Mitos & Legenda

Ini 10 Benda yang Dianggap Keramat oleh Orang Indonesia

Apakah kamu sering mendengar tentang benda-benda keramat yang ada di Indonesia? Beberapa orang di Indonesia memang memiliki kepercayaan bahwa ada benda-benda yang dianggap keramat. Benda-benda tersebut harus dijaga, dirawat, dan disayangi. Alasannya karena benda-benda tersebut dikatakan dapat memberikan efek pada kehidupan. Berikut ini merupakan benda-benda yang dianggap keramat di Indonesia.


10Clurit

bendakeramatindo10

Clurit biasa dikenal dengan nama arit di Pulau Jawa. Biasanya benda ini dipakai untuk berkun. Namun jika di Madura, clurit menjadi simbol pertandingan kekuatan antar dua individu. Konon katanya, semakin banyak clurit tersebut mengalahkan orang maka semakin keramat.


9Keris

bendakeramatindo9

Benda yang satu ini memiliki banyak jenis nama. Keris merupakan benda keramat yang dipercaya mampu dihuni oleh makhluk gaib. Pemilik keris biasanya dianggap sakti karena kekuatan tersebut.


8Rencong

bendakeramatindo8

Rencong merupakan senjata utama masyarakat Aceh. Dulunya benda ini digunakan untuk melawan penjajah saat perang. Tingkat kekeramatannya dinilai dari lama usia keris tersebut. Semakin tua keris, maka semakin keramat.


7Mandau

bendakeramatindo7

Masyarakat Kalimantan memiliki benda keramat bernama Mandau. Benda ini biasa digunakan saat terjadi pertikaian antar suku. Konon benda ini dikendalikan oleh kekuatan supranatural, bahkan bisa mencari mangsanya sendiri sesuai dengan keinginannya. Mandau dianggap keramat jika sudah digunakan untuk memenggal ratusan kepala manusia.


6Badik

bendakeramatindo6

Badik merupakan senjata yang dulu digunakan pada awal masa-masa kerajaan di Sulawesi. Semakin tua usia Badik, maka benda ini dikatakan semakin keramat. Bahkan senjata ini juga menjadi pelindung dari masyarakat Sulawesi.


5Klewang

bendakeramatindo5

Tidak berbeda jauh dengan benda keramat lainnya, kelewang dikatakan keramat jika banyak menghabisi jiwa manusia. Awal mulanya senjata ini dipakai untuk pertarungan, namun saat ini kelewang banyak digunakan sebagai parang.


4Taring Harimau

bendakeramatindo3

Benda keramat selanjutnya adalah taring harimau. Masyarakat sekitar percaya bahwa jika membawa taring harimau pada jempol kaki kanan atau jempol kaki kiri dapat membuat mereka lari secepat harimau. Diumpakan kita berlari dari Jakarta ke Bogor hanya dalam waktu 10 menit saja.


3Kujang

bendakeramatindo4

Kujang merupakan benda pusaka milik masyarakat Sunda sejak zaman dahulu kala. Awalnya Kujang menjadi sumber penghidupan masyarakat Sunda yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Namun saat ini Kujang hanya menjadi pajangan untuk mengenang perjuangan para pendahulunya.


2Taring Raja Babi Hutan

bendakeramatindo2

Konon katanya tokoh-tokoh dari Sumatera Utara diketahui kebal dengan senjata karena membawa pusaka yang satu ini. Namun supaya benda ini selalu memiliki kekuatan, maka penggunanya tidak boleh melakukan hubungan seks sama sekali.


1Kulit Kerbau

bendakeramatindo1

Kulit kerbau landu dipercaya dapat memudahkan proses jual beli untuk barang apa saja, terutama jual beli tanah. Sehingga potongan kulit ini sering diletakkan di dalam tabung kecil yang dapat dimasukkan ke dalam saku.


Itu tadi beberapa benda yang dianggap keramat di Indonesia. Sebagian besar mungkin sudah sering kamu dengar, sisanya mungkin belum pernah karena benda-benda tersebut memang disimpan serta dijaga oleh orang yang mempunyainya. Nah, kamu pernah melihat yang mana?

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.