Film dan TV

Ini 10 Film Adaptasi Novel yang Berhasil Meraih Kesuksesan!

Tidak semua film yang diadaptasi dari novel mengalami kesuksesan seperti versi novelnya sendiri. Meski sempat diharapkan akan membawa banyak keuntungan materi, nyatanya tak sedikit film adaptasi yang justru terpuruk dan mendapat rating buruk dari pengamat dan kritikus film.

Namun beberapa film ini mendapat banyak pujian karena sukses mengangkat versi novel ke layar lebar dengan apik dan sangat menarik. Berikut ini daftar 10 Film Adaptasi Novel Yang Sukses di pasaran.


10The Godfather Trilogy (1972 – 1990)

Film The Godfather mengisahkan tentang perjalanan dinasti keluarga mafia yang seru dan menegangkan yang mencoba bertahan dari serangkaian peristiwa untuk mengambil alih kekuasaan mereka. Film yang dibintangi aktor-aktor papan atas seperti Al Pacino dan Marlon Brando ini diadaptasi dari sebuah novel karya Mario Puzo dengan judul yang sama.

Film ini masuk dalam 10 film adaptasi novel yang sukses karena dinilai sangat bagus bahkan mendapat julukan film terbaik di genrenya oleh Institut Film Amerika. Plot yang seru dan keren serta akting luar biasa dari para aktornya berhasil membuat film ini tak terlupakan!


9The Lord of The Rings Trilogy (2001 – 2003)

Diadaptasi dari novel laris karya J.R.R. Tolkien, film ini berhasil menjadi masterpiece dengan meraih keuntungan luar biasa dan memborong banyak penghargaan bergengsi. Film yang mengisahkan tentang keprihatinan seorang Hobbit terhadap masa lalu yang kelam dari cincin warisan sang paman ini berhasil menyajikan storyline yang apik, kepiawaian akting, musik serta ending yang memuaskan. Tak heran jika The Lord of The Rings Trilogy dinobatkan sebagai salah satu film fenomenal karena berhasil menyabet banyak sekali penghargaan Oscar.


8The Silence of The Lambs (1991)

Film thriller yang fenomenal ini diangkat dari novel karya Thomas Harris dengan judul sama. The Silence of The Lambs menceritakan tentang kisah seorang agen FBI muda yang menginterogasi seorang pembunuh berantai bernama Dr. Hannibal Lecter. Sebenarnya Clarice Starling sang FBI sedang memecahkan misteri pembunuhan berantai Buffalo Bill, namun akhirnya terpaksa berkonsultasi dengan Dr. Hannibal yang bahkan lebih bengis dari Buffalo Bill sendiri.

Kisah ini diwarnai dengan ketegangan demi ketegangan yang mencekam penonton. Bahkan karena keberhasilannya membawa ketegangan versi novel dengan sangat apik ke layar lebar, tak heran jika film ini pun memenangi beberapa penghargaan Oscar sekaligus di tahun 1992.


7The Shining (1980)

The Shining diadaptasi dari sebuah novel dengan judul sama karya penulis horror terkenal, Stephen King. Film ini sangat fenomenal di era-nya bahkan dianggap banyak orang sebagai The Best Horror Movie Ever Made. Kesuksesan ini didukung dengan akting luar biasa dari para pemainnya terutama Jack Nicholson yang memerankan seorang Bapak psikopat.

Mengisahkan tentang Jack Torrance yang baru saja mendapat pekerjaan untuk menjaga Overlook Hotel selama musim dingin, bersama istrinya Wendy dan anaknya Danny yang memiliki kemampuan khusus melihat hantu. Seiring berlalunya waktu, pikiran Jack makin stres karena terisolasi badai salju dan membuatnya berubah menjadi seorang psikopat.


6The Forrest Gump (1994)

Film yang diadaptasi dari novel karya Winston Groom ini memiliki kisah yang mengharukan dan memotivasi. Tom Hanks yang memerankan tokoh Forrest Gump adalah seorang idiot yang selalu pantang menyerah dan optimis, menciptakan sebuah motivasi tersendiri bagi kita yang diberi kesempurnaan.

