Unik & Aneh

Pecinta Adrenalin, Coba Rasakan Sensasi Landing di 10 Bandara Ini!

Bepergian menggunakan pesawat terbang kiranya menjadi alternatif yang cukup diminati oleh masyarakat baik itu pebisnis, pelancong, maupun turis untuk mencapai destinasi yang cukup jauh dan memakan lebih sedikit waktu. Apalagi bila daerah yang ingin dituju terpisah berjuta kilo meter dari daerah asal dan dijembatani oleh perairan. Hal ini cukup membantu mereka yang berkepentingan di tempat jauh dan hanya memiliki sedikit waktu ditambah bila mereka memang orang yang cukup memiliki dana lebih.

Untuk sampai di tempat tujuan, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh awak pesawat mulai dari bandara keberangkatan, kesiapan pesawat dalam hal mesin dan bahan bakar, kesiapan awak pesawat itu sendiri, cuaca, hingga bandara tujuan. Namun, apa jadinya bila dari segi bandara sendiri sudah menyiapkan ‘ketegangan’ bagi awak pesawat maupun penumpang seperti landasan pacu yang berbahaya dan membutuhkan keterampilan serta kemampuan pilot yang sangat cakap? Bisa jadi ini tantangan bagi Anda penyuka hal-hal yang memacu adrenalin. Seperti apakah bandara dengan landasan pacu yang berbahaya ini? Mari kita simak ulasannya!


10Bandara Paro, Bhutan

bandaraekstrim10

Bandara Paro merupakan satu-satunya bandara internasional di Bhutan dan sebagai pangkalan utama maskapai Druk Air. Letaknya dikelilingi bukit dengan ketinggian sekitar 18.000 kaki dan menjadikannya salah satu bandara paling berbahaya di dunia dan hanya 8 pilot yang memiliki sertifikat untuk mendarat di bandara ini. Take off maupun landing di bandara ini hanya boleh dilakukan ketika cuaca sedang baik dan waktunya pun terbatas sejak matahari terbit hingga tenggelam.


9Bandara Juancho E Yrausquin, Saba, Karibia

bandaraekstrim9

Bandara ini merupakan satu-satunya bandara yang terletak di Saba, Karibia, dan merupakan bandara dengan landasan pacu terpendek di dunia, yakni hanya sepanjang 396 meter. Selain jarak pendeknya yang membuat bandara ini dijuluki sebagai salah satu bandara dengan landasan pacu berbahaya di dunia, bandara ini terletak di sisi bukit tinggi dengan tebing yang bermuara ke laut pada kedua ujung landasan pacu. Pesawat terbang yang boleh melakukan take off dan landing di sini hanya pesawat kecil sementara jet aircraft tidak diizinkan.


8Bandara Princess Juliana International Airport, St. Maarten, Karibia

bandaraekstrim8

Bandara ini juga terletak di Pulau Saint Martin, Karibia. Bandara ini dikenal dengan flyover landing yang sangat rendah karena salah satu ujung landasan pacu berjarak sangat dekat dengan Pantai Maho. Meski mungkin landing pesawat menjadi pemandangan yang patut diabadikan dari bibir pantai, namun jelas ini sangat mendebarkan bagi awak dan penumpang pesawat. Bandara ini juga menjadi salah satu tempat favorit di dunia di antara lalu lintas pesawat dan uniknya tidak tercatat adanya insiden besar di bandara ini meski terkenal sulit dalam pendekatan pendaratannya yang sangat rendah.


7Bandara Barra, Skotlandia

bandaraekstrim7

Bandara ini terletak di ujung utara Pulau Barra, Skotlandia, dan merupakan satu-satunya bandara dengan pendaratan yang dilakukan di pantai. Pantai ini hanya memiliki tiga landasan pacu dengan penanda yang hanya terbuat dari kayu. Jadwal penerbangan untuk take off maupun landing di bandara ini sangat tergantung pada gelombang pasang. Bila mengharuskan adanya penerbangan darurat di malam hari, terdapat lampu kendaraan yang menjadi tanda garis tengah di landasan yang berada di pantai.


