Unik & Aneh

Ini 10 Fakta Unik yang Ada di Disneyland

Siapa yang tidak tahu Disneyland? Sebuah wahana permainan yang didirikan oleh seorang kartunis bernama Walt Disney. Disneyland pertama kali resmi dibuka pada 17 Juli 1955 di Anaheim, California. Namun kini Disneyland juga ada di Hong Kong dan Jepang. Ide pembuatan wahana rekreasi ini muncul saat Walt Disney bersama Roy Disney (kakaknya) ingin berjalan-jalan melihat karnaval yang bebas dari atraksi negatif yang kerap kali menjadi jempolan ditampilkannya sebuah sirkus. Disney ingin adanya sebuah taman bermain permanen bagi keluarga.

Bersamaan dengan keinginan tersebut, penggemar kartun Walt Disney pun banyak yang mengirimkan surat yang isinya permohonan izin kepada mereka untuk bertemu dengan tokoh-tokoh dalam kartun ini. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah taman bermain yang kini sangat populer di seluruh dunia ini. Pernah atau belum pernah ke Disneyland, mungkin Anda belum tau adanya 10 fakta unik di Disneyland. Penasaran? Berikut ini merupakan sepuluh fakta unik yang ada Disneyland.


10‘Satpam’ kucing

faktaunikdisneyland10

Sekitar 200 kucing hidup di area wahana permainan Disneyland. Kucing-kucing ini sengaja diletakkan di Disneyland agar mereka bisa menjaga taman tetap bersih dari tikus-tikus yang dapat mengotori dan berpotensi membawa penyakit menular kepada manusia, baik para pegawai maupun pengunjung Disneyland.


9Kamuflase Mickey Mouse

faktaunikdisneyland9

Meski bentuknya hanya tumpukan lingkaran saja, tapi ‘toh jadilah sebuah karakter unik yang digemari banyak orang hingga saat ini. Bentuk Mickey Mouse berkamuflase menjadi apa saja di taman permainan keluarga ini. Mulai dari cat dinding, pengeras suara, hingga labu yang dibentuk menjadi kepala Mickey Mouse. Jumlahnya bahkan tidak bisa dihitung lagi karena terlalu banyak.


8Trik mata

faktaunikdisneyland8

Desainer taman hiburan dan permainan ini merupakan ahli trik mata yang bisa ‘menipu’ penglihatan Anda. Di sana terdapat sebuah kastil yang pada awalnya Anda akan mengira itu sebuah kastil yang besar. Hmm, jangan terlalu kagum. Setelah Anda mendekati atau memasuki kastil itu ternyata ukurannya tidak sebesar yang Anda kagumi pada awalnya.


7Staf multifungsi

faktaunikdisneyland7

Para karyawan yang bekerja di Disneyland nyatanya tidak hanya mengisi satu posisi saja lho. Setiap karyawan yang Anda temui di Disneyland harus bisa fleksibel dalam memerankan karakter pekerjaan mereka. Bisa jadi pertama kali Anda bertemu salah satu karyawan sedang menjalankan perannya sebagai tukang sapu, tapi siapa sangka pada shift setelah itu ia berganti peran menjadi pemain panggung dengan aktingnya yang memukau?


6Tidak ada permen karet!

faktaunikdisneyland6

Wew, apa yang salah dengan permen yang dianggap bisa mencerdaskan otak ini? Ternyata, pihak manajemen Disneyland ingin taman rekreasi keluarga ini tetap bersih dari ulah tidak bertanggung jawab para penikmat permen karet yang kerap kali membuangnya secara sembarangan, misalnya di bawah kursi tunggu pengunjung. Padahal kita tahu bahwa permen karet yang tertempel agak lama pada kursi cukup susah untuk dibersihkan.


5Peraturan kuku pendek

faktaunikdisneyland5

Lagi-lagi peraturan yang cukup unik dengan maksud yang sederhana, yaitu tetap menjaga kebersihan. Kuku yang boleh dimiliki oleh karyawan laki-laki tidak boleh melebihi ujung jari mereka. Sementara untuk karyawan perempuan, panjang kuku tidak boleh melebihi seperempat inci. Ada lagi nih yang berhubungan dengan kuku. Para karyawan tidak diperbolehkan menggunakan kutek selama bekerja di Disneyland. Wah wah wah.


4Proses pembangunan yang panjang

faktaunikdisneyland4

Dari peletakan batu pertama hingga dibukanya taman bermain Disneyland, pembangunan wahana ini memakan waktu sekitar 365 hari atau 1 tahun lamanya. Lamanya waktu mungkin tidak sebanding dengan suguhan hiburan yang disajikan dengan epic dalam taman ini.


3Menunjuk dengan 2 Jari

faktaunikdisneyland3

Kalau di Yogyakarta, orang biasa menunjukkan arah dengan menggunakan ibu jari untuk memberikan rasa hormat dan menghargai kepada orang yang bertanya apalagi kepada orang tua. Nah, di Disneyland ada sebuah fakta peraturan unik yang berlaku bagi karyawannya. Setiap karyawan harus mematuhi aturan untuk menunjuk arah dengan menggunakan dua jari dengan maksud menghormati budaya pengunjung yang datangnya dari berbagai negara.


2Tanaman langsung bisa dimakan

faktaunikdisneyland2

Kelaparan ketika berjalan-jalan di taman permainan terbesar ini? Jangan khawatir. Berjalanlah menuju Tomorrowland dan Anda bisa memakan semua tanaman yang ada di sana. Loh, kok bisa? Tentu saja bukan tanaman asli, melainkan terbuat dari bahan-bahan yang memang bisa dimakan seperti gula dan cokelat. Yummy!


1Pernah dijadikan tempat pembuangan abu jenazah

faktaunikdisneyland1

Mungkin ini adalah fakta unik sekaligus menyeramkan, ya. Tahun 2007, kamera pemantau atau CCTV yang terpasang di area wahana permainan Pirates of the Carribean menangkap sebuah bukti aksi wanita menaburkan sesuatu yang ternyata diketahui merupakan abu hasil kremasi jenazah. Sampai saat ini, pihak manajemen Disneyland memilih untuk tutup mulut terkait kasus tersebut serta menyembunyikan identitas dan keberadaan wanita misterius tersebut.


Seru sekali ya bermain di wahana permainan dengan fakta-fakta unik yang ada di Disneyland? Masih banyak lagi fakta unik dan tersembunyi yang ada di Disneyland. Mau tahu lebih lanjut? Kunjungi langsung ya! Hehe.

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Sorry