Kisah yang sangat menarik untuk diikuti ini mampu menghanyutkan penonton dalam alur ceritanya, kepiawaian Tom Hanks dalam berakting sebagai seorang idiot yang berusaha menjalankan hidup secara normal, menjadikan film ini salah satu dari 10 film adaptasi novel yang sukses.


5Jurassic Park (1993)

Jurassic Park disebut-sebut sebagai film fenomenal di tahun 1993 yang berhasil duduk dalam box office seluruh dunia. Bahkan sebelum adanya film-film dinosaurus dan efek-efek canggih, Steven Spielberg mampu memberikan efek luar biasa pada film Jurassic Park di era tersebut.

Diadaptasi dari novel karya Michael Crichton dengan judul sama, film ini mengisahkan tentang sekelompok orang yang terjebak dalam sebuah pulau yang didiami para dinosaurus yang dikembangkan secara genetika. Film favorit remaja dan anak-anak ini memang mampu membius penonton dalam keseruan khas film Dinosaurus serta efek canggihnya yang sanggup menciptakan kengerian luar biasa.


4Harry Potter Series (2001 – 2011)

Novel karya J.K Rowling ini memang menjadi novel favorit anak-anak dan remaja di seluruh dunia. Bahkan novel Harry Potter tercatat sebagai novel dengan fans terbesar di dunia. Versi novel yang diangkat dalam sebuah film pun mencapai hasil yang tak jauh berbeda. Sejak film pertamanya dirilis, film ini meledak di berbagai negara di seluruh dunia dengan jutaan penggemar setia.

Bercerita tentang petualangan Harry Potter dan teman-temannya di dunia sihir Hogwarts, mulai dari misteri kamar rahasia, pencarian batu bertuah, mencari bola ramalan tak penting dan beberapa cerita seru lainnya. Berbeda dengan novel fantasi lainnya yang gagal diadaptasi, film Harry Potter adalah contoh film adaptasi yang sukses menyihir seluruh dunia untuk jatuh cinta padanya.


3To Kill A Mockingbird (1962)

Film yang disutradarai Robert Mulligan ini diadaptasi dari novel laris karya Harper Lee Pulitzer dengan judul sama. Meski diproduksi sejak berpuluh tahun lalu, namun film ini bisa dibilang tidak termakan jaman. Alur cerita dramanya yang klasik jelas berhasil memukau penonton, tak heran jika film ini banyak memenangkan penghargaan termasuk Academy Awards.

Mengisahkan tentang seorang pengacara terhormat yang menerima kasus Tom Robinson, seorang kulit hitam yang terjerat kasus pemerkosaan. Konflik terjadi ketika kedua anak pengacara tersebut ikut campur dalam kasus itu.


2Goodfellas (1990)

Diadaptasi dari novel berjudul Wise Guy karya Nicholas Pilleggi, film Goodfellas terbilang sukses di pasaran. Pendalaman peran dan permainan akting yang luar biasa dari Robert De Niro memang tak perlu diragukan lagi. Goodfellas mengisahkan tentang kelompok mafia dengan konfliknya yang menegangkan. Diambil dari kisah nyata, film Goodfellas menuai banyak pujian karena keberhasilannya menyajikan alur cerita sesukses versi novelnya.


1The Shawshank Redemption (1994)

Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini memang memiliki alur cerita yang seru dan sayang dilewatkan. Menceritakan tentang seorang bankir, Andrew Dufresne yang harus dikirim ke penjara karena tuduhan atas pembunuhan istrinya. Di dalam penjara inilah Andrew bertemu dengan seorang narapidana veteran yang banyak membantunya agar bisa survive di dalam penjara. Bergumul dengan kehidupan dalam penjara yang keras, Andrew pun akhirnya mencapai tujuan dengan caranya sendiri.


Nah, itulah daftar 10 film adaptasi novel yang sukses. Adakah film adaptasi novel favoritmu yang lainnya?

Suka dengan artikel ini? Support kami yuk!

Disclaimer: Tulisan ini dilindungi oleh hak cipta. Anda diperbolehkan untuk mengutip sebagian dari isi artikel ini namun harus selalu mencantumkan sumber dari kami.