6Bandara Matekane, Lesotho

bandaraekstrim6

Merupakan bandara yang terletak di Lesotho, Afrika, dengan landasan pacu hanya sepanjang 400 meter yang salah satu ujungnya bermuara ke tepian jurang sedalam 600 meter. Bandara ini sering kali digunakan oleh organisasi dan dokter amal untuk mengakses desa di area tersebut dan juga bandara ini dicap sebagai salah satu bandara dengan landasan pacu paling mengerikan dan berbahaya di dunia.


5Bandara Funchal, Madeira

bandaraekstrim5

Bandara satu ini terletak di dekat Funchal, Madeira, Portugal, dengan dua landasan pacu sepanjang 1600 meter. Secara geografis lebih tepatnya bandara ini terletak di tengah pegunungan dan Samudera Atlantik yang menyebabkan take off maupun landing di bandara ini harus dilakukan oleh pilot terlatih karena harus bergerak cepat mengindari gunung dan segera berbelok menghindari lautan. Meski panjangnya masih cukup panjang dibandingkan dengan Bandara di Lesotho, namun letaknya yang berada di pinggir laut menjadikan bandara ini sebagai bandara dengan landasan pacu berbahaya di dunia.


4Bandara Tenzing-Hillary, Lukla, Nepal

bandaraekstrim4

Merupakan sebuah bandara kecil di Lukia, Khumbu, Nepal Timur. Yang menjadikan bandara ini dicap sebagai bandara dengan landasan pacu berbahaya di dunia adalah letaknya di daratan tinggi, udara tipis dan dapat berubah-ubah, serta landasan pacunya yang pendek dan miring. Sangat ekstrim. Selain itu halangan lain yang membuat penerbangan di bandara ini harus dilakukan oleh pilot profesional dan sangat memperhatikan waktu adalah adanya angin kencang, awan yang menutupi pandangan, serta jarak pandang yang bisa berubah-ubah. Bahkan bandara ini sangat dilindungi oleh pagar rantai dan dijaga polisi bersenjata Nepal sepanjang waktu.


3Bandara Kai Tak, Hong Kong

bandaraekstrim3

Bandara ini terletak di utara Teluk Kowloon, Hong Kong, dengan keadaan geografis sekitar bandara merupakan pegunungan, jajaran bukit setinggi 2000 kaki, dan perbukitan yang jaraknya kurang dari 5 km. Selain itu di sisi selatan bandara terdapat pelabungan dan pulau Hong Kong dengan bukit setinggi 1700 kaki yang menyebabkan penerbangan di bandara ini memiliki kesulitan yang cukup tinggi karena harus melewati daerah pemukiman dengan ketinggian yang sangat rendah dan aktivitasnya telah melebihi kapasitas.


2Bandara Couchevel, Prancis, Pegunungan Alpen

bandaraekstrim2

Merupakan bandara milik Perancis dengan landasan pacu yang sangat pendek, yakni 525 meter dengan kemiringan hampir mencapai 20%. Pendekatannya terbilang cukup sulit dengan landasan pacu menukik dan bukit yang difungsikan sebagai tempat kegiatan ski. Ketinggian bandara ini ada pada 6588 kaki atau sekitar 2008 meter. Oksigen tipis, udara berkabut, dan suhu yang cukup rendah akan membuat adrenalin Anda cukup tertantang untuk mengalami pendarata pesawat di bandara ini.


1Bandara Sea Ice Runaway, Antartika

bandaraekstrim1

Bandara satu ini berada di atas es laut yang selalu diukir setiap tahunnya sebuah landasan pacu sepanjang 2.5 mil atau sekitar 4000 meter dan hanya beroperasi ketika musim panas di Antartika. Tantangan bagi pilot adalah menghindari pendaratan yang terlampau berat dan pesawat harus diawasi secara ketat agar tidak tenggelam lebih dari 10 inchi atau 0.25 meter ke dalam es.


Bagaimana? Cukup menantang adrenalin bukan? Bila Anda benar-benar ingin merasakan sensasi penerangan dari maupun menuju bandara ini, sebaiknya ikuti peraturan ketat yang diberikan oleh pihak maskapai penerbangan untuk menghindari kejadian tak diinginkan. Selamat memacu adrenalin di bandara dengan landasan pacu paling berbahaya di dunia!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.
error: Alert: Content is protected !!