengetahui managemen penyimpanan dan stok bahan makanan, mengecek bahan makanan yang sudah kadaluarsa, hingga menentukan bahan makanan yang paling cepat habis karena laris.

Tentu pelanggan Anda akan kecewa jika menu favoritnya tidak tersedia, bukan?


5Latih Personil

tipsbisniskuliner5

Usaha kuliner membutuhkan personil yang tidak sedikit. Mulai dari kasir, waiter/waitress, dan tukang masak. Bagi Anda yang merintis usaha ini bersama-sama dengan keluarga atau sahabat. Anda dan sahabat dapat terjun sendiri sebagai personil dengan pembagian tanggung jawab masing-masing. Suatu saat, jika bisnis Anda sudah besar, Anda dapat merekrut karyawan baru yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda juga harus melatih karyawan-karyawan Anda supaya dapat bekerja dengan profesional dan tidak mengecewakan pelanggan.


4‘Patenkan’ Cita Rasa

tipsbisniskuliner4

Memasak adalah sesuatu yang dinamis. Tentu kita akan senantiasa tertarik dan teringat dengan cita rasa masakan yang membuai lidah, bukan? Anda harus membubuhkan cita rasa yang unik dalam setiap sajian Anda. Hal ini dikarenakan kecenderungan perilaku konsumen yang seringkali membanding-bandingkan harga dengan tempat lain.

Jika sajian Anda memiliki cita rasa yang dapat membuat konsumen tergila-gila, maka tak lama lagi kesuksesan akan nampak di depan mata.


3Siapkan Strategi Promosi

tipsbisniskuliner3

Tentu akan sia-sia jika Anda memiliki sajian makanan yang luar biasa akan tetapi tidak ada seorang pun yang mengetahui usaha kuliner Anda. Sayang sekali, bukan? Anda dapat melakukan strategi promosi dengan meriah namun tetap murah. Anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai alat marketing Anda.


2Back Up Usaha Anda Saat Memasuki Masa Kritis

tipsbisniskuliner2

Dalam sebuah perjalanan pendewasaan sebuah usaha, suatu saat Anda pasti akan memasuki ‘fase-fase kritis dalam usaha’. Mulai dari sepinya pembeli dalam beberapa waktu tertentu, harga bahan pokok yang naik, harga sewa tempat yang naik, hingga perputaran uang yang tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk meminimalisasi hal yang tidak diinginkan tersebut, alangkah baiknya jika Anda memiliki back up dan plan cadangan. Baik dari segi finansial dan operasional.


1Lokasi, lokasi, dan lokasi !

tipsbisniskuliner1

Tidak dipungkiri bahwa lokasi merupakan salah satu faktor pendukung kesuksesan sebuah usaha. Seperti lokasi yang strategis misalnya. Jika Anda memiliki modal yang cukup, tentu menyewa tempat usaha di lokasi strategi bukan menjadi sebuah permasalahan yang berarti. Akan tetapi bagi Anda dengan modal usaha yang minim tak perlu berkecil hati. Anda tetap dapat membuka usaha kuliner Anda di tempat yang telah Anda sediakan.

Lokasi yang strategis tidak selamanya menjadi faktor utama kesuksesan sebuah usaha. Mari kita tengok usaha-usaha kuliner yang berada di daerah Solo dan Yogyakarta. Tidak sedikit usaha – usaha yang berada di daerah tersebut justru berada di gang-gang sempit dan terletak di lokasi antah berantah.

Justru tempat-tempat makan dengan lokasi yang seperti demikian yang paling banyak diburu. Hal ini karena efek marketing alami yaitu getok tular atau istilah kerennya testimoni pengunjung yang membuat kepopuleran sebuah usaha menjadi heboh. Jika pengunjung puas, maka mereka dengan gratis dan ikhlas akan merekomendasikan usaha kepada orang lain.

Bagaimana, siap untuk menjadi seorang pengusaha kuliner yang sukses dan hebat dimasa depan?


Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!